Rekomendasi Lokasi Wisata Gratis di Kawasan PIK

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 03 Januari 2023
Rekomendasi Lokasi Wisata Gratis di Kawasan PIK
PIK menawarkan berbagai destinasi wisata nol rupiah. (Foto: ANTARA/Lia Wanadriani)

KAWASAN Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara dapat menjadi salah satu pilihan lokasi menikmati liburan, khususnya bagi warga Ibu Kota. Area ini menawarkan sejumlah titik wisata yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk sekadar mengambil swafoto hingga berolahraga.

Pantai Pasir Putih PIK 2 salah satunya. Pantai itu sebetulnya sudah masuk wilayah Dadap, Banten, tetapi terletak sekitar tujuh kilometer dari halte Transjakarta Pantai Maju, Jakarta Utara. Lokasinya yang berbatasan antara dua provinsi, membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Seperti namanya, area itu menyuguhkan hamparan pasir putih dan bisa menjadi pilihan untuk bersantai bersama pasangan atau keluarga. Sayangnya, berdasarkan laporan Antara pada Minggu, (1/1), area itu tengah ditutup oleh pengelola hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Bergeser dari Pantai Pasir Putih, ada Pantjoran PIK. Kawasan bernuansa Tiongkok itu berlokasi sekitar empat kilometer dari pantai dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat.

Baca juga:

Istanbul Kebab PIK, Siap Manjakan Penggemar Cita Rasa Asli Turki

Pantjoran PIK cocok untuk berfoto dan wisata kuliner. (Foto: ANTARA/Lia Wanadriani)

Pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan Tiongkok sembari berfoto di lokasi nan instagrammable itu tanpa dipungut biaya. Tak jarang, Barongsai dipertunjukkan di lokasi itu untuk menemani para pengunjung yang datang sambil menikmati berbagai hidangan.

Sekira 500 meter dari Pantjoran PIK, ada salah satu area Pokemon Festival Jakarta. Para pencinta Pokemon dapat memuaskan hasrat untuk berbelanja dan bertemu dengan karakter-karakter kesukaan mereka di sejumlah tempat.

Para pemain Pokemon Go juga bisa puas bermain karena ada banyak Pokestop yang telah ditambahkan ke PIK. Pokestop adalah sebuah perhentian virtual yang saat diputar akan memberikan barang-barang gratis yang dibutuhkan pemain, termasuk Pokeball yang berfungsi menangkap monster. Festival itu berlangsung hingga 8 Januari 2023.

Baca juga:

Monas Masih Jadi Primadona Wisata Jakarta

Ada Pokemon Festival hingga 8 Januari 2023. (Foto: ANTARA/Lia Wanadriani)

Selain di Pantjoran PIK, area Pokemon Festival juga terdapat di Cove at Batavia dan Urban Farm yang menawarkan tipe monster berbeda di setiap tempat. Tak hanya soal Pokemon, pengunjung juga dapat menyewa skuter dan sepeda untuk sekadar berjalan-jalan.

Kemudian, sekitar 1,4 km dari Pantjoran PIK, ada Pantai Maju yang tak lain area berfoto, jogging, hingga bersepeda. Tersedia jalur selebar empat meter yang terbagi dua ruas untuk memisahkan pejalan kaki dan pesepeda. Berbagai jenis vegetasi ditanam di sepanjang separator jalur.

Pengelola juga menyediakan fasilitas mushola, toilet, hingga tempat makan bagi pengunjung. Kawasan itu dibuka setiap hari sejak pukul 08.00-22.00 WIB (Senin-Kamis) dan hingga pukul 00.00 WIB (Jumat-Minggu). (waf)

Baca juga:

4 Wisata Malam Jakarta, Tempat Asyik Melepas Lelah Usai Bekerja

#Pantai Indah Kapuk #Wisata Indonesia #Rekomendasi Wisata
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan