K-Pop
Rekap Konser Virtual BTS 'MAP OF THE SOUL ON:E' Highlight dari konser BTS MAP OF THE SOUL ONE. (Foto: Big Hit Entertainment)

SETELAH hampir empat bulan setelah konser daring Bang Bang Con: The Live, akhirnya ARMY bisa kembali menonton idola mereka, BTS. Konser bertajuk MAP OF THE SOUL ON:E itu dilangsungkan selama dua hari, tepatnya 10 dan 11 Oktober 2020.

Mengutip laman US News, di hari pertama saja konser virtual ini ditonton lebih dari 114 juta penggemar. Buat kamu yang tidak sempat menonton, berikut beberapa highlight menarik dari konser MAP OF THE SOUL ON:E.

Baca juga:

Konser Virtual BTS MAP OF THE SOUL ON:E Hari Pertama Tembus 100 Juta Penonton

1. Penampilan live perdana lagu-lagu dari album Map of The Soul: 7

Rekap dari Konser BTS 'MAP OF THE SOUL ON:E'
ARMY bisa mendengar lagu-lagu dari album terakhir BTS MOTS 7. (Foto: Big Hit Entertainment)

Di konser MAP OF THE SOUL ON:E, ARMY bisa menyaksikan penampilan dari lagu-lagu yang ada dalam album terakhir BTS, Map of The Soul:7.

Lagu-lagu itu seharusnya dinyanyikan BTS pada tur dunia. Sayangnya pandemi COVID-19 membatalkan semua tur BTS tahun ini.

Sehingga konser virtual tersebut jadi sangat spesial karena penggemar bisa mendengar lagu-lagu itu untuk pertama kalinya di atas panggung.

BTS suguhkan 23 lagu dalam konser yang berlangsung selama dua jam 30 menit itu. Mulai dari ON, Dionysus, UGH!, 00:00 Zero O'Clock, Boy With Luv, We Are Bulletproof: the Eternal, hingga single hit terbaru mereka yang berhasil memecahkan berbagai rekor, Dynamite. Tidak lupa setiap personel menyanyikan lagu solonya masing-masing.

Selain lagu-lagu dari album MOTS:7, BTS juga bawakan lagu lamanya, seperti N.O, We Are Bulletproof Pt. 2, DNA, Dope, No More Dream, Butterfly, dan Run untuk hari pertama. Sementara lagu Spring Day dan IDOL dinyanyikan di hari kedua.

2. Interaksi ARMY on Air

Rekap Konser Virtual BTS 'MAP OF THE SOUL ON:E'
ARMY on Air membuat penggemar bisa langsung berhubungand dengan BTS di atas panggung. (Foto: Big Hit Entertainment)

Awalnya konser MAP OF THE SOUL ON:E direncanakan berlangsung secara offline dan online. Sayangnya angka penyebaran virus COVID-19 yang kian meningkat di Korea Selatan, membuat Big Hit memutuskan untuk menyelenggarakan konser secara virtual saja.

Agar BTS tidak merasa kesepian, pihak agensi menaruh layar di sekeliling venue yang berisi ratusan ARMY dari seluruh dunia. Acara yang dinamakan sebagai ARMY on Air ini membantu menghubungkan BTS dengan penggemarnya secara online. Jadi para fan bisa langsung berteriak, menyoraki, dan bertepuk tangan ketika menyaksikan penampilan BTS.

Tidak hanya itu, bangku penonton di KSPO Dome diisi dengan ratusan Army Bomb yang bercahaya di sepanjang konser. Tujuannya, meski ARMY tidak bisa hadir secara langsung, BTS tetap dapat melihat cahaya warna-warni seolah sedang disemangati sama penggemar tercintanya.

3. Kostum warna-warni dari BTS

Rekap Konser Virtual BTS 'MAP OF THE SOUL ON:E'
Kostum yang dikenakan BTS di awal konser. (Foto: Big Hit Entertainment)

Di awal konser, BTS mengenakan kostum serba hitam sambil menyanyikan lagu ON. Kemudian di lagu Boy In Luv para personel terlihat memakai baju hitam yang dihiasi dengan peniti. Di lagu Black Swan ketujuh member BTS kembali mengenakan pakaian hitam, dipadukan dengan pakaian tembus pandang.

Sementara ketika membawakan lagu Boy With Luv, BTS mengenakan baju warna-warni. Di akhir konser mereka terlihat memakai kaos dan jaket merchandise konser MAP OF THE SOUL ON:E.

Untuk penampilan unit vokal, Jin, V, Jimin, dan Jungkook mengenakan baju serba putih. Lain dengan unit rap yang menggunakan baju ala petinju saat membawakan lagu UGH!.

Selain itu dalam setiap penampilan solonya, para anggota mengenakan pakaian berbeda-beda. RM dengan jaket hitam dan kemeja putih. Jin memakai pakaian serba putih seperti layaknya pangeran dari cerita The Little Prince.

Di penampilan solonya Suga bahkan bisa mengganti baju dari pakaian serba putih menjadi baju serba hitam. Jaket jeans untuk J-Hope saat membawakan lagu Ego.

Sementara Jimin mengenakan jas senada warna merah dan ungu. V memakai jumpsuit dengan balutan jaket dan Jungkook menggunakan baju hitam pada hari pertama serta baju celana merah untuk hari kedua.

Baca juga:

Ritual Member BTS dari Pagi Hari, Sebelum Konser, Hingga Jelang Istirahat

4. Properti dan pencahayaan yang spektakuler

Rekap Konser Virtual BTS 'MAP OF THE SOUL ON:E'
Venue konser dibagi jadi empat panggung dengan segala properti dan pencahayaan yang spektakuler. (Foto: BIg Hit Entertainment)

Konser MAP OF THE SOUL ON:E diisi dengan empat panggung besar yang berbeda untuk mengakomodasi penampilan BTS.

Properti yang digunakan juga tidak tanggung-tanggung. Ada gunung-gunungan yang dipakai di awal dan di akhir konser, bangunan yang terbakar api, mobil, ring api, payung dengan lampu warna-warni, arena tinju, panggung kecil berbentuk bulan, bahkan wahana merry go round yang benar-benar bisa berputar.

Lebih lanjut pencahayan yang digunakan juga sangat mendukung setiap penampilan. Efek cahaya seperti jam di lantai, ring tinju, lampu sorot, dan sebagainya yang membuat konser jadi semakin spektakuler. Ditambah dengan layar digital sebagai backdrop untuk menghiasi acara.

5. Penggunaan teknologi Augmented Reality

Kabarnya Big Hit Entertainment menghabiskan biaya yang sangat besar untuk mengadakan konser dua hari itu. Tidak mengherankan sih.

Selain karena propertinya yang keren dan totalitas, mereka juga mendukung penampilan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook dengan penggunaan teknologi Augmented Reality. Dalam beberapa lagu, penonton bisa melihat AR yang dipadukan dengan penampilan live BTS.

Penggemar seolah-olah dibawa menaiki lift, menonton adegan-adegan dari video musik lamanya BTS, dan beberapa penambahan properti yang menghiasi panggung BTS. Seperti bulan, planet, manusia raksasa, cahaya-cahaya bergambar foto ARMY, dan lainnya.

6. Penampilan solo dari tiap member BTS

Rekap Konser Virtual BTS 'MAP OF THE SOUL ON:E'
Setiap personel berikan tampilan solo yang memukau. (Foto: Big Hit Entertainment)

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh ARMY ialah penampilan solo dari setiap anggota. Sesuai prediksi, penampilan solo dari setiap personel benar-benar tidak mengecewakan.

Dimulai dengan pertunjukkan powerful dari sang leader BTS, RM yang membawakan lagu Persona. Kemudian Suga tampilkan lagu Shadow yang menakjubkan dengan efek dinding-dinding bergerak.

Penampilan solo berikutnya berasal dari anggota termuda BTS yang menyanyikan lagu My Time. Setelah tampil, nama Jungkook langsung trending karena pertunjukkannya yang terlihat seksi sampai membuat ARMY meleleh.

Berikutnya Jimin naik ke atas panggung sambil menarikan koreografi untuk lagu Filter. Ditemani dengan beberapa penari, Jimin sukses membawakan lagu tersebut khusus untuk para fan.

Konser dilanjutkan dengan lagu Moon dari Jin. Pertunjukkanya itu semakin spesial karena untuk pertama kalinya anggota tertua BTS itu sempat menari. Padahal dalam dua lagu solo terakhirnya dia tidak pernah menari sekalipun.

Lalu V mengambil alih panggung dan duduk di atas kuda merry go round ditemani dengan seorang model anak kecil. Pertunjukkan jadi semakin istimewa ketika ARMY di layar ikut bernyanyi bersama V dalam lagu itu.

Penampilan solo terakhir ditutup oleh lagu Ego dari J-Hope. Ketika kamera bergerak ke arahnya, penonton langsung melihat rapper bernama asli Jung Hoseok itu duduk di atas mobil warna merah.

Sebelum lagu terakhir di konser hari kedua, para personel sempat memberi sepatah dua patah kata untuk para penggemar. Mereka memang kecewa karena pandemi membuat tur konser dunianya batal, namun setidaknya BTS tetap bisa memberikan konser virtual terbaik untuk penggemar.

Walau hanya bertemu via layar, ketujuh musisi itu sudah sangat bersyukur. RM juga sempat menyebutkan bahwa pandemi ini bukan salah ARMY maupun BTS. Tapi setidaknya berkat semua teknologi ini, konser tetap bisa terlaksana dan sedikit mengobati kerinduan BTS untuk bersama ARMY. (sam)

Baca juga:

BTS Ciptakan Pulau Khayalan Untuk ARMY

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Gamer Sejati Harus Punya Laptop dengan Grafis RTX 30
Fun
Gamer Sejati Harus Punya Laptop dengan Grafis RTX 30

Grafis ini sangat mendukung performa bermain game di laptop.

JHL Group Donasikan 2.000 Vaksin Sinovac untuk Masyarakat Tanjung Lesung
Hiburan & Gaya Hidup
JHL Group Donasikan 2.000 Vaksin Sinovac untuk Masyarakat Tanjung Lesung

Juga memberikan santunan berupa beras, camilan, dan vitamin.

Tongkrongan Digital Ubah Kebiasaan Nongkrong di Negeri Aing
Fun
Tongkrongan Digital Ubah Kebiasaan Nongkrong di Negeri Aing

Tongkrongan digital menjembatani jarak dan waktu.

Alarm Tidur Seperti Apa yang Paling Tepat?
Fun
Alarm Tidur Seperti Apa yang Paling Tepat?

Alarm bisa menentukan moodmu ketika bangun tidur.

Lebaran di Rumah Makin Asyik dengan 5 Film Ini
ShowBiz
Lebaran di Rumah Makin Asyik dengan 5 Film Ini

Cocok disaksikan bersama keluarga di rumah.

Anak Tongkrongan Mobil, Jomlo Tapi Bahagia
Fun
Anak Tongkrongan Mobil, Jomlo Tapi Bahagia

Ciri-Ciri si Jomlo bahagia di tongkrongan anak mobil.

Festival EDM Kembali Digelar di Belanda
ShowBiz
Festival EDM Kembali Digelar di Belanda

Pemerintah Belanda akhirnya kembali mengizinkan konser EDM yang diadakan di gedung musik terbesar Amsterdam, ZiggoDome.

Ajak Pindah ke Bali, Kristen Gray Dihujat
Hiburan & Gaya Hidup
Ajak Pindah ke Bali, Kristen Gray Dihujat

Langsung kena risak warganet.

Malam Pembukaan BAFTA Film Awards 2021: 'Ma Rainey' Bersinar dan Tribut untuk Pangeran Philip
Hiburan & Gaya Hidup
Malam Pembukaan BAFTA Film Awards 2021: 'Ma Rainey' Bersinar dan Tribut untuk Pangeran Philip

Malam Pembukaan BAFTA Film Awards 2021, mempersembahkan tribut bagi mendiang Pangeran Philip

3 Cara Song Joong-ki Memikat Penonton di ‘Vincenzo’
ShowBiz
3 Cara Song Joong-ki Memikat Penonton di ‘Vincenzo’

Punya sisi baik sekaligus sisi jahat.