Redam Polemik UAS, MUI akan Silaturahmi ke Sejumlah Tokoh Kristen Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidowi. Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menegaskan lembaganya bakal meredam segala potensi konflik yang mungkin terjadi akibat pernyataan Ustaz Abdul Somad (UAS) soal simbol salib.

Anwar mengatakan UAS adalah anggota Komisi Fatwa MUI Provinsi Riau. Ia ingin membantu mendinginkan suasana ya, dan juga cari titik temu di antara pihak yang berbeda.

Baca Juga: UAS: Apakah Saya Mesti Meminta Maaf?

UAS di MUI. Foto: MP/Kanu
UAS di MUI. Foto: MP/Kanu

"Supaya diharapkan negeri ini aman, damai, tidak gaduh,;"kata Anwar di Gedung MUI, Jakarta Pusat, Rabu (21/8).

Anwar melanjutkan, setelah menemui UAS sore ini, mereka juga bakal menemui tokoh agama lain terutama yang berasal dari agama Kristen.

"Nanti setelah pertemuan ini MUI bisa bersilaturahim berinteraksi dengan pengurus agama lain dan kita bisa mencari solusi," jelas Anwar.

Sementara, Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidowi kalau ini masuk ke ranah hukum, maka itu akan berbalas akan masuk persoalan lain yang juga masuk ke ranah hukum.

Baca Juga: Ceramah soal Salib, UAS Ingin Jaga Aqidah Umat Islam

"Karena ternyata sudah ada video viral yang lain, umat islam merasa tersinggung oleh video yang viral itu. Jadi ini tak akan selesai, nanti masuk lagi ke wilayah hukum;" imbuh Masduki yang mengenakan peci hitam ini.

Masduki menyebut, isu ini harusnya masuk ke wilayah kultural yang sifatnya antar sesama tokoh agama.

"Jadi kami tadi di dalam rpaat internal bersepakat untuk jangan sampai memanas. Karena kalau sampai memanas, kita ini baru selesai pilpres. Ketika selesai pilpres yang hangat itu kita sedang ingin menjahit dan ingin mendinginkan suasana jangan kemudian melebar lagi," papar Masduki.

UAS di MUI. Foto: MP/Kanu
UAS di MUI. Foto: MP/Kanu

Masduki berharap, siapapun yang mewakili umat tentu saja harus berhati-hati terkait dengan pembicaraan, berpidato ataupun yamg lain.

Baca Juga: Datangi MUI, UAS Bungkam

"Saya kira ini semuanya bagi peringatan kami bersama-sama. Ambil hikmahnya. Ke depan supaya kita mempersatukan umat lagi yang sempat terbelah," pungkas Masduki. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH