Headline

Rencana Pemprov DKI Terapkan ERP Bagi Sepeda Motor Didukung Ketua DPRD

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 22 November 2018
Rencana Pemprov DKI Terapkan ERP Bagi Sepeda Motor Didukung Ketua DPRD
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) bagi sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin mendapat dukungan dari Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.

Menurut Prasetyo, penerapan kebijakan ERP bagi pengguna sepeda motor agar para pemakai motor berpindah menggunakan angkutan umum massal. Apalagi saat ini pemerintah tengah gencar membangun transportasi massal seperti MRT dan LRT.

Meskipun setuju mengenakan biaya kepada pengguna sepeda motor agar bisa berpindah ke transportasi massal, politikus PDI Perjuangan ini memberikan catatan agar Pemprov DKI Jakarta tidak mematok harga tinggi.

"Jadi gini gua harus obyektif memandang itu pemerintah sedang bangun transportasi massal ada namanya MRT, LRT, Busway. Nah, pemerintah harus berpikir bagaimana pembayaran masyarakat untuk naik ke situ, tapi jangan kemahalan dan harus bijak supaya orang lari ke situ," kata Prasetyo di gedung DPRD, Jakarta Pusat, Kamis (22/11).

Uji coba ERP di Jakarta
Percobaan kanalisasi sepeda motor pada hari kelima di jalan protokol Jakarta. (Foto: MerahPutih/Taufik)

Saat ini, Prasetyo berkata, di negara lain masyarakatnya sudah berpindah ke moda transportasi massal, karena pemerintah membangun fasilitas transportasi yang baik.

Prasetyo Edi Marsudi berharap masyarakat nantinya bisa menikmati fasilitas transportasi massal yang dibangun pemerintah. Agar kemacetan yang sering terjadi di Jakarta bisa terurai.

"Bagaimana mengurai macet? Cuman itu caranya. Akhirnya uang masyarakat bisa disimpen buat kepentingan lain. Sekarang pembangunan udah bagus sekali dari Thamrin ke Sudirman sangat bagus, pake motor nanti bisa ditaruh mana kan terintegrasi semua," jelasnya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menerapkan sistem sistem jalan berbayar atau berbarengan dengan pengoperasian transportasi massal seperti Mass Rapid Transit (MRT).

"Penerapan ERP kan sebagai strategi untuk dukung penggunaan angkutan umum massal, utamanya saat MRT Jakarta sudah beroperasi," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko saat dihubungi, Jumat (2/11) lalu.(Asp)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Kesaksian Anak Buah Terkait Jaksa Chuck Suryosumpeno Selama Jabat Kepala Kejati Maluku

#Prasetyo Edi Marsudi #DPRD DKI Jakarta #Electronic Road Pricing #Sepeda Motor #Pemprov DKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan