Film
Film Negeri Aing Menceritakan Fenomena Kekerasan Terhadap Perempuan Kenali film yang mengisahkan tentang kekerasan pada perempuan (Foto: pixabay/tumisu)

TANGGAL 25 November diperingati sebagai International Day for the Elimination of Violence against Women atau Hari Anti-Kekerasan Terhadap Perempuan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Hari Anti-Kekerasan Terhadap Perempuan, didasari keprihatinan atas kekerasan yang dialami oleh kaum perempuan, tak terkecuali di masa pandemi COVID-19.

Baca Juga:

Cara Cerdas Mencegah Anak Menonton Film Dewasa di Layanan Streaming

Kekerasan terhadap perempuan kerap terjadi di berbagai lingkungan dan tempat. Dari mulai lingkungan di dalam rumah, tempat kerja, maupun di lingkungan sekitar tempat tinggal. Fenomena ini pun diangkat pada sejumlah film negeri aing.

Film-film tersebut menggambarkan bagaimana korban menjalani dan memperjuangkan nasibnya. Terlebih ketika aparat hukum tak berpihak pada korban. Semua film ini akan membuat kamu lebih peduli tentang kasus kekerasan yang dampaknya sangat buruk. Apa saja?

1. Story of Dinda: Second Change of Happiness

Film ini merupakan spin-off dari Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Story of Dinda berkisah tentang perjuangan seorang perempuan mencoba lepas dari belenggu 'toxic relationsip'.

Film tersebut mengisahkan tentang perjuangan Dinda untuk bisa lepas dari ketergantungan emosional dengan Kale, yang sudah melakukan tindakan abusif kepadanya. Mirisnya, tindakan tersebut tak hanya kekerasan fisik, tapi juga kekerasan verbal yang bisa memengaruhi psikologis seseorang.

2. Raksasa dari Jogja

Raksasa dari Jogja diadaptasi ddari novel best seller karya Dwitasari dengan judul yang sama. Film ini berkisah tentang cerita pilu yang dialami oleh Bian. Sejak kecil dia selalu hidup dengan penuh ketakutan, meski memiliki wajah rupawan dan harta berlimpah.

Adapun salah satu faktor terkuat yang membuat Bian ketakutan, yakni perlakuan ayahnya yang protektif, dan sering memukul ibunya. Film ini berusaha memotret efek psikologis kekerasan pada rumah tangga, yang bisa berpengaruh pada anak.

Tak hanya itu, film ini menggambarkan seperti apa kekerasan dalam pacaran, dan ragam peristiwa yang kemudian menjadi trauma tak terlupakan dari kehidupan Bian.

Baca Juga:

Mengenal Lebih Dekat Film 'Autobiography'

3. Penyalin Cahaya

Kendati belum tayang secara resmi, Penyalin Cahaya sukses memenangkan 12 nominasi dari 17 nominasi dalam Festival Film Indonesia 2021.

Penyalin Cahaya berkisah tentang perjuangan seorang perempuan yang mengalami pelecehan seksual, serta membuat hampir seluruh kehidupannya berubah.

Seperti halnya dari mulai akses beasiswa yang dicabut, dan keluarga yang tidak pernah percaya pada dirinya. Film ini disajikan dengan gaya thriller, layaknya drama detektif.

Nantinya, para tokoh berusaha untuk mencari kebenaran atas apa yang dialaminya, Kemudian, film ini pun menjadi sumbangan berharga bagi para penyintas kekerasan seksual.

4. 27 Steps of May

Film yang mengisahkan anti-kekerasan keempat yakni 27 Steps of May. Film ini bercerita tentang May yang diperkosa oleh sekelompok orang. Melihat hal itu, Ayah May merasa sangat terpukul, kemudian menyalahkan dirinya sendiri lantaran tidak bisa melindungi anaknya.

Kemudian, akibat kasus tersebut May jadi menutup diri dari kehidupan sosialnya. Ia hanya di rumah saja. Sementara itu, Ayah May melampiaskan amarahnya di luar rumah dan pergi ke ring tinju.

Film ini mencoba merekam tentang seperti apa efek psikologis korban kekerasan seksual, yang selanjutnya sangat mengundang empati para penonton, untuk melihat lebih jelas tentang kekerasan seksual bekerja.

27 Steps of May sukses masuk nominasi penghargaan film. Seperti enam nominasi dan dua di antaranya menang di Festival Film Tempo pada 2018. Kemudian, film ini juga meraih pemenang di Festival Film Indonesia pada 2019 lalu. (ryn)

Baca Juga:

Negeri Aing Juga Punya Film Balapan Seru!

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jelang Perilisan, Samsung Sindir iPhone 14
Fun
Jelang Perilisan, Samsung Sindir iPhone 14

Momen peluncuran iPhone 14 dimanfaatkan oleh Samsung untuk menyindir Apple.

Cermat Mengatur Pola Makan saat Lebaran
Fun
Cermat Mengatur Pola Makan saat Lebaran

Atur jenis makanan yang dimakan saat Lebaran.

Cara Hilangkan Bau Rokok Biar Lingkungan Makin Nyaman
Fun
Cara Hilangkan Bau Rokok Biar Lingkungan Makin Nyaman

Bau rokok pada pakaian atau mulut memang mengganggu.

Robot Interceptor dari Belanda, Bersihkan Sungai dari Sampah Plastik
Fun
Robot Interceptor dari Belanda, Bersihkan Sungai dari Sampah Plastik

Robot ini mampu mengambil dan mendaurulang sampah yanga da di sungai.

Game Jadi Tempat Pamer Fesyen
Fashion
Game Jadi Tempat Pamer Fesyen

Karakter pada game tampil dengan gaya berbusana yang fashionable.

Creative Thinking Juga Baik untuk Kesehatan Mental
Hiburan & Gaya Hidup
Creative Thinking Juga Baik untuk Kesehatan Mental

Membantu kamu menghilangkan stres dan kecemasan.

Jisoo dan Jung Hae-in Ungkap Seberapa Mirip dengan Karakter di Serial Snowdrop
ShowBiz
Jisoo dan Jung Hae-in Ungkap Seberapa Mirip dengan Karakter di Serial Snowdrop

Jung Hae-in dan Jisoo ungkap seberapa mirip ia dengan karakter yang dibawakan dalam serial Snowdrop

Intip Kemeriahan BOS Junior Motocross Championship 2021
Fun
Intip Kemeriahan BOS Junior Motocross Championship 2021

Perhelatan BOS Junior Motocross Championship 2021 di Gunung Bohong, Cimahi, Jawa Barat.

Tren Make-up Musim Gugur 2022
Fun
Tren Make-up Musim Gugur 2022

Mengenakan make-up di musim gugur tidak bisa sembarangan.

Kenali Pengaruh Iklim dengan Masalah Kesehatan Mental
Fun
Kenali Pengaruh Iklim dengan Masalah Kesehatan Mental

Kondisi iklim yang ekstrem rupanya bisa menyebabkan masalah kesehatan mental.