Rekomendasi Kegiatan di Rumah Selama Libur Sekolah

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 25 Juni 2021
Rekomendasi Kegiatan di Rumah Selama Libur Sekolah
Rekomendasi kegiatan di rumah selama liburan. (Foto: Pixabay/rudyanderson)

MASA liburan sekolah di tengah pandemi seperti sekarang memang dianjurkan untuk tidak pergi ke luar rumah. Oleh karena itu, psikolog klinis anak dan remaja dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia (UI), Andini Sugeng merekomendasikan beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi musim libur sekolah di rumah.

Melakukan kegiatan di rumah bersama keluarga bukan hanya membawa kesenangan, melainkan juga berfungsi membangun hubungan yang dekat antar orangtua dan anak. Andani mencontohkan piknik di teras atau ruangan di rumah yang cukup nyaman dan anak-anak bisa leluasa bergerak.

Baca juga:

Kasus COVID-19 Meningkat, Biasakan Anak Pakai Masker

"Bisa juga nonton film anak sesuai usia anak, sediakan popcorn atau camilan dan atur suasana seperti di dalam bioskop," ujar Andini kepada ANTARA, Jumat (25/6).

Cari kegiatan yang menyenangkan untuk si kecil. (Foto: Pixabay/Bob_Dmyt)
Cari kegiatan yang menyenangkan untuk si kecil. (Foto: Pixabay/Bob_Dmyt)

Bagi yang senang berpetualang, orangtua bisa membuat permainan mencari harta karun. Misalnya anak diminta untuk mencari barang tertentu yang disembunyikan di sudut rumah.

Melihat foto-foto saat liburan juga bisa menjadi pilihan. Dari situ, orangtua dapat membuka obrolan dengan anak tentang apa yang diinginkan atau menjadi impian sang anak. "Dari obrolan itu mungkin saja akan dapat momen seru yang bisa diulang. Misalnya, makan atau minuman khas yang bisa dibuat ulang," ujarnya.

Baca juga:

Usir Stres karena Gagal Liburan

"Liburan di rumah juga bisa jadi bahan diskusi yang seru dan menarik. Misalnya, liburan dengan tema tertentu. Liburan ala pantai, maka berpakaian seperti ke pantai," imbuh Andini.

Bisa mengajak anak nonton film. (Foto: Pixabay/mojzagrebinfo)
Bisa mengajak anak nonton film. (Foto: Pixabay/mojzagrebinfo)

Hal yang paling penting ialah semangat orangtua dalam membuat liburan di rumah terasa menyenangkan. Sebisa mungkin orangtua juga menghindari gadget yang dapat mengurangi momen interaksi secara fisik.

"Sesuaikan juga dengan durasi atau berapa lama akan 'liburan', karena rasa bosan mudah dirasakan saat tetap ada di rumah. Orangtua bisa atur beberapa sudut ruangan untuk antisipasi anak merasa jenuh," terangnya. (Yni)

Baca juga:

Menginap di Hotel Jangan Lupa Hindari Hal Ini

#Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan