Recharge Energi Setelah Hangover

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Kamis, 15 Desember 2022
Recharge Energi Setelah Hangover
Hangover bisa terjadi apabila kamu mengonsumsi alkohol tidak tahu batas. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

ALKOHOL jahat, tapi enak. Kira-kira begitu menurut lirik lagu "Alkohol" karya Sisitipsi. Bagi para pemabuk dan penggemar alkohol, itu memang benar adanya. Sebagian lagi sekadar coba-coba atau minum sesekali untuk menghilangkan penat dan stres setelah lelah beraktivitas.

Sedikit alkohol, membuatmu tetap hidup. Namun, kebanyakan alkohol bisa berdampak buruk bagi kelangsungan hidupnya. Tahap kebanyakan minum alkohol disebut hangover alias rasa sakit setelah mabuk.

Hangover adalah efek samping dari imun tubuh yang kewalahan mengantisipasi banyaknya kadar alkohol yang masuk ke tubuh. Biasanya ini bisa berlangsung cukup lama. Bergantung seberapa banyak kadar alkohol yang dikonsumsi.

Namun, tidak perlu begitu khawatir, agar tubuh menjadi lebih enak, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk kembali me-recharge energi setelah hangover. Apa saja, ya? Yuk, kita simak.

Baca juga:

Cara Recharge Kesehatan Kulit yang Terbakar atau Sunburn

hangover
Ketika hangover, ada baiknya beristirahat yang cukup. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)


1. Istirahat yang Banyak


Ketika sedang hangover, kamu perlu beristirahat dengan cukup. Seperti tidur selama 7-8 jam. Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk melanjutkan aktivitasmu. Apalagi sampai melakukan hal-hal yang berat. Ini bisa membahayakan dirimu dan bikin hangover lebih lama hilang.


2. Konsumsi Air Putih

Usai mengonsumsi alkohol, pasti kamu akan merasa ingin buang air kecil terus-terusan. Ini karena alkohol bisa menghambat pelepasan vasopresin, hormon yang bekerja pada ginjal untuk mengendalikan caran dalam tubuh di mana ia juga mempunyai antidiuretik (obat penghambat pembentukan air seni) nyata.

Dengan mengonsumsi air putih, kamu juga bisa mengurangi beberapa efek buruk. Seperti sakit kepala, mual-mual, dan badan tidak enak. Saat hangover, kamu juga cenderung muntah dan berkeringat yang bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk mencegah hal tersebut, perbanyak konsumsi air putih.

Baca juga:

Recharge Destinasi Wisata Korea Selatan untuk Libur Akhir Tahun

hangover
Perbanyak mengonsumsi air putih agar sisa alkohol di tubuh bisa cepat terbuang. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)


3. Perbanyak Karbohidrat


Mengonsumsi alkohol sebenarnya bisa menurunkan kadar gula darah loh. Secara teori, rasa lemas dan sakit kepala saat hangover kemungkinan berasal dari otak yang terus-menerus bekerja tanpa adanya asupan yang cukup pada tubuh. Dengan begitu, untuk membantu menghilangkan hangover, kamu bisa mengonsumsi karbohidrat seperti roti, nasi, dan sebagainya. Pokoknya asupan yang bisa meningkatkan gula darah.


4. Minum Pereda Nyeri


Selagi hangover, kamu pasti cenderung mengalami sakit kepala dan mual-mual, kan? Dengan begitu, ada baiknya mengonsumsi obat pereda nyeri yang sesuai dengan keluhanmu. Seperti aspirin, ibuprofen, dan obat antiinflamasi nonsteroid yang bisa membantu mengatasi sakit kepala dan rasa pegal pada tubuh secara keseluruhan. (yos)

Baca juga:

Recharge Kesehatan Tubuh dengan Nonton Film Horor

#Desember Charger Warga +62
Bagikan
Bagikan