Teknologi

Reddit Rilis Fitur Video Pendek Mirip TikTok Bagi Pengguna iOS

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 16 Agustus 2021
Reddit Rilis Fitur Video Pendek Mirip TikTok Bagi Pengguna iOS
Reddit merilis fitur serupa milik aplikasi TikTok. (Foto: Unsplash/Brett Jordan)

REDDIT merilis fitur serupa milik aplikasi berbagi video TikTok pada aplikasi iOS miliknya. Jika sebelumnya terdapat Reel milik Instagram hingga Spotlight milik aplikasi Snapchat, kini giliran aplikasi Reddit yang terinspirasi dari kesuksesan aplikasi TikTok.

TechCrunch memberitakan bahwa Reddit mendesain aplikasi bagi pengguna iOS untuk dapat mengakses video dengan durasi pendek yang dapat diakses dengan mengetuk tombol di bagian pencarian yang terletak di bagian kanan atas.

Baca juga:

Reddit Akuisisi Dubsmash Aplikasi Mirip TikTok

Layaknya video pada aplikasi TikTok, aplikasi Reddit juga memungkinkan pengguna lain untuk memberikan komentar, memberikan upvote maupun downvote, ataupun membagikan video tersebut ke pengguna lain.

Pemberian upvote dan downvote berpengaruh terhadap intensitas video yang ditemukan pengguna. Jika sebuah video mendapatkan lebih banyak downvote dibandingkan upvote, maka video tersebut akan jarang atau bahkan tidak dapat terlihat oleh pengguna karena tertumpuk dengan video lainnya.

Fitur ini dapat diakses dengan mengetuk tombol di bagian pencarian yang terletak di bagian kanan atas. (Foto: TechCrunch)

Jika pengguna ingin melihat video lainnya, pengguna dapat menggulir layar ke atas. Selain itu, sama seperti penggunaan fitur Reddit pada umumnya, pengguna yang berlangganan dengan konten dari subreddit tertentu akan membuat pengguna melihat lebih sering melihat video atau konten dengan topik serupa. Peluncuran fitur ini dinilai sejalan dengan tujuan dari platform yang bergantung pada komunitas di seluruh dunia berbasis daring ini.

“Misi Reddit adalah membentuk komunitas dari seluruh dunia, oleh karena itu dengan merilis fitur ini tim Reddit mengharapkan dapat lebih banyak menampung komunitas lewat video,” ujar juru bicara Reddit kepada TechCrunch.

Baca juga:

Latvia Perkenalkan Vending Machine Tes COVID-19 Pertama di Dunia

Antarmuka pengguna (user interface) berbasis video bukanlah hal baru yang sedang diuji Reddit. Perusahaan telah bereksperimen dengan format ini selama setahun belakangan.

Tampilan platform Reddit. (Foto: Twitter @AdobeXD)


“Selama setahun terakhir, tujuan kami adalah membangun fitur pemutaran video terbaik dengan mengutamakan antarmuka pengguna sehingga nantinya fitur ini sesuai dengan apa yang diharapkan pengguna, baik pengguna lama maupun baru,” jelas juru bicara Reddit.

Fitur ini sudah mulai diluncurkan ke pengguna iOS pada Jumat 13 Agustus 2021. Sebelumnya pada akhir bulan Juli, Reddit telah memungkinkan beberapa pengguna menggunakan fitur ini dan hingga saat ini Reddit terus mengembangkan fitur ini ke hampir seluruh pengguna iOS.

Peluncuran fitur terbaru ini tak lepas dari rasa ingin tahu Reddit untuk semakin memahami konten video berdurasi pendek. Sebab pada Desember 2020 lalu, Reddit mengakuisisi perusahaan Dubsmash, yang merupakan salah satu platform pesaing TikTok. (cit)

Baca juga:

Game 'Cake Slider' Hadir di Aplikasi MRT Jakarta

#Film #Teknologi #Media Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan