Rekomendasi Film Horor Terseram Adaptasi Novel Stephen King yang Wajib Kamu Tonton Film-film horor dari buku Stephen King yang harus kamu tonton (foto: imdb.com)

PET Sematary versi 2019 sudah tayang dan masih tayang. Film ini kembali membuktikan kehebatan jalan pikiran seorang Stephan King, master film horor dunia. Kalau kamu suka film Pet Sematary, ini dia rekomendasi film horor adaptasi dari novel misteri King lainnya yang patut ditonton.

1. The Shining (1980)

Rekomendasi Film Horror Terseram Adaptasi Novel Stephen King yang Wajib Kamu Tonton
The Shining salah satu film horror paling terkenal dari buku Stephen King (foto: imdb.com)

Bisa diktakan The Shining adalah satu film adaptasi Stephen King paling terkenal. Film yang digarap oleh Stanley Kubrick ini menceritakan tentang Jack dan keluarganya yang pindah ke hotel Overlook untuk menjadi penjaga hotel tersebut selama hotel tersebut tutup. Ternyata hotel itu mempunyai sejarah kelam dan keluarga Jack mulai mengalami hal aneh yang menyeramkan.

Kalau kamu takut dengan film yang mengandalkan jump scare, The Shining cocok banget jadi salah satu rekomendasi film kamu. Enggak perlu jump scare untuk memberi ketakutan pada penonton. Kamu akan merasa ketakutan mengikuti setiap adegan di dalamnya.

Dibandingkan disebut film horor, The Shining lebih pantas disebut sebagai psychological thriller. Walaupun film ini terkenal sekali, tapi Stephan King tidak senang dengan film ini lho.

Sepertinya ada perbedaan pandangan antara King dan Kubrick. Rottentomatoes memberi skor 86 persen buat film yang satu ini. Tunggu apalagi? Langsung saja ditonton ya!


2. Carrie (1976)

Rekomendasi Film Horror Terseram Adaptasi Novel Stephen King yang Wajib Kamu Tonton
Carrie versi lama dengan horror yang mencekam (foto: imdb.com)

Enggak hanya Pet Semetary saja yang di remake. Salah satu buku Stephan King berjudul Carrie dibuat tigakali. Pertama di tahun 1976, kedua di tahun 2002, dan ketiga di tahun 2013. Namun, kedua versi baru film Carrie sepertinya tidak bisa menandingi film lamanya.

Carrie menceritakan tentang seorang perempuan SMA bernama Carrie White yang merupakan seorang pemalu dan sangat dilindungi oleh ibunya yang sangat religius. Ia tumbuh menjadi anak aneh dan diganggu teman-temannya.

Ternyata ia mempunyai kemampuan telekinesis dan bisa menggerakan barang tanpa harus disentuh. Puncaknya teman-temannya mengerjai Carrie untuk menjadi Prom Queen. Namun saat prosesi pemasangan mahkota, ia malah disiram dengan darah babi. Hal ini membuatnya marah dan membunuh banyak orang di pesta promnya saat itu.

Bisa bayangkan anak perempuan SMA dengan kemampuan supernatural yang membunuh teman-temannya? Sangat menyeramkan. Rottentomatoes bahkan memberi penilaian 93 persen untuk film Carrie pertama ini.

3. Misery (1990)

Rekomendasi Film Horror Terseram Adaptasi Novel Stephen King yang Wajib Kamu Tonton
Misery menceritakan tentang obsesi gila seorang perempuan kepada penulis favoritnya (foto: imdb.com)

Sebenarnya dibandingkan hantu, orang lebih takut sama manusia karena kadang manusia bisa lebih menyeramkan dibandingkan hantu. Misery merupakan salah satu cerita King yang menggambarkan hal ini.

Paul Sheldon, seorang penulis novel seri berjudul Misery Child's terjebak di badai salju. Saat itu ia diselamatkan oleh seorang suste bernama Annie Wikes yang mengaku penggemar beratnya Sheldon. Awalnya Annie Wikes merawat Sheldon dengan sangat baik seperti malaikat.

Namun lama-kelamaan obsesinya ini malah semakin parah dan membuatnya seperti psikopat. Ia tidak mau melepaskan Sheldon karena Sheldon memutuskan untuk membunuh tokoh karakter Misery di novel Misery Child's tersebut.

Di sini, Annie marah dan berusaha agar Sheldon tidak kabur. Kamu akan melihat berbagai ketegangan di dalam film ini ketika Sheldon berusaha untuk keluar dari 'misery' yang dia jalani bersama Annie.

Pastinya seru banget apalagi ditambah dengan pemerannya yang sangat totalitas. Bahkan Kathy Bates yang memerankan Annie Wikes berhasil mendapatkan Oscar untuk perannya ini. Makanya enggak heran Rottentomatoes memberi nilai 89 persen.

4. It (2017)

Rekomendasi Film Horror Terseram Adaptasi Novel Stephen King yang Wajib Kamu Tonton
It menceritakan terror si badut Pennywise yang menyeramkan (foto: imdb.com)

Siapa yang takut dengan badut? Mungkin bukan kamu saja yang takut dengan badut, apalagi kalau badutnya seperti Pennywise the Dancing Clown.

It menceritakan tentang sekelompok anak-anak yang berusaha memecahkan kasus hilangnya anak-anak di kota mereka. Ternyata pelaku kejahatan tersebut adalah monster badut mengerikan bernama Pennywise. Setiap anak akan diteror dan seramnya, Pennywise akan berubah menjadi sesosok yang paling ditakuti oleh anak-anak tersebut.

Sepanjang film kamu akan diperlihatkan adegan menyeramkan dan sangat mengganggu. Kalau dibandingkan dengan film It versi 1990, kamu akan melihat bahwa Pennywise di versi 1990 dan versi 2017 sama-sama menyeramkan dan bikin merinding.

Habis nonton ini pasti langsung takut deh sama badut dan balon merah. Rottentomatoes memberikan nilai 85 persen kepada film ini, jauh lebih tinggi dibandingkan versi lamanya.

5. 1408 (2007)

Rekomendasi Film Horror Terseram Adaptasi Novel Stephen King yang Wajib Kamu Tonton
1408 tentang teror di kamar hotel nomor 1408 (foto: imdb.com)

1408 juga jadi salah satu film dari novel Stephen King yang cukup menyeramkan. Film ini menceritakan tentang seorang penulis cerita horor bernama Mike Enslin yang selalu menginvestigasi hal-hal mistis.

Selama pencariannya tersebut, ia semakin yakin bahwa hantu itu tidak ada sampai suatu hari ia mendapat undangan ke Dolphin Hotel di New York City. Hotel tersebut terkenal dengan kamar nomor 1408 yang penuh dengan misteri.

Sebelumnya, manajer hotel sudah mengingatkan bahwa kamar itu sangat menyeramkan. 56 orang sudah meninggal di kamar tersebut selama 95 tahun ini. Tidak percaya, Mike tetap menetap di kamar tersebut dan merasakan terror yang luar biasa menyeramkan.

Ada beberapa jump scare yang tidak kalah mengagetkan. Kamu akan dibawa merasakan pengalaman menyeramkan yang dialami oleh Mike. Wajib banget ditonton karena Rottentomatoes memberi nilai 79 persen kepada film yang disutradari oleh Mikael Hafstrom ini. (sam)



Ananda Dimas Prasetya