Wisata Indonesia

Rekayasa Lalin diberlakukan di Malioboro pada Pergantian Tahun, Begini Skemanya

P Suryo RP Suryo R - Senin, 27 Desember 2021
Rekayasa Lalin diberlakukan di Malioboro pada Pergantian Tahun, Begini Skemanya
Jalan Malioboro akan mendapat perhatian khusus pada malam tahun baru. (Foto: Unsplash/Agto Nugroho)

Rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di kawasan Malioboro Kota Yogyakarta saat pergantian Tahun 2022. Akses masuk kendaraan menuju Jalan Malioboro hanya melalui satu pintu.

Kapolresta Yogyakarta Kombes (pol) Purwadi Wahyu Anggoro memastikan kendaraan masih diperbolehkan melintas di jalan Malioboro. Namun seluruh kendaraan hanya bisa masuk ke jalan legendaris tersebut melalui Jalan Mataram.

Baca Juga:

Peraturan Berubah-ubah, Yogyakarta Tetap diminati Pelancong Menghabiskan Akhir Tahun

malioboro
Akan ada rekayasa lalu lintas di Malioboro. (Foto: MP/Patricia Vicka)

"Akses masuk akan dibatasi hanya dari satu pintu saja yaitu dari Jalan Mataram supaya arus kendaraan tetap mengalir dan tidak macet," kata Wahyu di Yogyakarta, Selasa (27/12).

Pembatasan akses tersebut akan diberlakukan saat malam tahun baru 31 Desember. Kendaraan dari arah Tugu, dan Kotabaru akan diarahkan masuk ke Jalan Pasar Kembang menuju ke barat yakni Jalan Jlagran. Kemudian berputar hingga Jalan Letjen Suprapto masuk Jalan KH Ahmad Dahlan lalu ke utara ke Jalan Mataram. Terakhir berbelok ke kiri ke arah Jalan Malioboro.

"Kami akan memasang pembatas jalan di sisi Gardu Anim sehingga tidak ada kendaraan dari arah Kotabaru yang bisa masuk ke Malioboro," katanya.

Selama berada di Malioboro, kendaraan juga tidak diperbolehkan berhenti karena dikhawatirkan dapat menimbulkan kemacetan.

Baca Juga:

Ada Event Seru di Yogyakarta Selama Tahun 2022

yogyakarta
Pengguna jalan di kota Yogyakarta harus melewati Tugu sesuai rekayasa lalu lintas. Foto: Unsplash/Angga Kurniawan)

Sementara untuk pejalan kaki, tetap diperbolehkan masuk ke Malioboro. Hanya saja diminta untuk tidak berkerumun. "Kami ada tim gabungan dengan TNI, Satpol PP dan BPBD Kota Yogyakarta yang akan turun untuk mengurai kerumunan di Malioboro," katanya.

Dia juga menegaskan bila jalanan di sekitar Malioboro padat bisa jadi maka akan memberlakukan rekayasa lalin mulai 30 Desember. Tapi tetap akan melihat kondisi di lapangan.

Selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2022 dilaksanakan Operasi Lilin Progo. Polresta Yogyakarta menurunkan 1.119 personel dan mengoperasionalkan empat pos pengamanan, yaitu di depan Gereja Kotabaru, Tugu, Teteg Malioboro, dan Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

"Kepadatan wisatawan dimungkinkan sudah mencapai puncaknya pada akhir pekan lalu. Tetapi untuk libur Natal dan Tahun Baru 2022 tetap harus diantisipasi," katanya. (Patricia Vicka/Yogyakarta)

Baca Juga:

Yogyakarta Bolehkan Gelar Pentas Seni di Liburan Akhir Tahun

#Wisata #Travel
Bagikan
Bagikan