WSBK 2022

Razgatlioglu Menangi Race 1 WSBK Mandalika, Bautista Makin Dekat ke Titel

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 13 November 2022
Razgatlioglu Menangi Race 1 WSBK Mandalika, Bautista Makin Dekat ke Titel
Razgatlioglu dominasi balapan pertama di WSBK Indonesia 2022. (Foto: WorldSBK)

RAZGATLIOGLU mendominasi balapan pertama di WSBK Mandalika. Ia mendominasi dari awal hingga akhir, membuatnya mencatatkan kemenangan ke-12 musim ini. Ia menjaga harapan mempertahankan gelarnya tetap hidup setelah membangun jarak selisih 4,3 detik dari pembalap Ducati Alvaro Bautista.

Ini berarti Bautista memimpin 77 poin dalam dua balapan hari Minggu, dengan hanya 99 poin tersisa. Pada awalnya, Razgatlioglu dan rekan setimnya Andrea Locatelli membentuk Yamaha, 1-2 di depan saat Bautista melompat dua tangga dari urutan kelima. Ia menyingkirkan pembalap Kawasaki Racing, Jonathan Rea.

Juara dunia WSBK enam kali itu kemudian mampu merebut kembali posisi ketiga, lalu mengambil posisi kedua dari Locatelli pada lap 2. Ia pun mendekati pemimpin rombongan, Razgatlioglu.

Baca juga:

Michael van der Mark, Pembalap WSBK Berdarah Belanda-Ambon

Alvaro Bautista amankan podium kedua. (Foto: WorldSBK)

Tetapi terlihat jelas bahwa Rea tidak memiliki kecepatan untuk bertarung dengan pembalap Turki yang lekas melarikan diri itu. Sang pembalap Irlandia Utara harus segera mengalihkan perhatiannya untuk melindungi posisi kedua dari Bautista, yang tidak butuh waktu lama untuk melewati Locatelli di P3.

Bautista menyalip ke bagian dalam jalur Rea di Tikungan 15-16 yang panjang pada lap 9. Namun, pada tahap ini, Razgatlioglu telah lolos dengan selisih tiga detik di depan. Juara bertahan WSBK itu sedikit takut pada lap ke-13 saat ia melebar, memungkinkan Bautista untuk mendekat hanya dalam waktu satu detik.

Ia segera menata mental dan mulai membangun kembali keunggulannya. Pada akhirnya, Razgatlioglu tidak pernah terancam secara serius dalam perjalanannya menuju bendera kotak-kotak. Di belakang Bautista, ada Rea di urutan ketiga, hasil yang secara resmi membuatnya otomatis gugur dari persaingan juara dunia.

Baca juga:

WSBK 2022 Gunakan Sistem Konsensi MotoGP

Meski amankan podium ketiga, Rea keluar dari perebutan gelar juara dunia. (Foto: WorldSBK)

Locatelli sempat disalip di bagian akhir dalam perebutan posisi keempat oleh pembalap kedua Ducati, Michael Ruben Rinaldi. Tetapi pada lap ke-17, rider Italia melebar, memungkinkan kompatriotnya kembali melewatinya untuk mencetak finis terbaik sejak putaran Estoril pada Mei lalu.

Pertarungan sengit untuk memperebutkan posisi keenam akhirnya dimenangi Xavi Vierge, satu-satunya perwakilan pabrikan Honda karena absennya Iker Lecuona, yang tidak bisa balapan setelah mengalami cedera dalam kecelakaan pada latihan Jumat.

Siang ini, pekan balap WSBK Indonesia akan dilanjutkan dengan balapan kedua yang akan digelar pada pukul 12.30 WIB. (waf)

Baca juga:

1.500 Aparat Keamanan Jaga Ketat WSBK di Mandalika

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan