Relakan Rumahnya Digusur Proyek Tol, Begini Curhatan Menteri PUPR Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono . (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

MerahPutih.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono merelakan rumahnya yang berada di Perumahan Pengairan Rawa Semut, Bekasi Timur, dibongkar untuk proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Menurut Basuki, jalur tol Becakayu sampai kawasan Tambun sendiri akan dibangun melewati saluran Kalimalang. Untuk konstruksi tol Becakayu akan menggunakan tepi saluran tol Japek Elevated. Sehingga, diperlukan jarak sepanjang 24,7 meter dari tepi saluran tol Japek Elevated ke saluran Kalimalang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

"Rutenya itu lewat Kalimalang karena memang konstruksinya pakai pinggir saluran elevated. Yang dibutuhkan dari tepi tol ke right of way (row)nya itu 24,7 meter. Rumah saya dari saluran Kalimalang, pagarnya, cuma 15 meter. Jadi ya kena semua," jelas Basuki dalam keterangannya, Kamis (16/5).

Rumah Basuki dekat dengan Rumah Sakit Mitra Keluarga di Bekasi Timur. Posisi rumahnya berada di barisan paling depan. Saat ditanya uang ganti rugi, Basuki mengaku belum mendapatkan informasi detail.

"Belum tahu, baru sosialisasi. Saya dapat surat dari Wali Kota, dan Wali Kota juga sudah setuju jalur itu. Dari Waskita alurnya lewat situ. Official-nya belum jalan," katanya.

BACA JUGA: Menteri Basuki Ungkap Kendala Besar Pembangunan Infrastruktur

Dia menjelaskan bahwa dia sudah melihat lokasi jalur yang dimaksud tersebut dalam rancangan. "Waktu saya tanya jalur di mana, dijawab ini Pak jalurnya. Ya sudah terusin. Karena mungkin ini memang jalur yang optimal," katanya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD melalui akun twitter miliknya @mohmahfudmd mengapresiasi Basuki lantaran tak menghalangi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menetapkan trase proyek tol melewati rumahnya.

"Padahal dia lah yang menjadi pimpinan pembuatan jalan. Dulu diberitakan ada pejabat daerah yang membelokkan rencana jalan tol agar tak melewati tanah pribadinya. Hormat untuk Pak Basuki," ucap Mahfud.

BACA JUGA: Jokowi Perintahkan Menteri Basuki Renovasi Rumah Bocah Ajaib

Tol Becakayu merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN), di mana dana pembebasan lahannya dibiayai oleh Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan, yakni Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Oleh karenanya, ketika LMAN yang membiayai pembebasan lahan, rumah pribadi Menteri PUPR akan di-appraisal sama seperti rumah atau lahan milik warga lain. Pun selama ini, tak pernah ada intervensi dari Kementerian PUPR terkait penggusuran rumah Menteri PUPR.

tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Foto: ANTARA

Tol Becakayu Seksi 2B Dibangun Akhir 2019. Rumah pribadi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terletak di Pengairan Rawa Semut Margahayu, Bekasi Timur. Adapun rumah pribadi Basuki tersebut akan dilintasi oleh pembangunan Tol Becakayu seksi 2B Jakasampurna-Tambunn.

Berdasarkan rencana, jika administrasi persiapan proyek telah selesai, pembangunan ruas tol sepanjang 16,01 kilometer (km) itu dilakukan pada akhir tahun 2019. Sementara pembangunan ditarget selesai di tahun 2021. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH