Kesehatan Mental

Rayakan Valentine dengan Mencintai Diri Sendiri

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 14 Februari 2022
Rayakan Valentine dengan Mencintai Diri Sendiri
Tugas pertama dan terpenting adalah belajar mencintai diri sendiri. (Foto: freepik/wayhomestudio)

BAGI sebagian orang, Hari Valentine memunculkan gambar Cupid dengan panah, cokelat mewah dalam kotak merah yang bagus, dan banyak mawar merah yang indah. Bagi banyak orang lain, hari itu didekati dengan ketakutan.

Hari Valentine dapat menjadi pengingat bahwa kamu belum menemukan orang yang tepat, atau bahwa orang yang bersamamu tidak sesuai dengan standar atau, lebih buruk lagi, membuat hidupmu sengsara.

"Ini bisa jadi karena kamu memiliki gagasan dalam mencintai orang lain secara terbalik. Sulit untuk mencintai orang lain ketika kamu sebenarnya tidak terlalu peduli pada diri sendiri," tulis Beverly D. Flaxington dari Suffolk University, AS dalam Psychology Today.

Bagi banyak orang, aspek yang paling menarik dari suatu hubungan adalah bahwa orang lain 'melengkapinya'. Orang itu membuat mereka merasa 'utuh'. "Mengapa menggunakan bahasa seperti ini? Bukankah kamu manusia seutuhnya meskipun tidak ada orang lain yang membantu?" Flaxington menekankan.

"Kamu dapat belajar banyak tentang dirimu dalam interaksi dengan orang lain. Faktanya, ketika kamu tetap terbuka, jika kamu mau belajar, pelajaran terbaik datang dari melihat dirimu sendiri bagaimana orang lain melihat kamu," dia menambahkan. Mendengarkan, belajar, dan tumbuh adalah semua aspek dari hubungan yang sehat.

Baca juga:

Cantika Abigail: Self Love itu Seperti Roller Coaster

Rayakan Valentine dengan Mencintai Diri Sendiri
Pada hari Valentine ini, terapkan kebutuhan dan keinginan itu untuk menjadi utuh apa adanya. (Foto: freepik/wayhomestudio)

Untuk menjalin hubungan dengan orang lain, atau bahagia dari hubungan dengan orang lain, menurutnya, tugas pertama dan terpenting adalah belajar mencintai diri sendiri. Ini adalah perjalanan seumur hidup bagi banyak orang dan bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Banyak orang dibesarkan untuk merasa bahwa mereka tidak cukup atau merasa bersalah tentang siapa mereka dan apa yang mereka lakukan. Banyak yang telah diberitahu oleh guru, orangtua, teman, atau atasan bahwa mereka tidak memenuhi syarat dan mereka kurang dalam beberapa hal. Pesan-pesan ini dapat menjadi terinternalisasi dan diyakini, dan sisa hidup seseorang dapat menjadi tentang mencoba untuk mengimbangi dan menjadi "utuh".

Baca juga:

4 Hal Penting untuk Mulai Self Love

Bagaimana cara membangun rasa cinta diri sendiri?

Rayakan Valentine dengan Mencintai Diri Sendiri
Mencintai diri sendiri itu tidak mudah, proses penyesuaian dan permulaan sepanjang hidup. (Foto: freepik/wayhomestudio)

Daripada menghabiskan Februari ini untuk mencoba menemukan keutuhan diri pada orang lain, terapkan kebutuhan dan keinginan itu untuk menjadi utuh apa adanya. Beri dirimu waktu istirahat, dan ingatlah bahwa pandanganmu saat ini tentang diri sendiri merupakan hasil dari sebuah proses bertahun-tahun, puluhan tahun, seumur hidup. Kamu harus mulai dari suatu tempat, jadi mulailah dari langkah-langkah yang disarankan Flaxington.

Jadilah teman bagi dirimu sendiri. Bayangkan kamu adalah teman terbaikmu sendiri. Kamu akan terbantu dengan membayangkan sahabat "asli"-mu yang sebenarnya. Dengarkan suaranya, kamu memikirkan kata-kata yang akan dia katakan kepadamu, dan kamu memberi diri dorongan yang sama seperti yang ditawarkan.

Ingat, setiap manusia sedang berusaha, termasuk kamu. Ingatkan dirimu sesering mungkin bahwa kamu adalah manusia. Kamu sedang dalam proses, fokuslah pada bagian yang 'sedang berlangsung'.

Buatlah daftar kelebihan, bakat, kontribusi, kabar baik, dan hal lain yang membuatmu bahagia. Baca daftarnya beberapa kali sehari. Bacalah dengan lantang seolah-olah kamu sedang berbagi kabar baik dengan orang lain, dan bacalah dengan antusias dan gembira.

Jangan menyalahkan diri sendiri karena dosa masa lalu. Ketahuilah bahwa kamu melakukan kesalahan dan belajarlah darinya. Jika kamu perlu meminta maaf, lakukanlah, lalu lupakan. Merenung tidak mengubah apa pun. Belajar. Mengubah. Setiap menit setiap hari memberi diri awal yang baru.

Pisahkan mencintai diri sendiri dari ego tentang betapa hebatnya kamu. Mencintai diri sendiri tidak berarti berpura-pura semua yang kamu lakukan sempurna. Faktanya, mencintai diri sendiri adalah persimpangan sempurna antara kepercayaan diri dengan kerendahan hati. Manusia semua benar-benar setara. Tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk.

Hapus penghujatan diri yang negatif dari kosakatamu. Berhentilah berpikir, “Saya tidak bisa?”; “Kenapa saya tidak mampu?”; "Saya tidak mampu", dll. Jika kamu ingin melakukan sesuatu, kamu bisa, dengan usaha dan fokus. Jika kamu tidak ingin melakukan sesuatu, jangan lakukan.

Buang gosip. Itu semua sia-sia. Orang-orang melakukannya untuk menarik perhatian pada diri mereka sendiri dengan meruntuhkan orang lain. Ini benar-benar mengurangi orang yang melakukannya. Hentikan.

Sejauh yang kamu bisa, berbahagialah. Sulit untuk mencintai seseorang yang tidak ramah, selalu mengeluh dan berpikiran negatif sepanjang waktu. Ini berlaku untuk orang lain di sekitarmu, dan itu juga berlaku untukmu. Jika kamu tidak dapat melihat yang baik, percaya pada yang baik, dan fokus pada yang baik, akan sulit untuk menemukan dirimu sendiri.

Mencintai diri sendiri itu tidak mudah. Ini adalah proses penyesuaian dan permulaan sepanjang hidup. Kamu bisa memulainya di hari Valentine ini. Ucapkan selamat Valentine untuk dirimu sendiri! (aru)

Baca juga:

Jangan Tunda Self Love Jalani Hidup Sehat

#Kesehatan Mental #Valentine #Hari Valentine
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan