Hari Buku Nasional 2021
Rekomendasi Buku Musik Lokal Terbaru di Hari Buku Nasional 2021 Bara Dalam Bait merupakan buku pertama dari Jikun rif. (Foto: Instagram/@mllapxpxalsx)

TANGGAL 17 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Buku Nasional (Harbuknas) sejak 2002. Penggagas di balik peringatan ini adalah Menteri Pendidikan Nasional era Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar.

Namun, minat baca orang Indonesia masih terbilang rendah. Menurut data UNESCO tahun 2020, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001%. Artinya, dari 1.000 orang Indonesia, hanya satu orang yang rajin membaca.

Terlepas dari semua itu, bagaimana pun kita sebagai orang Indonesia harus tetap optimis dan terus meningkatkan minat terhadap sebuah bacaan, apapun itu, termasuk tentang musik. Walaupun terhitung rendah, kabar baiknya adalah buku musik terbitan lokal yang dicetak seolah tidak pernah berhenti terbit.

Baca juga:

God Bless Rilis Video Musik ‘Mulai Hari Ini’ di Momen Lebaran

Bisa dilihat dari beberapa rekomendasi buku musik terbitan lokal yang telah dirangkum oleh Merah Putih. Beberapa bahkan ada yang masih dalam tahap penyelesaian atau pre-order tetapi dipastikan terbit pada 2021 ini.

1. Aubade: Kumpulan Tulisan Musik

Merupakan buku ketiga dari Aris Setyawan. Sebelumnya ia telah menerbitkan dua buku yaitu Pias: Kumpulan Tulisan Seni dan Budaya, juga Wonderland: Memoar Dari Selatan Yogyakarta.

Sebuah buku antologi yang berisi tulisan-tulisan tentang musik. Sebelumnya tulisan-tulisan tersebut telah dimuat di berbagai media baik daring maupun luring selama periode 2015 sampai 2020. Tulisan tentang musik tersebut kemudian di rangkai menjadi satu dalam buku ini.

2. Find Our Love Again: 30 Tahun Jejak Rekam Powerslaves

Merayakan tiga dekade perjalanan Powerslaves di belantika musik Indonesia. Mereka akan merilis sebuah buku berjudul Find Our Love Again: 30 Tahun Jejak Rekam Powerslaves.

Buku istimewa ini, nantinya akan memaparkan kisah-kisah seru yang belum pernah diungkap sebelumnya oleh Powerslaves.

“Untuk menandai tonggak tersebut, sebuah buku biografi disiapkan untuk mengabadikan perjalanan dan kisah musikal Powerslaves sejak terbentuk di Semarang pada 1991,” tulis Powerslaves dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Rabu (21/4).

Buku ini ditulis oleh Riki Noviana, seorang wartawan musik sekaligus penggemar Powerslaves. Setelah mewawancarai keempat personel terkini berulang kali selama lebih dari satu tahun. rencanakannya akan dirilis pada paruh kedua 2021.

Baca juga:

Kolaborasi ‘Nyeleneh’ Persembahan Raisa x Kamengski

3. Kata Dochi: Sebuah Memori (edisi terbaru)

Dochi Sadega sang bassis dan vokalis dari Pee Wee Gaskins akan merangkum kisah kenangannya dalam bermusik bersama para personel lainnnya dalam buku ini. Namun tak hanya itu, masih banyak cerita juga tentang tongkrongan dan pergaulannya.

Tidak hanya itu, buku ini juga akan membagikan beberapa tips serta hal-hal yang Dochi sukai, trivia dan tentunya cerita dalam membangun band yang telah memenangkan AMI Awards hingga dua kali berturut-turut.

4. A Biography Book Marchel Thee

Marchel Thee dikenal sebagai personel dari band bernama Sajama Cut. Sepak terjang dalam skena musik lokal sudah tidak diragukan. Bukan hanya sebagai pemain band saja, ia beberapa kali mengambil pekerjaan sebagai penulis lepas di beberapa media daring ternama, salah satunya VICE Indonesia.

Sajama Cut baru saja menelurkan album kelima mereka berjudul GODSIGMA (2020). Dengan penyusunan harmoni bunyi nan catchy dari setiap instrumen serta pengunaan lirik Indonesia yang sarat akan sarkasme. Selain buku tentang Marcel Thee, album ini juga layak untuk didengarkan.

5. Jikun /rif: Bara Dalam Bait

View this post on Instagram

A post shared by Jiks (@mllapxpxalsx)

Bernama asli Adji Pamungkas atau biasa dikenal sebagai Jikun ini, merupakan gitaris dari band rock legendaris /rif. Buku setebal 122 halaman yang dirilis Januari 2021 ini, menjadi kilas balik dalam perjalanan hidupnya. Materi buku ini bersumber dari materi tulisan ringan tentang dirinya sendiri, dan peristiwa di sekitar yang dicatat melalui gawai miliknya.

"Bara Dalam Bait banyak terdapat makna inspirasi dan semangat dan bait adalah mediumnya. Dalam keadaan apapun harus selalu ada percikan inspirasi dan semangat. Dari banyak hal tersebut saya kembali mencoba mengenali diri saya sendiri," ucap Jikun dalam sesi bedah buku yang diadakan di M Bloc Space pada Selasa (9/3). (far)

Baca juga:

The Panturas x Sundancer Rilis Split Berbahasa Daerah

Penulis : Febrian Adi Febrian Adi
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Perbankan Optimistis Terhadap Pertumbuhan Industri Esports Indonesia
Fun
Perbankan Optimistis Terhadap Pertumbuhan Industri Esports Indonesia

Industri perbankan mengeluarkan kartu debit membership untuk para gamer.

Lakukan Ini Supaya Terlihat Lebih Fotogenik
Fun
Lakukan Ini Supaya Terlihat Lebih Fotogenik

Menjadi fotogenik itu mudah.

Asteriska Ajak Peduli Bumi dengan Lagu ‘Ibu Pertiwi'
ShowBiz
Asteriska Ajak Peduli Bumi dengan Lagu ‘Ibu Pertiwi'

Musisi bernama lengkap Cabrini Asteriska Widiantini juga mengambil langkah yang lebih jauh lagi.

Baterai Ponsel Pintar Masa Depan Bisa Awet 5 Tahun
Fun
Baterai Ponsel Pintar Masa Depan Bisa Awet 5 Tahun

Daya baterai ponsel masih 95% walau sudah aktif lima tahun.

NaFF Rangkum Perjalanan Musik lewat ‘Redup Terang’
ShowBiz
NaFF Rangkum Perjalanan Musik lewat ‘Redup Terang’

Album Redup Terang terdiri dari 11 lagu.

Kolaborasi Apik Swedish House Mafia dan The Weeknd di ‘Moth To A Flame’
ShowBiz
Kolaborasi Apik Swedish House Mafia dan The Weeknd di ‘Moth To A Flame’

Lagu Moth To A Flame resmi dirilis, bersamaan dengan video musiknya.

Banyak Masalah, CD Projekt RED Tawarkan 'Refund' untuk 'Cyberpunk 2077'
Fun
Banyak Masalah, CD Projekt RED Tawarkan 'Refund' untuk 'Cyberpunk 2077'

Ada banyak bug dan glitch di 'Cyberpunk 2077'.

Dirilis Tiga Samsung Seri A
Fun
Dirilis Tiga Samsung Seri A

Samsung Electronics Indonesia telah secara resmi meluncurkan tiga ponsel seri A barunya, yakni Galaxy A32, Galaxy A52 dan Galaxy A72.

Sederet Film Horor Siap Bawa Kengerian di 2021
ShowBiz
Sederet Film Horor Siap Bawa Kengerian di 2021

Film horor yang akan membuat bulu kudukmu berdiri di tiap adegan klimaksnya.

The Simpsons Jadi Model Balenciaga
Fashion
The Simpsons Jadi Model Balenciaga

Balenciaga x The Simpsons dibalut dalam video berdurasi 10 menit.