Reaksi PKS Nama Adhyaksa Dault Diusulkan Jadi Wagub DKI Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS Suhaimi. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku ada usulan figur lain seperti mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault dan politikus PKS Nurmansjah Lubis menjadi kandidat calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Meski dua nama itu sempat muncul di internal PKS, namun Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS Suhaimi mengatakan, sampai kini Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto masih merupakan dua nama calon DKI 2 yang diusung oleh partai.

Baca Juga:

Sekda Saefullah Dianggap Cuma Pemanis Bursa Wagub DKI

"Kita pedomannya surat resmi. Belum ada dari DPP yang mengganti dua nama itu," kata Suhaimi di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).

Salah satu kandidat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Ahmad Syaikhu (kanan) menyampaikan orasi saat Deklarasi Akbar Bekasi Raya, di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (24/3/2019). Deklarasi dihadiri ribuan pendukung pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sekaligus pembentukkan Poros Mekkah Bekasi Raya yang dipimpin langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Taqwa, KH. Abdul Hadi. (ANTARA FOTO/Suwandy)
Salah satu kandidat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Ahmad Syaikhu (kanan) menyampaikan orasi saat Deklarasi Akbar Bekasi Raya, di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (24/3/2019). (ANTARA FOTO/Suwandy)

Pasalnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS hingga saat ini belum menerbitkan surat resmi terkait pergantian dua nama cawagub yang akan diusung oleh PKS.

"Secara formal itu belum diganti. Artinya di fraksi atau DPW belum ada pergantian dua nama itu sampai detik ini loh ya saya bilang," ujarnya.

Suhaimi juga tak masalah banyak usulan nama Wakil Gubernur DKI, termasuk nama dari Gerindra. Terpenting, kesepakatan awal dengan Partai Gerindra tak berubah.

Sebelumnya, Gerindra secara mendadak mengusulkan empat nama penggati Sandiaga Uno di kursi Wagub DKI. Keempat figur itu adalah Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah, Dewan Penasihat DPP Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono, dan Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Riza Patria.

"(Harapannya) ada wakil gubernur dari PKS," papar Suhaimi.

Suhaimi pun berharap, posisi Wagub DKI dapat segera terisi sebelum pergantian tahun.

"Kami berharap proses (pemilihan Wagub) harus jalan dan mudah-mudahan akhir tahun ini sudah ada Wagub yang baru. Harapan PKS ada Wagub dari PKS," tutupnya.

Baca Juga:

Anies Heran Nama Cawagub DKI Tambah Terus

Nama Adhyaksa Dault dan Nurmansyah Lubis sempat mencuat setelah Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa PKS sempat mengirimkan surat kepada partainya untuk mengubah nama cawagub yang telah diusung ke DPRD DKI.

Adhyaksa Dault saat bersama anggota pramuka. (Adhyaksadault.info)
Adhyaksa Dault saat bersama anggota pramuka. (Adhyaksadault.info)

Karenanya dua nama yang sudah diusung, yaitu Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto tidak menunjukan perkembangan positif dalam perjalanannya. Akibatnya, pemilihan pengganti wakil gubernur mandek di dewan.

Dasco menjelaskan, pada Agustus 2019 lalu PKS mengirim surat kepada Gerindra. Dalam surat itu PKS mengajak Gerindra mengganti nama-nama calon Wagub yang telah diusung.

Namun kemudian, surat itu ditarik kembali oleh PKS.

"PKS juga telah mengirim surat kepada Partai Gerindra dengan mengajak Partai Gerindra sebagai pengusung untuk mengganti nama calon pengganti wagub dengan dua nama, yaitu Saudara Adhyaksa Dault dan Nurmansyah Lubis," ucap Sufmi Dasco, Minggu (10/11) lalu. (Asp)

Baca Juga:

Tidak Ada Wagub, Beban Kerja Sekda DKI Bertambah


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH