Reklamasi Teluk Jakarta Dituding Jadi Penyebab Jutaan Ikan Mati Kegiatan reklamasi di kawasan Pantai Ancol, Teluk Jakarta, Jakarta Timur, Selasa (1/12). (Foto: MP/Fachruddin Chalik)

MerahPutih Megapolitan - Teluk Jakarta saat ini tengah direklamasi besar-besaran, yakni menimbun lautan dan menjadikannya sebagai daratan. Hal tersebut juga menjadi sebab matinya jutaan ikan di pesisir Pantai Ancol, selain ada limbah yang dicurigai oleh warga dijatuhkan bersamaan dengan hujan yang mengguyur pada Minggu (29/11) pagi.

"Ini kan laut lagi diurug-urugin, bukan di sini saja Mas, tapi di Teluk Jakarta, khususnya di Kepulauan Seribu yang jaraknya juga tidak jauh dari sini. Nah, ikan-ikan yang tinggal di batu-batu karang di bawah laut ini, setelah rumah mereka digusur mau ke mana mereka pergi. Kalau ke lepas (pantai) enggak mungkin karena habitatnya mereka kan memang di pesisir pantai. Jadi ikan-ikan ini mati bukan cuma karena limbah tapi juga karena dampak reklamasi pantai itu," ujar salah seorang nelayan yang identitasnya minta dirahasiakan ini.

Dari pantauan merahputih.com saat menyusuri Pantai Ancol, terlihat kawasan ini tengah dilakukan reklamasi besar-besaran, khususnya Ancol di bagian timur. Tampak timbunan pasir putih yang dibawa dan diambil dari dasar laut dengan cara disedot oleh kapal khusus penyedot pasir, kemudian menampungnya di atas kapal tongkang.

Menurut nelayan tersebut, Ancol sedang "menginvasi" laut dengan menimbun pantainya untuk dijadikan daratan sekitar 20-30 hektare.

"Ini buat tempat rekreasi lagi Mas, nantinya di depan sana (menunjuk ke laut) dibuat jembatan untuk orang pada pacaran," ujarnya. (aka)


BACA JUGA:

  1. Selain Jutaan Ikan Teluk Jakarta, Kerang Pun Mati Terpapar Limbah
  2. 65 Kilometer Pesisir Pantai Teluk Jakarta Dipenuhi Bangkai Ikan
  3. BPLHD DKI Ambil Sampel di Tiga Lokasi Teluk Jakarta
  4. Ungkap Kematian Ikan Teluk Jakarta, Dinas Kelautan DKI Gandeng IPB
  5. Dinas Kelautan Usut Penyebab Jutaan Ikan Mati di Teluk Jakarta


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH