Musik

Red Hot Chili Peppers Lepas Katalog Musiknya ke Hipgnosis Rp1,4 Triliun

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 10 Mei 2021
Red Hot Chili Peppers Lepas Katalog Musiknya ke Hipgnosis Rp1,4 Triliun
RHCP jual katalog musiknya ke Hipgnosis. (Foto: instagram/@chillipeppers)

RED Hot Chili Peppers menyusul sebagai musisi yang menjual katalognya ke Hipgnosis Songs Fund. Sebuah perusahaan investasi IP musik yang diperdagangkan secara publik.

Dilansir dari Rolling Stone, band funk legendaris ini melepas beberapa aset berharganya sekitar US$140 juta atau sekitar Rp1,4 triliun. Transaksi tersebut juga menandai penjualan katalog terbaru dari musisi ternama dan salah satu akuisis profil tertinggi Mercuriadis hingga saat ini.

Baca juga:

Ditinggal Bassist dan Drummer, NAIF Resmi Bubar?

Band yang terbentuk pada 1982 ini, memiliki beberapa katalog lagu hit yang solid, di antaranya Californication, Can’t Stop, Under The Bridge, My Friends, By The Way, hingga Fortune Faded yang sebagian besar ditulis oleh Flea, Joh Frusciente, Anthony Kiedis dan Chad Smith.

Berita ini pertama kali dilaporkan oleh Billboard dari Music Business Worldwide. Hingga artikel ini dipublikasikan, belum jelas apakah kesepakatan penjualan katalog musik dari Red Hot Chili Peppers sudah ditutup atau tidak.

Selain itu, sumber tersebut juga mengungkapkan bahwa Mercuriadis membeli lagu-lagu dri RHCP secara kolektif. Perwakilan dari Hipgnosisi saat ini menolak berkomentar, dan pengacara RHCP Eric Greenspan juga belum angkat suara mengenai hal ini.

Baca juga:

Descendents Siap Rilis Album dengan Lineup Era Awal

Fenomena menjual putus katalog musik ini terus berlangsung. Dipelopori oleh Bob Dylan yang menjual seluruh lagu yang ditulisnya ke Universal Music Publishing seharga kurang lebih US$300 juta atau sekitar Rp4,3 triliun, serta Stevie Nicks menjual katalognya ke Primary Wave seharga US$100 juta atau sekitar Rp1 triliun.

Hipgnosis telah melakukan pembelian besar-besaran sejak 2018, dan mereka telah menaikkan harga katalog baru secara eksponensial. Hanya dalam dua minggu awal tahun ini, mereka mengakusisi setengah katalog dari Neil Young, Fleetwood Mac, Lindsey Buckingham, dan Shakira.

Kemudian hanya dalam waktu kurang dari tiga tahun, Hipgnosis telah memperoleh katalog dari pembuat film ternama, seperti Timbaland, Chrissie, Hynde, RZA dari Wi-Tang Clan, vokalis Pretenders, Blondie, Barry Manilow, Jeff Bhasker dan masih banyak lainnya.

Sementara itu, drummer Chad Smith, baru-baru ini mengonfirmasikan bahwa, RHCP tengah dalam tahap pengerjaan album baru. Kembalinya John Frusciante tentunya menjadi kunci bahwa album ini wajib di nanti. (far)

Baca juga:

Coldplay Rilis Single 'Higher Power' Jelang Album Terbaru

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan