Rekomendasi 'Graphic Card' Kece Di Bawah Rp 4 Juta untuk PC Gaming Graphic card peforma 'rata kanan', dengan budget dibawah Rp 4 juta (Foto: Pixelsmithstudios)

BAGI penggemar game, kualitas dan peforma gambar atau grafis memberi kesan istimewa tersendiri. Tentu saja, bermain game dengan kulitas gambar kece sudah pasti akan menyuguhkan pengalaman bermain yang menyenangkan. Dalam dunia game, terdapat istilah 'rata kiri' dan 'rata kanan' yang menyangkut soal kulitas grafik pada game.

Istilah 'rata kiri' merupakan penyetelan kulitas grafik paling rendah, ini dimaksudkan untuk mendapatkan frames per second (fps) yang tinggi, atau memang graphic card yang digunakan tidak mumpuni untuk menompang beratnya game yang dimainkan. Sebaliknya, 'rata kanan' merupakan penyetelan kulitas grafik paling bagus.

Baca juga:

Corsair One i160, 'PC Gaming' dengan Spesifikasi Terbaik dan Harga Fantastis

Namun, untuk mencapai kualitas grafis 'rata kanan', gamer dituntut untuk memiliki graphic card yang mumpuni dan biasanya dibanderol dengan harga mahal. Tapi, tidak semua graphic card kece mengharuskan gamer merogoh kantong dalam-dalam untuk merasakan sensasi 'rata kanan' saat memainkan game. Berikut rekomendasi graphic card dengan harga di bawah empat juta untuk bisa merasakan kualitas grafis 'rata kanan'.

1. GTX 1050 ti

Graphic card keluaran Nvidia ini dibanderol sekitar Rp 2.3 juta hingga Rp 2.5 juta. Hardware ini menjadi pilihan terbawah untuk merasakan kualitas game 'rata kanan'.

Terjangkau dan cocok untuk gamer yang sangat mementingkan kulitas grafik pada sebuah game saat dimainkan, namun tidak mempersalahkan peforma fps yang didapat.

Pada graphic card ini, dengan penyetelan 'rata kanan' fps yang diapat untuk game sekelas PUBG memiliki rata-rata 43 fps, peforma ini masih layak untuk dimainkan, meski begitu motion blur yang didapat kurang bersahabat dengan mata.

2. GTX 1650

Graphic card generasi terbaru dari Nvidia ini dapat menjadi pilihan lainnya untuk mendapatkan kualitas 'rata kanan'. Perangkat ini merupakan versi upgrade dari seri 10, yang hadir bersamaan dengan seri RTX.

Dengan konfigurasi yang baru, versi ini tentu memiliki peforma yang lebih baik, seperti pada game PUBG dapat menyamai peforma GTX 1050 ti yang jika dalam susunan kelas, GTX 1050 ti berada diatas GTX 1650. Graphic card ini sendiri dibanderol dengan harga yang lebih murah dari GTX 1050 ti yakni sekitar Rp 2.2 juta.

3. AMD RX 580

Graphic card keluaran AMD ini dapat menjadi pilihan lainnya. Dengan konfigurasi kece, perangkat komputer yang satu ini dapat memperoleh 61 fps pada game PUBG.

Merupakan kompetitor dari Nvidia GTX 1060 versi 3GB, dimana AMD memberikan teknologi untuk memberikan detail pada tekstur gambar lebih baik dari pesaingnya.

AMD RX 580 ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 2.5 juta dan memiliki keunggulan dalam hal overclock untuk meningkatkan peforma gambar dalam game.

Baca juga:

Begini Aturan Memakai Kibor Biar Awet

4. GTX 1060 3GB

Graphic card pesaing AMD RX 580 ini tentu dapat menjadi pilihan lainnya. Dengan harga yang kurang lebih sama, yakni sekitar Rp 2.5 juta, perangkat grafis ini menjadi pilihan terbaik untuk pecinta merek Nvidia.

Diatas kertas, GTX 1060 3GB dan RX 580 memiliki peforma yang sama. Walaupun terbilang kalah dalam hal overclock. GTX 1060 3GB unggul dalam keadaan stabil, memiliki suhu yang relatif rendah, sehingga graphic card ini dapat mempertahankan peformanya dalam waktu yang lama dan tidak overheat.

5. GTX 1660

Sama seperti seri GTX 1650, graphic card ini merupakan versi upgrade dari GTX 1060. Konfigurasi dan teknologi baru yang digunakan dapat meningkatkan kempuan komputer.

Misalnya unruk game PUBG, dengan penyetelan 'rata kanan' perangkat ini memiliki rata-rata 70 fps, angka yang besar untuk game tersebut. Graphic card ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 3.5 juta.

6. AMD RX 590

Rekomendasi terakhir yakni AMD RX 590. Dengan peforma yang kurang lebih sama pada GTX 1660 dan harga yang sedikit lebih murah, graphic card ini dapat menjadi pertimbangan lainnya. Dibanderol dengan harga sekitar Rp 3.3 juta, graphic card dari AMD ini mampu bersaing dengan GTX 1660. Diatas kertas, peforma keduanya tidak terlalu jauh.

Misalnya pada game PUBG, graphic card ini dapat menyentuh rata-rata 69 fps. Walaupun hanya berbeda sedikit, perangkat besutan AMD ini masih menyediakan pilihan untuk overclock.

Dengan itu tentunya peforma yang dihasilkan akan mengungguli GTX 1660, apalagi AMD memang terkenal dengan teknologi overclock yang diperuntukan untuk gamer yang ingin menambah peforma graphic card komputernya. (Jhn)

Baca juga:

Dengan Budget 5 Juta Kamu Sudah bisa Punya PC Gaming Rakitan Sendiri Lho!



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH