Rektor IPB Pimpin Forum Rektor Jokowi saat mengikuti rapat Forum Rektor. (setkab.go.id).

MerahPutih.com - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Prof Dr Arif Satria, dikukuhkan sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia 2020 secara virtual.

Menjadi ketua, Arif memaparkan empat skenario bagi perguruan tinggi di masa depan. Pertama, kemampuan universitas masa depan yang fokus pada skill lulusan.

Kedua, terkait dengan jejaring universitas dengan institusi lintas bidang. Ketiga, skenario pembelajaran lebih tinggi berkelanjutan yang menghasilkan pembelajar tangguh.

Baca Juga:

Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Masih Bertambah

Terakhir, lanjut dia, skenario universitas mandiri yang dapat menentukan kurikulumnya sendiri.

"Inovasi juga harus dikembangkan dengan mengacu pada skill yang dibutuhkan di masa depan. Skill yang diperlukan bagi industri di masa depan yaitu leadership, partnership dan kolaborasi, inovatif dan kreatif," katanya.

rektor ipb
Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Prof Dr Arif Satria. (Foto: Antara)

Presiden Joko Widodo saat membuka Konferensi Forum Rektor Indonesia 2020, Konvensi Kampus XVI dan Temu Tahunan XXII Forum Rektor Indonesia 2020 mengatakan pembangunan bangsa membutuhkan sumberdaya manusia unggul, inovatif dan kompetitif.

"Tugas mulia tersebut tidak bisa dilakukan dengan cara yang biasa-biasa saja. Untuk itu kita harus berubah, kita harus mengembangkan cara-cara baru dan strategi baru," ungkapnya. (Pon)

Baca Juga:

Penyuap Bupati Kutai Timur Digeladang ke Jakarta

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH