Rematch Jokowi vs Prabowo, Pengamat: Lain Dulu, Lain Sekarang Pengamat politik dari UIN Jakarta Adi Prayitno (Foto: uinjakarta.ac.id)

MerahPutih.Com - Sejumlah pengamat memprediksi pertarungan Jokowi vs Prabowo akan terulang di Pilpres 2019 mendatang. Indikasi itu terlihat setelah Partai Demokrat memutuskan dukungannya untuk Prabowo Subianto.

Tanpa ragu, Ketua Umum Demokrat Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan langkah politik tersebut usai bertemu Ketum Gerindra itu, Senin (30/7) kemarin.

Menilai dinamika politik tersebut, pengamat politik UIN Jakarta Adi Prayitno mangatakan, rematch Jokowi-Prabowo di Pilpres nanti semakin terbuka lebar dan dipastikan perebutan kursi RI 1 bakal berlangsung ketat.

Sebab, Adi berpendapat bergabungnya Demokrat ke kubu Gerindra akan menjadi momok serius bagi Petahana. Dan dipastikan dinamika politiknya akan jauh berbeda dibandingkan 2014 lalu.

Prabowo dan Presiden Jokowi
Jokowi dan Prabowo saat di Hambalang, Bogor (Foto: Biro Pers Setpres)

"Ini pertarungan dua jenderal, melawan petahana, potensial kalahkan petahana Jokowi," kata Adi saat dimintai keterangannya, Selasa (31/7).

Menurut Adi, bergabungnya SBY-Prabowo di Pilpres kali ini merupakan kejutan mengingat keputusan tersebut dinyatakan pada menit-menit akhir. Dan, sikap ini sangat berbeda dengan Pilpres 2014 lalu, di mana Demokrat lebih memilih mengambil jalan tengah.

"Lain dulu lain sekarang, pasti akan sengat berbeda, karena faktor SBY dan Demokrat yang saat ini terang-terangan merapat ke Prabowo," pungkas Adi Prayitno.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Hindari Polemik, Sayap PDIP Desak MK Segera Putuskan Uji Materi Jabatan Wapres

Kredit : fadhli


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH