Rencana Berlibur ke Pulau Komodo? Tahan Dulu Pemerintah Tutup hingga Satu Tahun Sejumlah wisatawan menyaksikan komodo di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo. (MP/Dery Ridwansah)

BUAT kamu yang berencana melancong ke Pulau Komodo, tahun ini sepertinya harus bersabar dulu. Pulau dengan endemik satwa purba itu akan ditutup selama satu tahun untuk perbaikan ekosistem.

Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) berencana menutup lokasi wisata Taman Nasional Komodo dari kunjungan wisatawan selama satu tahun sebagai upaya meningkatkan jumlah populasi komodo dan juga rusa yang menjadi makanan utama hewan langka tersebut.

"Pemerintah NTT akan melakukan penataan terhadap kawasan Taman Nasional Komodo agar menjadi lebih baik, sehingga habitat komodo menjadi lebih berkembang. Kami akan menutup Taman Nasional Komodo selama satu tahun," kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat ketika ditemui di Kupang,
seperti dikutip Antara.

1. Tubuh komodo semakin kecil

Pelabuhan di Labuan Bajo, Flores, NTT. (MP/Dery Ridwansah)
Pelabuhan di Labuan Bajo, Flores, NTT. (MP/Dery Ridwansah)

Viktor Laiskodat tidak menjelaskan waktu penutupan kawasan Taman Nasional Komodo tersebut. Penutupan Taman Nasional Komodo guna mempermudah pemerintah daerah menata kawasan wisata itu.

Kondisi habitat komodo di Kabupaten Manggarai Barat, ujung barat Pulau Flores itu sudah semakin berkurang serta kondisi tubuh komodo yang kecil sebagai dampak dari berkurangnya rusa yang menjadi makanan utama komodo.

"Kondisi tubuh komodo tidak sebesar dulu lagi, karena populasi rusa sebagai makanan utama komodo terus berkurang karena maraknya pencurian rusa di kawasan itu," tegas Viktor.


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH