RDP KPK Dan Komisi III Dijadwal Ulang

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Kamis, 07 September 2017
RDP KPK Dan Komisi III Dijadwal Ulang
Gedung DPR/MPR Jakarta (Foto: bnpt.go.id)

MerahPutih.com - Rapat internal Komisi III DPR memutuskan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan pada Senin (11/9) pukul 15.00 WIB. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa.

"Hasil komunikasi sekretariat Komisi III dikasih tahu bahwa KPK akan datang ke Komisi III DPR pada Senin pukul 15.00 WIB. Senin pagi Jaksa Agung, sore dengan KPK," katanya usai Rapat Internal Komisi III DPR, di Gedung Nusantara II, Jakarta, Rabu (6/9).

Dia menjelaskan jadwal rapat tersebut merupakan hasil rapat pimpinan KPK setelah mengirimkan surat penundaan karena tidak bisa hadir dalam RDP pada hari ini. Selain itu, pihak KPK juga tidak menentukan tanggal pengganti RDP ketika meminta rapat ditunda.

"KPK sampai hari ini minta tunda tapi tidak menyebutkan tanggal," ujarnya.

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengatakan, seharusnya KPK bisa lebih menghormati institusi DPR terkait undangan RDP yang telah dijadwalkan Komisi III DPR.

Menurut dia, kalau alasan pembatalan RDP karena dipanggil Presiden, Komisi III DPR masih bisa memahaminya namun alasannya ada kegiatan sudah terjadwal, seharusnya dibatalkan.

"Pernah RDP Komisi III DPR dengan Kejaksaan Agung pada pagi hari namun Jaksa Agung ada acara yang tidak bisa ditinggalkan sehingga dijadwal ulang pada sore hari. Itu maknanya saling menghormati," katanya.

Dia mempertanyakan apakah rasa hormat Pimpinan KPK kepada institusi DPR masih ada atau tidak pasca tidak bisa menghadiri RDP yang sudah terjadwal tersebut.

Menurut dia seharusnya Pimpinan KPK menghormati DPR sebagai institusi sehingga ketika diminta hadir maka harus memenuhi panggilan tersebut.

"Secara kelembagaan harus dihormati lembaganya, bukan orang per-orang," katanya.

Sebelumnya Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan RDP antara Komisi III dengan KPK diskorsing hingga Kamis (7/9) pukul 10.00 WIB. Dia mengatakan rapat terpaksa ditunda karena sebagian pimpinan KPK sedang bertugas di luar Jakarta.(*)

Sumber: ANTARA

#DPR #DPR RI #Komisi III DPR #KPK # Desmond J. Mahesa
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan