Relawan Jokowi Polisikan 3 Orang Penyebar Hoaks Kontainer Tanjung Priok

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Jumat, 04 Januari 2019
Relawan Jokowi Polisikan 3 Orang Penyebar Hoaks Kontainer Tanjung Priok
Presiden Jokowi bersama para relawan. Foto: ANTARA/Agus Bebeng)

MerahPutih.com - Relawan kubu Capres Petahan Joko Widodo (Jokowi) melaporkan tiga orang dilaporkan ke Badan Reserse Kriminal Polri terkait hoaks terdapat tujuh kontainer berisi surat suara Pemilu 2019 yang sudah tercoblos di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"Yang dilaporkan ada tiga orang bisa ditanyakan ke polisi karena kalau saya siarkan tidak akan bagus, terkait kertas suara dicoblos, informasinya ternyata tidak benar, kami sebagai masyarakat laporkan masalah ini," kata pelapor, Ketua Umum Negeriku Indonesia Jaya C. Suhadi di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (4/1).

Ilustrasi hoax. Foto: net

Menurut Suhadi, inisial yang dilaporkan adalah seorang politisi A, A dan satu orang yang ada dalam rekaman yang belum diketahui namanya. "Yang dilaporkan perbuatannya, belum ada kepastian, tetapi sudah menyebarkan," ujar anggota relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin.

Untuk barang bukti yang disetorkan sebagaimana dilaporkan Antara, adalah berita dari salah satu media arus utama dan video hanya suara tanpa gambar yang mengatakan 70 juta surat suara sudah dicoblos untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 01. Ketiga terlapor dijerat dugaan pelanggaran pasal 28 ayat 1 jo pasal 45 ayat 2 UU ITE.

Wasekjen PD Andi Arief
Wasekjen PD Andi Arief yang pertama kali mempertanyakan adanya tujuh kontainer surat suara yang sudah dicoblos melalui akun twitternya kemudian dihapus (Foto: kircicom)

Suhadi merasa dirugikan dengan hoaks itu karena ingin pilpres tanpa ribut-ribut yang dapat merugikan banyak pihak. "Kalau didiamkan akan membuat masyarakat antipati, jangan-jangan nanti masyarakat tidak mau ke TPS, makanya harus diklarifikasi bahwa berita tidak benar," kata dia.

Selain C.Suhadi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga melaporkan perkara hoaks soal surat suara Pemilu 2019 sebanyak tujuh kontainer sudah tercoblos dan berada di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Badan Reserse Kriminal Polri. Sejauh ini, Bareskrim telah menerima dua laporan terkait hoaks tersebut. (*)

#Penyebar Hoaks #Relawan Jokowi #Bareskrim
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan