Kuliner
Rekomendasi Babi Guling Nikmat di Bali Babi guling khas Bali jadi sajian nonhalal yang wajib dicicip saat melancong ke Bali. (foto: Instagram @babigulingjerokawansunset)

PELANCONG nonmuslim yang tengah berlibur di Bali wajib banget mencicipi kelezatan babi guling. Meski biasanya babi guling dijual utuh seekor, kamu tetap bisa mencoba seporsi nasi dengan lauk babi guling dan bermacam pelengkap. Nasi campur nonhalal ini bisa jadi menu makan pagi, siang, bahkan makan malam. Kenapa? Karena ya, memang seenak itu.

Sajian yang sudah masuk warisan budaya tak benda Indonesia sejak 2011 ini dibuat dengan cara mengisi bagian perut babi yang sudah dibersihkan dengan racikan basa genep (bumbu lengkap). Basa genep merupakan bumbu yang umum digunakan dalam olahan masakan khas Bali. Di dalamnya berisi bawang merah, bawang putih, kencur, jahe, kunyit, lengkuas, cabai rawti, gula aren, garam, terasi, daun salam, sedikit asam, serta bumbu aromatik yang disebut jejaton.

BACA JUGA:

Mengenal Arak Bali dan Cara Menikmatinya

Setelah semua bumbu dimasukkan, perut babi dijahit lagi agar bumbu tetap berada di dalam. Babi kemudian dimasak dengan cara diguling-gulingkan di atas api. Proses memasak ini bisa memakan waktu lebih dari dua jam. Teragantung ukuran babi yang dimasak. Hasilnya, babi berbumbu rempah dengan kulit kecokelatan nan garing. Nasi babi guling yang dengan mudah ditemui di penjuru Bali umumnya terdiri dari nasi hangat pulen, lawar bali, kulit babi guling renyah, potongan daging babi, dan kerupuk babi renyah. Ada juga yang menambahkan satai dan be urutan, usus babi isi daging.

Cukup membuat liur menetes kan? Berikut Merahputih.com berikan rekomendasi warung nasi babi guling di Bali yang enaknya kebangetan.

1. Warung Men Repot

nasi babi guling men repot
Nasi babi guling Men Repot yang legendaris. (foto: Instagram @denpasarviral)

Inilah warung nasi babi guling legend di Denpasar. Warung ini sudah lama dikenal sebagai tempat makan nasi babi guling enak. Warung Men Repot cuma buka dari pagi sampai siang. Buka mulai pukul 07.00 Wita, warung ini tutup pukul 13.00. Jadi kalau mau icip-icip, pastikan datang pagi hari ya.Bumbu nasi babi guling di tempat ini berasa Bali banget. Enggak mengherankan jika banyak orang rela antre di warung yang terletak di Jalan Noja I No 24, Kesiman Petilan, Denpasar Timur ini. Tempatnya memang enggak begitu luas.

Seporsi nasi babi guling di sini dibanderol Rp 25 ribu. Namun, porsinya cukup besar lo. Kalau mau porsi yang lebih kecil, bisa kok pesan porsi seharga Rp 15 ribu atau Rp 20 ribu. Dalam satu porsi, kamu akan mendapat kulit babi guling, daging babi goreng, kerupuk babi, dan lawar.

2. Warung Nasi Babi Guling Jero Kawan

nasi babi guling kero kawan
Sajian nasi babi guling Jero Kawan. (foto: INstagram @nasibabigulingjerokawansunset)

Seperti dilansir NomNomBali, Babi Guling Jero Kawan ialah salah satu yang terenak di Bali. Pencinta babi guling wajib coba cita rasa babi guling di warung ini. Bumbu dalam racikan babi guling warung ini terbilang kuat. Hal itu menyamarkan rasa amis pada babi guling. Kulit yang disajikan juga crispy.

Warung Babi Guling Jero Kawan sudah membuka pintunya di Kebun Cafe, Bypass Sunset Road, Seminyak, Badung. Warung ini buka pukul 17.00 hingga sajiannya habis terjual. Namun nih, disarankan untuk datang sebelum pukul 18.00, saat sajian babi guling masih lengkap dan segar.

BACA JUGA:

Cara Liburan di Bali Tanpa Kuras Tabungan

3. Babi Guling Selingsing Bu Suci

nasi babi guling selingsing bu suci
Meskipun buka di jam yang enggak biasa, nasi babi guling Selingsing tetap dicari. (foto: Instagram @williamwongso)

Jika warung babi guling lainnya buka pagi sampai siang atau sore, warung ini buka tengah malam hingga pagi. Itulah mengapa butuh perjuangan buat menikmati enaknya nasi babi guling Selingsing ini.Hal lain yang bikin beda, di tempat ini, babi guling dimasak secara tradisional. Bahkan, proses pembakaran juga memakai kayu bakar. Oleh karena itu, citarasanya juga bakal lebih terasa jika dibandingkan dengan tempat lain. Sebagai tambahan, babi yang dipanggang di warung tradisional ini sengaja merupakan babi berusia muda yang memiliki tekstur daging lebih lembut.

Hal yang lebih enak, kamu bisa mencicipi olahan daging babi secara langsung setelah selesai dimasak. Ini nih benar-benar menikmati babi guling fresh from the oven, berbeda dengan di tempat lain.Dalam seporsi nasi babi guling, kamu akan mandapat potongan daging babi guling serta sayuran. Dijamin, kelezatan daging babi guling yang kamu rasakan bakal berbeda dengan warung babi guling lain. Pastikan kamu datang dan mencicipi babi guling di warung yang terletak di Jalan Desa Cepaka No 33, Cepaka, Kediri, Kabupaten Tabanan, ini.

4. Nasi Babi Guling Pak Malen

Seminyak merupakan salah satu area yang selalu crowded di Bali. Warung nasi babi guling juga termasuk yang membuka etalase di sepanjang jalan. Namun, salah satu yang paling terkenal di kawasan ini ialah Nasi Babi Guling Pak Malen. Satu porsi nasi babi guling di sini berisikan nasi, daging babi, kulit babi goreng, sate babi, urutan babi, sayur lawar dan sup yang melengkapi kenikmatan. Sup babi yang disajikan terbuat dari rebusan daging dan tulang babi yang dicampur dengan basa genep. Kamu bisa icip nasi babi guling Pak Malen di Jalan Sunset Road 554 mulai pukul 09.00 sampai 18.00.

5. Babi Guling Karya Rebo

nasi babi guling karya rebo
Di daerah Kuta pun, warung nasi babi guling enak tetap ada. (foto: Instagram @babi_guling_karya_rebo)

Di daerah Kedonganan dan Kuta, selain deretan tempat makan boga bahari, kamu tak akan susah menemukan nasi babi guling yang enak. Ada warung nasi babi guling Karya Rebo. Tepatnya, warung ini berada di Jalan Toyaning 1, Kuta.Keunggulan nasi babi guling di warung ini ialah rasa dagingnya yang enak dan renyah. Selain itu, kulit babi gulingnya juga crispy banget. Enggak alot. Jika nasi babi guling lain disajikan bersama satai lilit, yang ini disajikan bersama satai tusuk babi dengan potongan daging kotak-kotak. Enak. Dijamin, langsung nambah.(dwi)

BACA JUGA:

Ragam Hajatan Tradisi Orang Bali Menyambut Bayi

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
Menakar Makan, Berkah Jadi Sehat
Fun
Seafood Juga Bisa Ramah Lingkungan
Kuliner
Menakar Makan, Berkah Jadi Sehat
Fun
Seafood Juga Bisa Ramah Lingkungan
Kuliner
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rio Dewanto Bintangi Film Thailand
ShowBiz
Rio Dewanto Bintangi Film Thailand

Rio Dewanto main dalam film Thailand bergenre horor.

Instagram Luncurkan Amber Alert untuk Bantu Pencarian Anak Hilang
Fun
Instagram Luncurkan Amber Alert untuk Bantu Pencarian Anak Hilang

Fitur peringatan anak hilang ini akan tersedia di Amerika Serikat dan 24 negara lainnya.

Belajar Bersama di Sanggar Inklusi 'Anak Bangsa'
Fun
Belajar Bersama di Sanggar Inklusi 'Anak Bangsa'

Di sanggar itu, tiap hari Jum'at, Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memperoleh sesi terapi seperti okupasi, terapi wicara, dan fisioterapi.

Flexing Versus Humblebragging, Dua Cara Unjuk Gigi Serupa Tapi Tak Sama
Hiburan & Gaya Hidup
Flexing Versus Humblebragging, Dua Cara Unjuk Gigi Serupa Tapi Tak Sama

Kedua istilah tersebut memiliki definisi berbeda

Kabarnya Dwayne Johnson Sedang Buat Film Baru yang Diadaptasi dari Video Gim
ShowBiz
Kabarnya Dwayne Johnson Sedang Buat Film Baru yang Diadaptasi dari Video Gim

Dwayne Johnson terlibat dalam proyek film rahasia.

NASA Sengaja Tabrakkan Pesawat Luar Angkasa ke Asteroid
Fun
NASA Sengaja Tabrakkan Pesawat Luar Angkasa ke Asteroid

Sengaja tabrakkan pesawat luar angkasa untuk penelitian dan uji coba.

Implan di Otak untuk Sembuhkan Depresi
Fun
Implan di Otak untuk Sembuhkan Depresi

Namun tetap itu bukan demonstrasi kemanjuran.

IBrC 2022 Resmi Digelar, Para Brewer Bertarung Sengit
Fun
IBrC 2022 Resmi Digelar, Para Brewer Bertarung Sengit

Para brewer sudah mulai bertanding di IBrC 2022.

Mazda Rilis MX-5 Khusus Penyandang Disabilitas
Fun
Mazda Rilis MX-5 Khusus Penyandang Disabilitas

Dilengkapi berbagai modifikasi alat bantu untuk mudahkan pengemudi disabilitas.

'Jujutsu Kaisen 0' Mengobati Kekangenan Penggemarnya
ShowBiz
'Jujutsu Kaisen 0' Mengobati Kekangenan Penggemarnya

Film ini berhasil meraup lebih dari 12,3 miliyar yen atau sekitar Rp1,5 triliun.