Rekonstruksi Magelang Dilakukan di Jakarta

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 30 Agustus 2022
Rekonstruksi Magelang Dilakukan di Jakarta
Pengamanan TKP pembunuhan Brigadir J saat rekonstruksi. (Foto: Mp/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Penyidik Bareskrim melakukan rekonstruksi atau reka ulang peristiwa pembunuhan Brigadir J di Jakarta. Rekontruksi termasuk TKP Magelang, sebagai awal mula dugaan kasus pembunuhan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyebutkan, reka ulang peristiwa Magelang tidak dilakukan di daerah tersebut dilakukan.

Baca Juga:

78 Adegan Diperagakan Tersangka saat Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J

"Cuma yang di Magelang gunakan lokasi yang lain ya. Kami sudah siapkan lokasinya," kata Dedi di tempat kejadian perkara (TKP) Saguling III Jakarta Selatan, Selasa.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Andi Rian Djajadi menyebutkan, rekonstruksi peristiwa Magelang dilaksanakan di Jakarta.

Rekonstruksi memperagakan 78 adegan yang akan diperagakan oleh para tersangka pembunuhan Brigadir J di TKP Saguling dan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8) ini.

Rinciannya, 78 agenda dugaan pembunuhan ini terdiri atas adegan di rumah Magelang sebanyak 16 adegan meliputi peristiwa pada 4,7 dan 8 Juli 2022.

Kemudian di rumah Saguling sebanyak 35 adegan meliputi peristiwa pada 8 Juli 2022 dan setelah pembunuhan Brigadir J. Sedangkan di rumah Kompleks Polri Duren Tiga sebanyak 27 adegan.

Terpantau di lokasi TKP Saguling, lima tersangka sudah hadir. Tiga tersangka, yakni Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf menggunakan baju tahanan warna oranye.

Sedangkan Ferdy Sambo belum terpantau masuk menuju TKP Saguling, termasuk Putri Candrawathi. Proses rekonstruksi ini dihadiri pula para pengacara tersangka, kemudian dari jaksa penuntut umum, Komnas HAM dan Kompolnas.

Penyidik dan sejumlah peserta rekonstruksi dugaan pembunuhan Brigadir J telah bersiap di TKP Saguling, termasuk petugas Inafis.

Di depan pagar rumah Irjen Ferdy Sambo sudah ada anggota Brimob mengenakan seragam loreng berjaga sembari memegang laras panjang. Ada sekira tiga sampai empat orang anggota Brimob yang membawa senjata api tersebut untuk mengamankan lokasi. (Knu)

Baca Juga:

LPSK Khawatir Bharada E Tertekan saat Jalani Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J

#Pembunuhan #Bareskrim
Bagikan
Bagikan