Rayakan Pi Day, Google Doodle Suguhkan Gambar Pie Google doodle. (Foto: Google)

PI Day identik dengan sepotong kue pie. Unik, mengingat Pi Day sebenarnya hari perayaan untuk menghormati konstanta matematika, “Pi”. Dalam aksara Yunani, pi ini ditulis "π".

Pie menjadi identik dengan Pi Day lantaran sejak 30 tahun lalu fisikawan Larry Shaw merayakan Pi Day dengan menyantap kue ini. Jadi enggak heran kan kalau Google Doodle pun menampilkan gambar pie?

Selain pie, Google memajang pula gambar apel dan camilan lain yang dihias hingga menjadi sebuah kata bertuliskan ‘Google’. Kembali ke Pi Day, pi adalah konstanta dalam matematika yang merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya.

Pi Day dirayakan untuk menghormati tiga digit pertama dari konstanta tak terhingga, yaitu 3,14. Kalau jeli, Anda bisa melihat bahwa 3,14 ini juga menunjukkan Pi Day alias Hari Pi yang jatuh setiap tanggal 14, bulan ketiga alias Maret.

Diskon

Di Amerika, peringatan Pi Day ini dimeriahkan pula dengan beragam diskon makanan seperti pizza, pastry, dan tentu saja pie. Seru, ya?

Tidak kalah menarik, NASA juga mengundang publik untuk merayakan Pi Day dengan berbagi serangkaian perhitungan kosmik yang harus dipecahkan anak-anak dan dewasa. Tantangan “Pi in the Sky” ini diciptakan Kantor Edukasi NASA, Jet Propulsion Laboratory (JPL) di Pasadena, California yang usianya memasuki tahun kelima.

JPL rutin memeringati Pi Day dengan mengundang publik untuk menjawab tantangan NASA. Hayo, jadi pengen ikutan kan? (*)

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH