Relawan Ridwan Kamil Siapkan Program Udunan Warga Perkumpulan Relawan Jabar Juara. Foto: MP/Yugi

MerahPutih.com - Perkumpulan Relawan Jabar Juara sudah menyiapkan beberapa program yang akan mensuport Ridwan Kamil sebagai bakal Calon Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang.

Kordinator Teknis Relawan Jabar Juara, Hanief Mochammad mengatakan Relawan Jabar Juara telah menyiapkan beberapa program dan aktivasi untuk mensosialisasikan Kang Emil

Salah satu yang sudah direncanakan dan akan segera direalisasikan dalam waktu dekat adalah menyiapkan program kerja simpul-simpul relawan di berbagai bidang garapan, antara lain rekrutmen relawan dan membangun sistem komunikasi diiantara simpul-simpul, serta sebuah program unggulan bernama Udunan Warga

Udunan Warga merupakan terobosan program dari relawan Jabar Juara dalam hal penggalangan dana sosial untuk kampanye dengan konsep "Dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat “ mengingat kebutuhan pendanaan kampanye Jawa Barat yang sangat besar.

Program fundraising Udunan Warga oleh relawan diharapkan dapat mengumpulkan dana yang diperlukan dan meningkatkan partisipasi publik warga Jawa Barat dalam pendanaan kampanye yang demokratis.

Udunan warga, lanjut Hanief, adalah pengumpulan dana secara online dan offline untuk membiayai kegiatan sosialisasi Ridwan Kamil, sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat pada pilgub 2018 mendatang.

Warga yang akan menyumbang dapat mengakses website www.jabarjuara.id. “Kami ingin warga menjadi pemeran utama dalam pendanaan demokrasi, sehingga ke depan, kandidat yang menang hanya berhutang pada cita-cita warga. Bukan kepada pihak-pihak tertentu yang sering menjadi “ATM” calon kepala daerah,“ tegas Hanief.

“Udunan Warga”, kata Hanief, merupakan ikhtiar untuk mengembangkan penggalangan dana secara transparan, terpercaya dan efisien. “Kami ingin bersama-sama mengedukasi warga untuk ikut serta dalam sistem pendanaan politik agar ke depan kualitas demokrasi kita meningkat,” ujarnya.

Hanief menjelaskan, selain menggalang dana secara online lewat www.jabarjuara.id, pihaknya juga akan mengumpulkkan sumbangan secara offline, misalnya di area-area publik yang mudah diakses oleh masyarakat

Jumlah sumbangan untuk perorangan dibatasi mulai dari Rp 10,000 hingga maksimal Rp 75 juta. Sedangkan untuk perusahaan maksimal Rp 750 juta.

“Kami tidak menerima transaksi tunai, agar pendataannya jelas dan transparan. Kami hanya menerima transaksi melalui kartu debit, kartu kredit, atau setoran tunai melalui bank,” katanya

Ditambahkannya, Relawan Jabar Juara percaya sosok Ridwan Kamil akan mampu membawa Jawa Barat menjadi lebih maju, sejahtera dan dengan pengalaman Kang Emil dalam memimpin dan menata Kota Bandung, diharapkan dapat turut menginspirasi perubahan di kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat, sehingga menjadi lebih baik.

Berita ini merupakan laporan Yugi Prasetyo, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga artikel: Ridwan Kamil Deklarasikan Perkumpulan Relawan Jabar Juara



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH