Rekomendasi Bacaan saat #DiRumahAja untuk Rayakan Hari Buku Sedunia Beberapa rekomendasi buku untuk rayakan Hari Buku Sedunia (Foto: Amazon)

SELAMAT Hari Buku Sedunia! Setiap 23 April dunia merayakan Book World Day. Hari istimewa ini diselenggarakan oleh organisasi Educational, Scientific, and Cultural PBB untuk mendukung kegiatan membaca, percetakan, dan hak cipta.

Rasanya anggapan tentang bagaimana buku adalah jendela dunia merupakan suatu hal yang benar adanya. Soalnya, buku bisa membawamu berjalan keliling dunia hanya lewat rangkaian kata-kata saja. Selain itu, buku bisa menjadi saksi bisu dari sebuah sejarah, guru tempat kita belajar, teman setia yang menemani, serta sebagai motivasi, harapan, dan cita-cita. Oleh sebab itu kegiatan membaca buku merupakan suatu hal yang sangat penting.

Baca juga:

Keuntungan #DiRumahAja Sembari 'Work From Home'

Memang sih di zaman modern ini kita bisa membaca lewat layar digital, namun rasanya tidak ada yang bisa mengalahkan sensasi membalikkan halaman dan mencium aroma kertas buku deh. Apalagi di tengah pandemi ini, pasti bosan dong kalau hanya main gadget terus ketika #DiRumahAja. Makanya di hari Buku Sedunia ini, merahputih.com sudah merangkum beberapa buku rekomendasi yang bisa kamu baca untuk rayakan hari spesial ini sekaligus buat habiskan waktu di rumah.

1. Klasik dan Literatur

Rekomendasi Bacaan saat #DiRumahAja untuk Rayakan Hari Buku Sedunia
Buku klasik dan literatur yang punya tulisan indah (Foto: Amazon/Goodreads)

Tidak ada yang bisa menandingi untaian kata-kata indah dari tulisan para penulis hebat dunia. Bisa dikatakan buku-buku klasik dan literatur ini jadi sebuah karya seni yang tak lekang dimakan waktu. Buku-buku seperti Wuthering Heights karya Emily Bronte, Pride and Prejudice dari Jane Austen, Jane Eyre dari Charlotte Bronte, hingga Anna Karenina karya Leo Tolstoy akan membawamu masuk dalam kisah cinta yang enggak gitu-gitu aja. Dibalut dengan diksi-diksi indah yang mengunggah dipastikan akan membuatmu jatuh cinta dengan tulisannya.

Kalau enggak suka dengan cinta-cintaan, kamu bisa pilih novel klasik petualngan seperti Moby Dick yang ditulis oleh Herman Melville atau kisah perang Troya mitologi Yunani dalam buku Odyssey yang dituliskan oleh pujangga Homer.

Sastrawan Indonesia juga enggak kalah lho sama para penulis klasik luar negeri. Ada buku-buku terkenal dari Pramoedya Ananta Toer seperti Tetralogi Pulau Buru (Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca), buku-bukunya Ahmad Tohari seperti Ronggeng Dukuh Paruk, Kubah, dan sebagainya.

Remy Sylado dengan Malaikat Lereng Tidar dan Ca Bau Kan, Seno Gumira Ajidarma, Chairil Anwar, Sapardi Djoko Damono, Goenawan Mohamad, dan masih banyak lagi. Karya-karya mereka ini sangat dihargai dan diapresiasi sampai diterjemahkan ke bahasa asing. Dengan membaca buku-buku tersebut dijamin kamu akan semakin terliterasikan deh!

2. Fiksi

Rekomendasi Bacaan saat #DiRumahAja untuk Rayakan Hari Buku Sedunia
Buku fiksi yang penuh petualangan (Foto: Amazon)

Buku-buku fiksi memang digemari oleh siapa saja, baik anak muda sampai orang dewasa sekalipun. Pastinya kamu familiar kan sama novel-novel seperti Harry Potter, Hunger Games, Divergent, Percy Jackson, dan Lord of The Rings? Sepertinya sudah enggak perlu disebutkan lagi ya isi ceritanya karena banyak darimu yang sudah mengetahuinya.

Buku-buku fiksi tersebut cocok banget buat kamu yang sedang mencari petualangan dan suka dengan cerita-cerita fantasi. Kamu akan dibawa masuk ke dalam cerita-cerita luar biasa dan spekatkuler yang dijamin bikin ketagihan. Soalnya kadang sesuatu yang fiksi pun tetap menjadi menarik jika dikemas dengan baik.

Kalau kamu memang sedang mencari bacaan yang seru namun tidak terlalu berat, novel-novel di atas bisa jadi pilihanmu.

Baca juga:

Makin Betah #DiRumahAja, Nih Rekomendasi FIlm Buat Ditonton Bareng Si Kecil

3. Horor dan kriminal

Rekomendasi Bacaan saat #DiRumahAja untuk Rayakan Hari Buku Sedunia
Novel misteri dan horor buatmua yang menyukainya (Foto: Amazon)

Rasanya hal-hal yang berbau horor dan kriminal tuh memang seru sekali ya buat dibaca. Kalau kamu senang dengan cerita-cerita hantu, supernatural, monster maka buku-buku Stephen King pasti cocok banget buatmu. King of Horror ini sudah menulis berbagai novel, seperti IT, Carrie, Misery, Pet Sematary, The Shining, dan puluhan cerita lain. Bahkan novel-novel King tersebut begitu bagus sampai-sampai banyak sekali bukunya yang diangkat ke layar lebar.

Nah, tapi kalau kamu lebih tertarik sama cerita-cerita detektif, penulis Agatha Christie sudah siapkan berbagai buku buatmu untuk dibaca. Memang enggak ada yang bisa menandingi rasa penasaran ketika ingin mengetahui siapa pembunuh atau penjahat yang sesungguhnya. Hal tersebut lah yang ditawarkan dari buku-bukunya Christie.

Dua yang paling terkenal mungkin seri tentang Miss Marple dan sang detektif terkenal Hercule Poirot. Buat kamu yang mungkin belum tahu, salah satu film terkenal dari tahun 2017 Murder on The Orient Express diangkat dari novelnya Christie lho. Makanya kalau kamu menyukai cerita-cerita keren seperti itu coba deh langsung baca.

4. Psikologi

Rekomendasi Bacaan saat #DiRumahAja untuk Rayakan Hari Buku Sedunia
Buku-buku psikologi tentang kehidupan sehari-hari (Foto: Amazon)

Buku-buku psikologi yang dimaksud di sini bukan yang berat-berat kok. Soalnya saat ini sudah banyak novel-novel psikologi dengan tema sederhana seperti self-help maupun self-love, kehidupan sehari-hari, dan sebagainya. Mungkin salah satu buku yang paling terkenal adalah Men Are From Mars, Women Are from Venus.

John Gray, seorang penulis sekaligus konselor hubungan membuat buku yang berisi tentang masalah dalam hubungan antara laki-laki dan perempuan. Buat kamu yang sering bertanya-tanya tentang sikap pasangan, mungkin buku ini bisa menjadi jawabannya.

Selain itu buku yang saat ini juga sedang terkenal adalah novelnya Mark Manson yang berjudul The Subtle Art of Not Giving a F***. Pada dasarnya kita sebagai manusia saat ini terlalu memikirkan apa kata orang sehingga akhirnya kita jadi enggak bisa bahagia dengan diri sendiri. Kalimat-kalimat dalam buku ini sangat relateable dan cocok banget karena semua orang pasti pernah mengalaminya.

Itu dia beberapa rekomendasi buku dari setiap kategorinya. Jadi mau baca buku apa hari ini? (sam)

Baca juga:

Tetap Produktif Selama #DiRumahAja, Yuk Belajar Jadi Programmer!



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH