Grammy Awards
Recording Academy Tambah Jumlah Nomine Pada 4 Nominasi Besar GRAMMY Awards 2022 Nomine bertambah jadi 10 orang. (Foto Recording Academy)

SETIAP tahunnya pengumuman nominasi GRAMMY Awards selalu dinanti. Terutama empat nominasi utama, yaitu song of the year, record of the year, album of the year, dan best new artist.

Namun, tahun ini ada sedikit kejutan istimewa. Alih-alih mengumumkan delapan nama untuk berlomba, para presenter membacakan 10 nama nomine pada masing-masing empat kategori nominasi tersebut. Boleh dibilang Grammy mengikuti jejak Oscar dan Latin GRAMMYs yang juga menambahkan jumlah nomine.

Baca Juga:

Lagi, BTS Masuk Nominasi GRAMMY Awards

CEO Academy, Harvey Mason dan Tammy Hurt selaku ketua dewan pengawas menjelaskan keputusan tersebut berdasarkan 11.000 anggota voting Academy. Menurut keduanya, penambahan nomine ini adalah cara untuk memperluas jaringan. "Memberi ruang bagi lebih banyak artis dan genre dari lanskap musik yang luas dan beragam, dan untuk merangkul semangat inklusi," jelas mereka dalam sebuah surat.

Recording Academy ingin memperluas jaringan dan menjadi lebih inklusif. (Foto: Recording Academy)

Sebelumnya, hanya ada lima nomine saja di masing-masing kategori dalam pergelaran GRAMMY tahun 1958 hingga 2017. Kemudian pihak Academy meningkatkan jumlahnya jadi delapan pada 2018. Dan kini, tiga tahun kemudian, mereka memutuskan untuk menambahkannya kembali.

Lebih lanjut, kepada Billboard Mason mengungkapkan bahwa ketentuan ini tidak terjadi begitu saja. Sebenarnya mereka sudah memikirkannya sejak lama. "Kami tidak yakin bagaimana itu akan dimainkan. Kami mulai ketika kami memiliki lima (nominasi) dan berbicara tentang memindahkannya ke 10. Kemudian kami berbicara tentang enam lalu ke delapan, tapi kami selalu berpikir bahwa 10 mungkin angka yang tepat," ujarnya.

Baca Juga:

Album yang akan Masuk dan Terlempar dari Nominasi Grammy 2022

Kilas balik pada 2009, Oscar menaikkan jumlah nomine ada kategori best picture dari lima jadi 10. Menjadi satu-satunya kategori Academy Awards yang memiliki lebih dari lima nomine. Dua tahun kemudian, Academy of Motion Picture Arts & Sciences memodifikasi peraturannya dan menggantinya jadi lima sampai 10 nominasi.

Sejak saat itu, ada delapan hingga 10 film yang mendapat anggukan. Dan kini mereka berjanji akan menetapkannya menjadi 10 mulai tahun depan. Sedangkan Latin GRAMMYs sudah menambah jumlah nomine kategori 'Big Four'-nya sejak 2012.

Setiap tahunnya entri karya yang masuk semakin banyak sehingga keputusan ini diharapkan membuka peluang yang lebih besar. (Foto: Recording Academy)

Oleh sebab itu, Mason dan Hurt merasa inilah saat yang tepat untuk ikut melakukannya. Terlebih setiap tahunnya Recording Academy menerima rekor jumlah entri. Tahun ini ada 21.730 karya yang masuk. Meningkat 17 persen dari tahun lalu.

"Ketika kami memeriksa semua poin data ini, Recording Academy merasa bahwa waktunya telah tiba untuk memperluas kategori ini dan menciptakan lebih banyak peluang bagi pencipta musik untuk diakui," ungkap Mason dan Hurt untuk mendukung keputusannya. Intinya, mereka tidak mau menunggu perubahan ini dan ingin segera melakukannya.

Tahun ini, ada 1.172 entri untuk record of the year, 1.163 lagu untuk song of the year, 837 entri album of the year, dan 463 musisi yang berlomba masuk nominasi best new artist. "Bagaimana kami menghormati semua musik yang luar biasa dan semua pencipta luar biasa berbakat ini. Kami perlu memberikan jaring yang lebih luas dan itulah mengapa kami membuat perubahan ini," tambah Mason.

Jadi, itu dia alasan di balik penambahan jumlah nominasi kategori empat besar GRAMMYs. Keputusan ini tentunya membuka peluang yang lebih besar untuk musisi, namun tentu saja persaingannya juga semakin ketat. Namun, setidaknya masuk nominasi saja sudah merupakan penghargaan luar biasa, bukan? (sam)

Baca Juga:

Kategori Khusus K-Pop Belum Direncanakan Grammy Awards

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Penelitian Terbaru: Vaksin HPV Cegah Kanker Serviks Hingga 90 Persen
Fun
Penelitian Terbaru: Vaksin HPV Cegah Kanker Serviks Hingga 90 Persen

Vaksinasi diharapkan bisa mematikan virus penyebab kanker serviks.

Lukman Sardi Ungkap Kisah Menarik Saat Bintangi Film 'Paranoia'
ShowBiz
Lukman Sardi Ungkap Kisah Menarik Saat Bintangi Film 'Paranoia'

Lukman Sardi mengungkapkan antusiasmenya ketika pertama kali menerima tawaran untuk membintangi film thiller 'Paranoia'

iQiyi Ganti Drama Thriller dengan Genre Romantis
Fun
iQiyi Ganti Drama Thriller dengan Genre Romantis

Juni dipenuhi dengan drama Asia romantis di iQiyi.

Bikin Anak Aktif di Dalam Rumah
Hiburan & Gaya Hidup
Bikin Anak Aktif di Dalam Rumah

Orangtua harus kreatif mencari cara agar buah hati bisa tetap aktif.

5 Drakor yang Tayang Juni, Mana Paling Ditunggu?
Fun
5 Drakor yang Tayang Juni, Mana Paling Ditunggu?

Cocok ditonton untuk rehat sejenak dari pekerjaan.

Rizky Febian dan Iqbaal Ramadhan Turut Meriahkan FantaSnack Show
ShowBiz
Rizky Febian dan Iqbaal Ramadhan Turut Meriahkan FantaSnack Show

Deretan artis ternama dari mulai Rizky Febian, Iqbaal Ramadhan, Ochi Rosdiana, Dinda Hauw, Rey Mbayang, Billy Syahputra, hingga Amanda Manopo turut memeriahkan FantaSnackShow

Nike dan Adidas Keluarkan Koleksi Keren Bertemakan Marvel
Fashion
Nike dan Adidas Keluarkan Koleksi Keren Bertemakan Marvel

Dalam rangka memberikan penghargaan ke Superhero Marvel.

Fortnite x Naruto Bukan Hanya Soal Skin Saja
Fun
Fortnite x Naruto Bukan Hanya Soal Skin Saja

Para gamer sudah bisa merasakan bermain menggunakan karakter anime yang ditulis oleh Masashi Kishimoto itu.

Justin Bieber Mendadak Rilis Album Baru
ShowBiz
Justin Bieber Mendadak Rilis Album Baru

Para penggemar dan musisi lainnya menanggapi dengan baik album baru.

The Weeknd Tetap Kekeh Boikot Grammy
ShowBiz
The Weeknd Tetap Kekeh Boikot Grammy

The Weeknd tetap bulat pada keputusan awalnya memboikot penghargaan musik yang telah berjalan selama 63 tahun tersebut.