Ambisius, Uber akan Gunakan Mobil Listrik Uber ingin jadi perusahaan yang peduli pada lingkungan. (Foto: Unsplash/Morning Brew)

VIRUS corona tak selalu membawa dampak negatif. Meski memberikan tantangan yang begitu berat bagi kita semua, tetap ada sisi positif dari pandemi ini. Contohnya, saat dunia sedang melambat dan hampir stagnan, polusi juga berkurang.

Tren itu menyebabkan beberapa perubahan pada banyak orang. Di mana pun berada, mereka jadi lebih sadar akan lingkungan. Hal itu memicu lebih banyak perusahaan menjadi lebih ‘hijau’.

Baca juga:

Saat Musim Panas, Jalanan Aspal Bisa Memperburuk Polusi Udara

1
111SPelanggan Uber menghindari transportasi berbagi. (Foto: Unsplash/Charlotte Stowe)

Melansir laman Interesting Engineering, salah satu perusahaan ingin merealisasikan konsep hijau ialah Uber. Kenyataan yang harus diterima selama pandemi ialah tidak mungkin perusahaan menjalankan usaha ride-sharing.

Karena orang berusaha menghindari orang lain dengan segala cara, mereka memilih untuk mencari lokasi mereka dapat berjalan kaki atau bersepeda atau membawa mobil sendiri.

CEO Uber Dara Khosrowshahi, dalam sebuah unggahan blog, membicarakan perusahaannya yang menjadi ‘hijau’ selama pemulihan pandemi. Khosrowshahi mengatakan pandemi telah menyebabkan banyak kota memikirkan kembali infrastruktur mereka. Mengubah tempat parkir menjadi taman, dan menciptakan lebih banyak ruang untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda. "Kami telah melihat sekilas seperti apa kehidupan dengan lalu lintas yang sepi dan udara yang lebih bersih di kota yang dibangun untuk masyarakat, bukan untuk mobil," ujar sang eksekutif.rup

Khosrowshahi mengungkapkan perusahaannya tidak akan kembali menjalankan bisnis seperti biasa. Sebaliknya, ia akan berupaya mengurangi dampak lingkungan. Ia mengakui perusahaan yang ia pimpin memiliki tanggung jawab untuk hal itu. Mengingat Uber merupakan platform mobilitas terbesar di dunia, ia menyebut Uber akan lebih agresif menangani tantangan perubahan iklim. "Kami ingin melakukan bagian kami untuk membangun kembali dengan lebih baik dan mendorong pemulihan penghijauan di kota-kota kami," tambahnya.

Baca juga:

Inovasi Kota Sustainable di Masa Depan Akan Hadir di Tiongkok

2
Ingin menekan dampak lingkungan. (Foto: Unsplash/Austin Distel)

Hal itu bukanlah tugas yang mudah karena Uber memiliki rencana yang sangat ambisius. Perusahaan berkomitmen untuk mengembangkan platform tanpa emisi sepenuhnya pada tahun 2040.

Uber berencana untuk melakukan 100% perjalanan dengan kendaraan tanpa emisi pada tahun 2040 dan 100% perjalanan dilakukan dengan kendaraan listrik (EV) di AS, Kanada, dan Eropa pada 2030. Dapatkah tujuan mulia ini tercapai? Hanya waktu yang akan membuktikan. (lgi)

Baca juga:

Bugatti Luncurkan Mobil Listrik 'Baby'

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH