Rekomendasi Film Animasi Garapan Studio Ghibli yang Layak Ditonton

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 03 Mei 2017
Rekomendasi Film Animasi Garapan Studio Ghibli yang Layak Ditonton
macdrifter.com

Bagi penggemar animasi Jepang tentunya tahu dengan Studio Ghibli. Rumah produksi ini telah banyak menghasilkan film animasi yang memiliki kualitas bagus, baik dari segi gambar maupun jalan ceritanya.

Sejak pertama kali berdiri di tahun 1985 di Koganei, Tokyo oleh para animator jepang seperti Hayao Miyazaki, Toshio Suzuki dan Isao Takahata, animasi yang dihasilkan Studio Ghibli telah di cukup fenomenal. Bahkan salah satu filmnya Spirited Away telah mencapai keuntungan 290 juta dolar di seluruh dunia.

Di tahun ini, Studio Ghibli telah membuat sebuah festival bertema The World of Ghibli yang diadakan di Indonesia. Berbagai film-film berkualitas dari Studio Ghibli diputar di seluruh kota besar. Setiap filmnya akan diputar selama satu minggu setiap bulannya.

Berikut enam rekomendasi film yang layak Anda tonton untuk menghabiskan waktu Anda sendiri atau bersama keluarga.

6.My Neighbor Totoro (1988)

Film animasi yang dirilis tahun 1988 ini memang wajib ditonton bagi Anda yang gemar menonton film animasi Jepang. Hayao Miyazaki sebagai penulis sekaligus sutradara dianggap sangat berhasil merealisasikan imajinasinya menjadi bentuk film.

Film ini menceritakan tentang petualangan kakak- beradik di sebuah hutan. Mereka berdua bertemu dengan mahluk penjaga hutan bernama Totoro. Film ini seakan mengajak para penontonnya untuk bisa berimajinasi dengan alam liar.

5. Grave of the Fireflies (1988)

Film Grave of the Fireflies sangat layak ditonton karena animasi semi-otobiografi ini akan memainkan emosi orang yang menontonnya. Mungkin Anda akan membutuhkan tissue untuk menonton film ini.

Film ini menceritakan tentang perjuangan kakak beradik Seita dan Setsuko yang hidup saat Perang Dunia II di tahun 1945. Ketika itu mereka berdua terpisah dengan ibunya yang sedang sakit keras lantaran sebagian wilayah Jepang diserang oleh tentara Amerika.

4. Kiki's Delivery Service (1989)

Animasi yang juga disutradarai oleh Hayao Miyazaki ini diadaptasi oleh novel karya Eiko Kandono. Film yang menceritakan tentang petualangan penyihir cilik bersama seekor kucing hitam ini di rilis bulan Mei tahun 1989.

Diceritakan bila Kiki harus merantau selama satu tahun saat usianya 13 tahun. Hal itu adalah tradisi turun temurun yang ada di daerahnya. Kiki pun mengawali hidupnya dengan membuka jasa antar barang dengan bantuan sihir. Film ini sangat cocok ditonton untuk anak-anak karena mengajarkan kemandirian.

3. Spirited Away (2001)

Film ini sangat layak direkomendasikan untuk Anda yang gemar menonton film animasi Jepang maupun Hollywood. Besutan Hayao Miyazaki telah mendapatkan penghargaan Best Animated Feature Film 2003 pada ajang Academy Awards. Penghargaan itu juga membuat sejarah baru karena untuk pertama kalinya kategori tersebut jatuh ke animasi Jepang.

Film ini bermula saat seorang gadis berusia 10 tahun bernama Chihiro tersesat di sebuah dunia siluman. Ayah dan ibunya pun disihir menjadi babi. Ia pun bertemu dengan anak laki-laki bernama Haku yang membantunya menyelamatkan kedua orang tuanya.

2. Ponyo On The Cliff By The Sea (2008)

Film animasi ini sepenuhnya dibuat dengan menggunakan 170.000 lembar gambar buatan tangan tanpa bantuan CGI. Meski demikian Anda akan terkagum dengan hasil animasi yang dihasilkan.

Film ini menceritakan tentang seekor ikan emas kecil bernama Ponyo yang ingin hidup sebagai manusia. Hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang anak bernama Sousuke. Suatu hari Ponyo memiliki sihir tanpa disengaja dan membuatnya berubah menjadi manusia.

1. The Secret World of Arietty (2010)

Konsistensi Ghibli untuk membuat gambar yang detail ditunjukan pada animasi yang rilis tahun 2010 ini. Dengan mengambil tema kehidupan manusia kecil yang hidup dibawah rumah keluarga Shu, Ghibli menyuguhkan gambar yang cukup detail untuk kategori animasi. Selain itu alunan musik dari Joe Hisashi pun membuat film ini semakin menarik.

Film ini menceritakan pertemuan Arietty dengan Shu, si anak kota yang tinggal bersama ibunya yang sedang sakit. Sang ibu dipindahkan ke rumah di daerah pegunungan yang jauh dari polusi. Film ini sangat cocok ditonton bersama keluarga karena Anda akan diajarkan menghargai lingkungan.

Sahabat Merahputih, itulah enam rekomendasi film Studio Ghibli yang layak Anda tonton, Selain artikel ini Anda juga bisa baca Film Horor di Tahun 2017 yang Pantas Anda Tonton

#Film Animasi #Kartun #FilmJepang
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan