Image
Author by : Para pemain Chelsea foto bersama sebelum laga melawan PSG di leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge, Kamis (12/3). (Foto: AntaraF

Jika melihat tiga tahun terakhir, Inggris tak memiliki tim yang bisa menembus perempat final Liga Champions. Hal ini sama seperti di tahun 1996 dimana hanya Blackburn Rovers satu-satunya perwakilan inggris yang bermain di Liga Champions.

Image
Author by : Joe Hart mendapatkan ucapan selamat dari rekan setimnya usai menghadapi Barcelona di Etihad Stadium. (Foto: Antara/Reuters/Darren Staples)

Performa tim Inggris sejak empat tahun terkahir dari 2004 hingga 2007, Inggris hanya menempatkan delapan tim di perempat final, nomor dua setelah Italia dengan sembilan tim.

Sedangkan di tahun 2008 hingga 2011, Inggris berhasil mengirim tiga tim di perempat final Liga Champions. Dimana mereka berhasil memiliki 13 perempat final, lebih dua kali dari negara lain, Spanyol.

Image
Author by : Olivier Giroud mencetak gol ke gawang AS Monaco, Rabu (18/3). (Foto: Antara/Reuters/John Sibley)

Belakangan tim Inggris sama sekali tak mampu mengalahkan tim besar dari liga berbeda di Eropa. Dalam tiga musim terakhir, klub-klub Inggris telah tereliminasi dalam tujuh laga dibandingkan tim-tim Spanyol dan Jerman. Hanya tiga kali tim Inggris  berhasil lolos sejak 2013, yakni Chelsea dua kali dan Manchester United musim.

Image
Author by : Steven Gerrard kembali melkoni laga melawan Swansea City di Liberty Stadium, Selasa (17/3). (Foto: Antara/Reuters/Rebecca Naden)

Perwakilan tim Inggris tidak pernah menjadi semifinalis Liga Champions untuk kedua kalinya dalam tiga tahun terakhir dan untuk ketiga kalinya dalam enam tahun terakhir. Hal tersebut sangat kontras dengan periode tiga tahun dari 2007 sampai 2009, ketika Inggris memiliki sembilan dari 12 semifinalis dan empat dari enam finalis.


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH