Reaksi Pembalap Top WSBK Setelah Pertama Kali Jajal Mandalika Marshal mendorong motor pembalap saat sesi latihan bebas pertama (Free Practice) balapan World Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecama

MerahPutih.com - Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah seri terakhir World Superbike (WSBK) Indonesia 2021, sekaligus penentuan gelar juara dunia antara Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha) dengan Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team). Kedua pembalap memiliki selisih 30 poin.

Diprediksi balapan akan berjalan seru, lantaran semua rider WSBK belum memiliki data informasi perihal karakteristik trek. Namun, peta persaingan mulai dapat terbaca setelah sesi Latihan Bebas (FP) 1 & 2. Masing-masing kandidat juara dan beberapa pembalap top WSBK mengungkapkan kesannya setelah pertama kali menjajal sirkut balap termegah di Indonesia itu.

Baca Juga:

Aturan Penonton World Superbike, dari Larangan Bawa Payung sampai Jangan Ambil Video

Puncak klasemen saat ini, Toprak tampak mampu beradaptasi dengan cepat di Mandalika. Saat sesi FP1, Toprak tampil tercepat dengan catatan waktu 1:34,985 detik.

“Jumat kami mampu tampil dengan cepat. Hari ini saya juga mendapatkan feeling yang baik dan saya suka dengan trek ini. Sangat fun untuk berkendara di sini. Saya juga senang balapan seri terakhir di Indonesia karena negara muslim ini membuat rasanya balapan seperti di kampung halaman. Sekarang saya merasa siap untuk balapan. Kami harus terus improve dan melawan para rival. Pasalnya, semuanya juga tampil cepat. Kami akan melakukan yang terbaik untuk balapan besok,” ungkap Toprak Razgatlioglu.

Toprak
Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha), peringkat pertama klasemen sementara WSBK. (ANT)

Diikuti Alex Lowes (KRT) dengan 1:36,529 detik dan Garret Gerloff (GRT Yamaha) dengan 1:36,585 detik. Sayangnya, rival terberatnya Rea hanya mampu finis di posisi ke-11 dengan raihan waktu 1:37,386 detik.

Saat sesi FP2 Toprak kembali menjadi yang tercepat dengan raihan waktu 1:34,230 detik. Tetapi, kali ini Rea mampu memberi perlawanan dan berhasil menempati posisi ke-2 dengan raihan 1:34,404 detik. Posisi ke-3 diisi oleh Gerloff dengan 1:34,455 detik. Selain catatan waktu, top speed yang tercetak selama dua sesi Latihan bebas ini, Toprak mampu melesat hingga 164,6 kpj dan Rea 164,3 kpj.

“Trek ini sangatlah baik dengan layout yang saya suka. Tetapi, trek ini agak sedikit kotor terutama bagian off line. Saat sesi FP2, kami bisa tampil lebih cepat dari FP1. Pada tikungan terakhir mengingatkan saya di Sirkuit Termas, Argentina. Tikungan 1 seperti Donington, dan tikungan dua ke tiga seperti tikungan 1 dan 2 di Misano tetapi lebih kecil. Kami harus improve lagi di beberapa sector agar bisa tampil lebih baik saat balapan,” ungkap Jonathan Rea.

Para pembalap dari pabrikan Italia Ducati, Scott Redding bisa tampil kompetitif di FP1 dengan menduduki posisi ke-4 dengan raihan waktu 1:36,820 detik. Saat sesi FP2, dirinya mampu mencetak waktu lebih cepat yakni 1:34,579 detik tetapi menduduki posisi ke-5.

Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team), peringkat kedua klasemen sementara WSBK. (ANT)

“Saya puas apa yang kami lakukan hari ini. Impresi pertama saya tentang sirkuit ini sangatlah positif walaupun ada beberapa bagian yang sedikit kotor pagi ini. Tetapi, hal itu sangatlah normal mengingat ini adalah sirkuit baru. Kami tampil secepat mungkin untuk menjaga ritme balap dan memilih ban yang cocok untuk mengejar target waktu,” ungkap Scott Redding.

Tidak hanya itu, kali ini Honda mampu tampil cukup kompetitif. Alvaro Bautista mampu menggeber Honda CBR1000 RR-R di sesi FP1 dengan menempati posisi ke-6 dengan waktu 1:37,084 detik. Saat sesi FP2, Bautista mampu mempertajam catatan waktu menjadi 1:34,460 detik dengan menempati posisi ke-4.

“Balapan di Mandalika sangatlah menyenangkan. Trek ini memiliki banyak keunikan dengan titik pengereman dan tikungan cepat. Di sana ada beberapa titik yang saya tidak mampu mencetak waktu cepat. Pagi ini (Jumat) kami memiliki grip yang sedikit, terutama di tikungan pertama. Tetapi, kami mampu memperbaikinya di sesi FP2. Kami juga mengubah sedikit di bagian transmisi dan memberikan dampak yang positif,” ungkap Alvaro Bautista. (*)

Baca Juga:

Tingkat Hunian Hotel di Lombok Naik 100 Persen Jelang World Superbike Mandalika

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Indonesia Imbangi Thailand, Ketum PSSI: Modal Bagus Lawan Vietnam dan UEA
Olahraga
Indonesia Imbangi Thailand, Ketum PSSI: Modal Bagus Lawan Vietnam dan UEA

“Tentu hasil ini harus kita syukuri. Pemain timnas Indonesia yang didominasi pemain-muda mampu bermain dengan penuh semangat dan ini modal bagus untuk menghadapi laga selanjutnya melawan Vietnam dan Uni Emirat Arab," ucap Iriawan

Satu Tahun Tidak Bertarung, Comeback dan Senyum Minions Yang Sesaat
Olahraga
Satu Tahun Tidak Bertarung, Comeback dan Senyum Minions Yang Sesaat

Sebelumnya, Kevin/Marcus dijadwalkan tampil di German Open 2021. Namun, ajang tersebut dibatalkan sehingga Minions tak bisa pemanasan sebelum All England.

Persis Solo Resmi Rekrut Irfan Bachdim
Olahraga
Persis Solo Resmi Rekrut Irfan Bachdim

Persis Solo tampaknya tak mau berlama-lama kecewa dengan hasil 1-1 lawan PSG Pati pada laga lanjutan putaran kedua Liga 2.

D'Greenfield Ramadan  Cup 2021 Jadi Pilot Project Ajang Kreativitas Warga Tangsel
Olahraga
D'Greenfield Ramadan Cup 2021 Jadi Pilot Project Ajang Kreativitas Warga Tangsel

Kegiatan yang berlangsung Jumat (23/3) malam ini berjalan dengan protokol kesehatan ketat

Lapangan Latih JIS Diresmikan, Dirut Persija: Pak Anies Tepati Janji
Olahraga
Lapangan Latih JIS Diresmikan, Dirut Persija: Pak Anies Tepati Janji

"Luar biasa keinginan Gubernur benar-benar tercapai pagi ini, Senin (28/12), dua lapangan latihan tersebut diresmikan secara virtual oleh beliau,” ujar Ferry

Tanpa Valentino Rossi, Ini Daftar Susunan Pebalap MotoGP 2022
Olahraga
Tanpa Valentino Rossi, Ini Daftar Susunan Pebalap MotoGP 2022

MotoGP 2020 dipastikan tanpa kehadiran Valentino Rossi. Pebalap Italia itu memutuskan pensiun dari ajang balap motor bergengsi pada akhir pekan kemarin.

Harapan Anies di HUT ke-93 Persija Jakarta
Olahraga
Harapan Anies di HUT ke-93 Persija Jakarta

Salah satunya datang dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Orang nomor satu di ibu kota itu harap Persija terus berbenah dan berinovasi sehingga dapat mencapai hasil maksimal dalam setiap kompetisi yang diikuti.

Dewa United FC Juara Grup B dan Segel Satu Tiket 8 Besar
Olahraga
Dewa United FC Juara Grup B dan Segel Satu Tiket 8 Besar

Kemenangan 3-1 atas Badak Lampung pada pekan kedelapan Liga 2 2021/2022 memastikan Dewa United FC keluar sebagai juara Grup B dan menyegel satu tiket delapan besar.

Pembukaan Olimpiade Tokyo: Tanpa Penonton di Dalam, Riuh di Luar
Olahraga
Pembukaan Olimpiade Tokyo: Tanpa Penonton di Dalam, Riuh di Luar

Di luar stasiun kereta Sendagaya dekat Stadion Tokyo, belasan pengunjuk rasa menggelar demonstrasi kecil menentang Olimpiade

Hasil Liga-liga Eropa: Juventus, AC Milan dan Liverpool Tersungkur
Olahraga
Hasil Liga-liga Eropa: Juventus, AC Milan dan Liverpool Tersungkur

Sejumlah pertandingan menarik tersaji dalam lanjutan liga-liga Eropa yang digelar sejak Sabtu (13/2) malam hingga Minggu (14/2) dini hari WIB.