Reaksi Otak Ketika Melancong Sungguh Mengejutkan Traveling memicu kerja otak. (Foto: Pexels/Belle Co)

TAK ada yang tak setuju bila berwisata membuat orang merasakan kegembiraan. Entah sekadar menggelar tikar di tepi danau, berjalan kaki mengelilingi obyek wisata atau bermain air di pantai. Kegembiraan ini dirasakan di sekujur tubuh bahkan otak ikut merasakannya.

Dari laman lifehack menuliskan pendapat ahli syaraf, Paul Nussbaum dari University of Pittsburgh, bahwa berwisata dapat menstimulasi otak dan mendorong pertumbuhan simpul-simpul baru di cerebral. Segala aktivitas selama berwisata merupakan pengalaman baru bagi otak dan menjadi perkembangan baru bagi dendrit yakni cabang-cabang sel-sel syaraf di otak.

traveling
Aktivitas pada traveling memicu kerja otak. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Jadi dendrit ini saling berhubungan untuk menerima sinyal-sinyal yang masuk dari pengalaman-pengalaman baru. Fungsi dendrit memfasilitasi transmisi informasi pada bagian-bagian otak di kepala. Jadi semakin baik fungsi dendrit maka semakin baik performa otak kamu. Jelas ini dapat mendorong fungsi kognitif seperti ingatan dan atensi menjadi lebih baik lagi.

Nussbaum mengatakan bahwa otak akan ‘dipaksa’ bekerja ketika seseorang datang ke tempat baru. Ini akan memicu produksi dari dendrit itu. Apapun yang menjadi pengalaman pelancong akan diterima dengan baik oleh otak. Baik itu traveling berjalan baik atau terkendala. Semuanya akan diproses oleh otak untuk menemukan solusinya. Alhasil kamu memiliki kemampuan menyelesaikan masalah jauh lebih baik lagi.

traveling
Otak akan memproses semua informasi baru dari kegiatan pelancongan. (Foto: Pexels/Nandhu Kumar)

Tapi jangan berkecil hati buat kamu yang belum memiliki kesempatan untuk melancong. Kamu enggak lantas jadi ‘lemot’ kok. Unrtuk dapat menstimulasi otak, kamu hanya butuh keluar dari rutinitas saja. Otak akan memproses perspektif baru yang kamu lakukan. Misalnya kalau rutinitas harian kamu mengendarai kendaraan pribadi. Bolehlah sesekali naik angkutan umum. Otak akan memproses kegiatan baru ini. Bahkan hanya dengan mengubah rute perjalanan ke kantor mampu menstimulasi otak kok! Membaca adalah kegiatan yang paling mudah untuk dapat menstimulasi ini. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH