Rayakan Ulang Tahun Ringgo Starr, Dengerin nih 4 Karya Solo Terbaik Personel The Beatles Karya solo mereka juga tidak kalah memukau lo. (Foto- Business Insider)

TIDAK hanya dalam formasi band, para personil The Beatles yang terdiri dari Paul McCartney, John Lennon, George Harrison, dan Ringo Starr juga memiliki karya solo yang memukau. Pada era 70-an, keempat personil ini memiliki hits yang tidak kalah menakjubkan daripada ketika mereka berkerjasama dalam band The Beatles.

Untuk merayakan ulang tahun Ringo Starr yang ke-80 pada 7 Juli kemarin, yuk dengarkan empat karya solo terbaik mereka yang wajib didengar generasi milenial dan Z.

Baca juga:

5 Lagu The Beatles Paling Romantis dengan Lirik Penuh Makna

1. John Lennon - Imagine

Lagu Imagine sering dianggap sebagai lagu dari The Beatles, padahal ini merupakan karya solo dari John Lennon yang dirilis pada 1971. Dilansir dari Rollingstone, lagu populer ini juga sering dianggap sebagai lagu tentang komunisme. Padahal, niat Lennon adalah untuk mengajak semua orang mengesampingkan perbedaan mereka dan berkumpul bersama atas nama perdamaian.

"Dia tidak berpikir, 'oh, ini bisa menjadi lagu kebangsaan'. Itu hanyalah apa yang John yakini, bahwa kita semua adalah satu negara, satu dunia, dan satu orang," ungkap Yoko Ono dari laman Rollingstone.

2. George Harrison - My Sweet Lord

My Sweet Lord dianggap pembawa berkah sekaligus pembawa petaka bagi George Harrison. Meski sangat populer pada masanya, lagu My Sweet Lord membuat Harrison harus tersandung kasus plagiarisme karena mirip dengan lagu He's So Fine dari The Chiffons yang rilis pada 1963.

Bagi John Lennon, Harrison sudah pasti menyadari bahwa lagu ini mirip dengan lagu milik The Chiffons tersebut. "Dia (George Harrison) bisa saja mengubah beberapa bar dari lagu tersebut, dan tidak ada seorang pun yang bisa menyentuhnya, tetapi ia membiarkannya dan membayar harganya. Mungkin dia berpikir Tuhan akan menyelamatkannya," ungkap Lennon kepada Playboy pada 1980.

Baca juga:

The Beatles: Get Back, Film Dokumenter Terbaru dengan 'Footage' Ekslusif

3. Paul McCartney and Wings - Band on the Run

Telah dibentuk oleh Paul McCartney sejak 1971, band Wings baru menarik perhatian dunia pada 1973. Band on the Run merupakan lagu Wings yang menceritakan tentang sebuah band yang merasa terkurung karena harus menyesuaikan gaya bermain musiknya dengan apa yang laku di pasaran. Akhirnya mereka membebaskan diri dari tuntutan label dan kembali mencurahkan passion mereka dengan tampil di pertunjukan kecil yang dadakan.

Dilansir dari Rollingstone, sesungguhnya ini merupakan usulan paul McCartney untuk menyelamatkan The Beatles sebelum band asal Inggris itu mulai berantakan pada 1969. Paul ingin The Beatles tampil untuk serangkaian pertunjukan klub yang membiarkan mereka bebas berekspresi, tetapi personil lainnya tidak setuju dengan usulan tersebut.

Akhirnya, Paul merealisasikan hal tersebut bersama Wings.

4. Ringo Starr - Photograph

Album Ringo ini merupakan proyek satu-satunya yang melibatkan ketiga personil The Beatles lainnya setelah band tersebut bubar pada 1970. Mereka semua mencintai Starr dan berusaha sekeras mungkin untuk membantu Ringo Starr dalam menghasilkan karir solo yang menakjubkan. Lagu Photograph dari album Ringo ini ditulis Ringo bersama George Harrison dan dirilis pada 24 September 1973.

Lirik dari Photograph merefleksikan tentang sebuah cinta yang hilang. Kisah manis dan menyenangkan yang dilalui bersama kini hanya bisa dikenang lewat foto. (shn)

Baca juga:

Miley Cyrus Menyanyikan Help Dari The Beatles Di Stadion Kosong

Sumber : https://www.rollingstone.com/music/music-lists/readers-poll-the-10-greatest-solo-beatle-songs-10798/7-ringo-starr-photograph-63430/

Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH