Rekomendasi Menu Buka Puasa Untuk Penderita Maag Kenali beberapa menu buka puasa yang cocok untuk penderita maag (foto: pixabay/engin_akyurt)

UNTUK kamu yang berpuasa, penyakit maag kerap menjadi hambatan tersendiri. Hal itu lantaran kamu merasa khawatir jika penyakit mag bertambah parah.

Padahal guys, jika kamu mengetahui menu buka puasa yang pas untuk penderita maag, kamu tak perlu khawatir lagi maag kamu kambuh. Dengan begitu kamu akan merasa tenang untuk menjalankan ibadah puasa.

Bagi kamu yang menderita penyakit maag, tentunya tak boleh telat makan, apalagi membiarkan perut kamu kosong dalam waktu yang lama.

Hal itu tentu membuat kamu berpikir ketika berpuasa perut kamu akan dibiarkan kosong lebih dari 12 jam? Jangan khawatir guys, karena ada beberap tipsnya. Yakni mencukupi diri kamu dengan nutrisi yang tepat, agar kamu terbebas dari penyakit maag yang kambuh selama menjalankan ibadah puasa.

Salah satunya yaitu pemilihan menu buka yang pas untuk penderita maag. Mengonsumsi buah yang merupakan sumber karbohidrat, serat kalium dan magnesium sangat baik dikonsumsi penderita maag

Pepaya miliki khasiat untuk redakan rasa nyeri di lambung (Foto: pixabay/3centista)

Seperti yang dilansir dari laman Go Dok, buah yang baik dikonsumsi antara lain yaitu buah kurma ataupun buah pepaya, yang cocok disantap pada saat berbuka puasa. Buah pepaya punya khasiat untuk meredakan rasa nyeri dilambung.

Kacang-kacangan seperti kacang almond juga sangat baik untuk penderita maag. Karena kacang almond mengandung banyak protein dan serat.

Selain itu tahu dan tempe juga baik untuk penderita maag, karena kedua makanan tersebut tak mengandung banyak lemak. Jadi aman dikonsumsi untuk penderita maag.

Bubur Ayam baik untuk penderita maag (foto: instagram @iamthefooddevotee)

Lalu, ada pula telur rebus, telur ceplok, ikan maupun bubur ayam. Karena makanan tersebut sangat mudah untuk dicerna.

Sementara itu, sayuran segar seperti brokoli, wortel dan labu juga baik untuk penderita mag. Sedangkan pemilihan minuman air mineral delapan gelas per hari sangat dianjurkan.

Air Kelapa muda pun cocok untuk penderita maag. Karena Air kelapa mempunyai khasiat mengurangi rasa sakit maag serta baik untuk kesehatan kamu.

Air Kelapa salah satu minuman yang cocok untuk berbuka bagi penderita maag (Foto: pixabay/gadini)

Minuman lainnya yaitu minum segelas susu saat sedang makan, karena minum susu bisa mengurangi gejala maag kamu. Adapun pilihan minuman lainnya yaitu jus buah yang tak mengandung rasa asam, dan minuman yang mengandung banyak potassium.

Baca juga:

Deretan Hal yang Tak Boleh Dilakukan Usai Berbuka Puasa, Bisa Berakibat Fatal!

Nah itu dia beberapa rekomendasi menu berbuka puasa untuk penderita maag guys. Tapi, apabila penyakit maag yang diderita kamu sudah kronis, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum kamu menjalankan ibadah puasa. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala