Olimpiade Tokyo 2020

Rayssa Leal, Skateboarder Cilik Pemenang Medali Perak di Olimpiade Tokyo

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 29 Juli 2021
Rayssa Leal, Skateboarder Cilik Pemenang Medali Perak di Olimpiade Tokyo
Rayssa Leal sempat viral di Vine sebelum memenangkan medali di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Twitter/@Olympics)

SEBAGIAN orang mungkin mengetahui nama Rayssa Leal ketika videonya viral di Vine. Video yang menampilkan aksi skateboarder cilik, melopat dengan pakaian ala peri berwarna biru lengkap dengan sayap.

Berselang beberapa tahun, siapa yang mengira skateboarder cilik itu muncul di Olimpiade Tokyo 2020? Bahkan di usianya yang masih 13 tahun, Leal berhasil memenangkan medali perak untuk cabang olahraga Street Skating.

Nama Leal disebut di cicitan Twitter akun resmi Olimpiade. Unggahan tersebut berupa meme 'how it started, how its going', menunjukkan foto Leal sewaktu masih berusia 8 tahun dan saat ia memenangkan medali perak di Olimpiade Tokyo 2020.

Rayssa Leal, Skateboarder Cilik Pemenang Medali Perak di Olimpiade Tokyo
Leal 8 tahun dan saat mengikuti Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Twitter/@Olympics)

Dalam video yang diunggah di Vine pada 2015, terlihat bagaimana Leal gagal berkali-kali untuk melakukan sebuah trik skateboard. Hingga akhirnya ia berhasil setelah beberapa kali percobaan.

View this post on Instagram

A post shared by Rayssa Leal (@rayssalealsk8)

Melansir laman The Verge, sejak saat itu namanya mulai dikenal. Mulai dari egara asalnya Brazil, kemudian pada kejuaraan dunia di AS, hingga akhirnya ia sampai di Olimpiade Tokyo.

Ia memenangkan medali perak di belakang Momiji Nishiya, skateboarder asal Jepang yang sebaya dengan Leal. Nishiya menjadi pemecah rekor peraih medali termuda untuk Jepang dan menjadi salah satu yang termuda dalam sejarah Olimpiade.

Ketika ditanya soal kemenangannya di Olimpiade Leal menjawab, "aku tidak mau memiliki tanggung jawab. Aku ingin terus menjadi gadis kecil bersemangat untuk Brazil."

Meski gagal menjadi yang terbaik, Leal tetap menjadi anak yang periang. Bahkan, ia turut gembira dan memberikan pelukan hangat untuk Momoji Nishiya yang berhasil memenangakn medali emas. Di usia mereka yang masih muda, mereka sudah membuktikan kemampuan, keberaniannya, dan sportivitas untuk seluruh dunia lewat Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga:

Momen Fashion Terbaik di Olimpiade Tokyo 2020

Kecintaan Leal dengan skateboard sudah melekat dalam dirinya. Lewat unggahannya di Instagram, ia menunjukan bakatnya saat bermain skateboard di bawah terik matahari.

Terlihat dalam beberapa foto unggahannya saat ia berdiri di atas podium sebari menerima piala maupun medali di kompentisi STU OPEN 2018, SLS London 2019, STU 2019, STU 2020, dan unggahan ketika memenangkan medali perak di Olimpiade Tokyo 2020.

View this post on Instagram

A post shared by Rayssa Leal (@rayssalealsk8)

"Kita membuat sejarah (Brazil), atu tidak tahu cara menjelaskannya, tetapi aku mengalaminya. Aku hanya tau cara berterima kasih, terima kasih Tuhan, terima kasih keluarga, teman, @cbskskate, dan untuk semua yang sudah banyak mendukung ku," tulisnya dalam sebuah unggahan. (Cil)

Baca juga:

Karakter Samurai Ala Negara Partisipan Olimpiade Tokyo 2020

#Skateboard #Olimpiade Tokyo #Olahraga
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan