Rekaman CCTV di Sekitar Petamburan Dibawa dan Disatukan, Polisi: Kumpulkan Alat Bukti

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 19 November 2020
Rekaman CCTV di Sekitar Petamburan Dibawa dan Disatukan, Polisi: Kumpulkan Alat Bukti
Ilusrasi. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Merahputih.com - Polda Metro Jaya masih mendalami sejumlah kegiatan Rizieq Shihab yang menimbulkan kerumunan massa di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menuturkan, ada sejumlah CCTV di lokasi tersebut tengah dikumpulkan polisi.

"Anggota terus kumpulkan alat-alat bukti lain," kata Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/11).

Baca Juga

Kasatpol PP DKI: Tidak Ada Pengamanan Khusus di Rumah Rizieq Shihab

Yusri belum merinci jumlah CCTV yang telah diamankan petugas. CCTV tersebut menjadi bahan petunjuk polisi untuk penyelidikan lebih lanjut.

Alat bukti yang dikumpulkan untuk melengkapi pemeriksaan. Setelah semua bukti lengkap, akan dilakukan gelar perkara. "Ini alat bukti yang dikumpulkan oleh para penyelidik untuk bisa melengkapi nanti," ujar Yusri.

Massa menunggu kedatangan Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat (MP/Kanugraha)

Kamera itu digunakan untuk memeriksa pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi dalam kegiatan tersebut. "Kalau semua sudah lengkap nanti kita akan lakukan gelar perkara awal apakah memang memenuhi untuk naik ke penyidikan," ujar mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat itu.

Penyidik telah memeriksa 13 saksi dalam kasus ini. Salah satunya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Selasa, 17 November 2020.

Pesta pernikahan anak Rizieq dan Maulid Nabi Muhammad SAW di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 14 November 2020, diduga melanggar protokol kesehatan.

Baca Juga

Rizieq Bisa Ajukan Praperadilan Jika Tidak Terima Kasus Hukumnya Dibuka Kembali

Acara itu ramai didatangi pengikut Rizieq. Banyak jemaah yang berkerumun, tidak menjaga jarak, dan meningkatkan potensi penyebaran COVID-19.

Sejumlah peserta juga kedapatan tidak menggunakan masker. Banyak pula peserta acara menggunakan masker tak sesuai ketentuan, seperti digunakan di bawah dagu. (Knu)

#CCTV #Rizieq Shihab
Bagikan
Bagikan