Rayakan Natal, Menkominfo Ajak Umat Kristiani Kuat Hadapi Pandemi Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam Perayaan Natal bersama Kementerian Kominfo RI yang berlangsung secara hibrida, dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (11/1). F

MerahPutih.com - Momentum perayaan Natal dan tahun baru selama dua tahun terakhir, Indonesia tengah menghadapi pandemi COVID-19.

Di tengah kondisi itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengajak umat Kristiani seluruh Indonesia, khususnya di lingkungan Kementerian Kominfo tidak menyerah dan tetap kuat menghadapi pandemi.

“Dalam situasi dan kondisi seperti ini kita umat Kristiani, apalagi umat Kristiani di Kementerian Kominfo dituntut untuk tidak boleh menyerah tapi musti dan harus menjadi pribadi yang kuat,” katanya dalam Perayaan Natal bersama Kementerian Kominfo RI yang berlangsung secara hibrida, dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (11/1)

Baca Juga

Dugaan Kebocoran Server Kemenkes, Kemenkominfo Minta Lembaga Serius Kelola Data

Menurut dia, meskipun perayaan Natal berlangsung di tengah pandemi COVID-19, dalam dua terakhir Indonesia mengalami berbagai perubahan di segala bidang kehidupan, terlebih di sektor teknologi informasi dan komunikasi.

Pasalnya, kata dia, umat manusia di lingkungan global, nasional, hingga lingkungan terkecil di keluarga didorong untuk melakukan migrasi besar-besaran dari aktivitas fisik ke aktivitas virtual.

Johnny juga menjelaskan perayaan Natal dalam situasi pandemi menuntun umat Kristiani pada suatu jalan Iman bahwa kebesaran Tuhan senantiasa hadir di antara umat manusia.

“Karena itu, rekan-rekan keluarga besar Kominfo, kita patut bersyukur kepada Tuhan bahwa berkat kerja keras pemerintah bersama keterlibatan berbagai pemangku kepentingan nasional pusat dan daerah, partisipasi seluruh komponen masyarakat, keseluruhan pentahelix nasional kita dalam semangat persaudaraan yang kokoh, kita berada dalam keadaan yang jauh lebih baik dibandingkan beberapa waktu yang lalu,” jelasnya.

Johnny juga menyampaikan arti penting memancarkan cahaya keteladanan dan menggemakan bahasa yang penuh kesejukan, damai, keadilan, dan cinta kasih.

Menurutnya, dalam cinta kasih, bahasa yang menyapa dalam semangat persaudaraan sejati di antara umat manusia tidak berbicara tentang agama Kristen, Katolik, maupun agama dan sekte atau kelompok denominasi.

"Persaudaraan sejati diantara umat manusia seperti yang disampaikan Pak Pendeta, keseluruhan ciptaan yang disebut umat manusia sebagai anak-anak Allah di bumi. Karena itu, momentum Natal selalu disambut dengan penuh iman dan dirayakan dengan penuh rasa syukur. Kelahiran Yesus Kristus adalah wujud keberpihakan dan kebesaran cinta Allah kepada umat manusia, kepada anak-anak Allah dalam ungkapan Immanuel beserta kita,” ungkapnya.

Baca Juga

Kominfo Teruskan Program Pengembangan Talenta Digital di 2022

Pada kesempatan yang sama, Johnny mengajak seluruh komponen anak bangsa, terutama umat Kristiani, agar terus mengambil bagian untuk mengatasi pandemi COVID-19, dengan harapan segera masuk ke fase endemi dan pemulihan ekonomi nasional.

Mengutip data statistik bulan Juli 2021 lalu, Johnny menyatakan tingkat penularan COVID-19 di Indonesia lebih dari 56 ribu orang. Namun, berkat kerja kolaborasi, iman, doa dan keyakinan yang teguh, hari ini Indonesia menjadi salah satu bangsa yang mampu mengendalikan pandemi COVID-19 terlepas dari munculnya varian Omicron.

“Kita menjadi bangsa yang cukup cerdas, cukup cepat, adaptif, egaliti-nya tinggi menghadapi pandemi COVID-19. Di tengah tekanan yang luar biasa di dunia ini, Indonesia berhasil mencapai capaian-capaian yang kita tidak perkirakan sebelumnya,” jelasnya.

Johnny mengakui, dalam situasi yang begitu berat, akan muncul pesimisme dan kekhawatiran di tengah masyarakat. Namun dalam tataran makro, berbagai capaian nasional, khususnya di sektor perekonomian memberikan catatan yang luar biasa.

“Perekonomian kita terjadi, ekspor, impor, devisa negara, neraca perdagangan, neraca pembayaran bahkan penerimaan fiskal kita jauh lebih baik sebelum pandemi. Kalau kemampuan ini kita pertahankan dan kegotongroyongan kehidupan kebangsaan kita bisa kita pertahankan terus. Atas berkat Tuhan, niscaya bangsa ini akan kembali tegak berdiri dan maju dalam lompatan-lompatan yang luar biasa,” tandasnya. (*)

Baca Juga

Menkominfo Raih Penghargaan Top Leader on Digital

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
ASN Diminta Ikut Komcad, Dapat Uang Saku hingga Jaminan Kematian
Indonesia
ASN Diminta Ikut Komcad, Dapat Uang Saku hingga Jaminan Kematian

Dalam kurun waktu tersebut, ASN mendapatkan uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, rawatan kesehatan, perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Polemik Kasus Asabri, Andi Hamzah: Yang Dituntut Harus Sesuai Surat Dakwaan
Indonesia
Polemik Kasus Asabri, Andi Hamzah: Yang Dituntut Harus Sesuai Surat Dakwaan

"Nggak bisa, itu namanya Ultra petitum. Sama saja perdata, dia menggugat ganti kerugian Rp 10 miliar, tidak bisa nanti dia maunya (nuntut) Rp 20 miliar. Itu namanya ultra petitum. Yang dituntut berdasarkan surat dakwaan, apa yang didakwakan," kata Andi saat dihubungi wartawan, Minggu (11/12).

Masa Jabatan Wali Kota Bandung Yana Mulyana Hanya 1,5 Tahun
Indonesia
Masa Jabatan Wali Kota Bandung Yana Mulyana Hanya 1,5 Tahun

Yana Mulyana dilantik secara resmi menjadi Wali Kota Bandung dengan masa jabatan 2018 - 2023, di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (18/4/2022). Yana yang sebelumnya menjabat Pelaksana tugas wali kota, posisinya kini menggantikan Oded M Danial yang meninggal dunia 10 Desember 2021.

Pemprov DKI Yakin 22 Ribu Titik Sumur Resapan Rampung Sesuai Jadwal
Indonesia
Pemprov DKI Yakin 22 Ribu Titik Sumur Resapan Rampung Sesuai Jadwal

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyakini sisa waktu dua bulan lebih ini mampu menyelesaikan 22 ribu sumur resapan, dalam menangani banjir dikala musim penghujan.

Penyekatan Kawasan Jakarta Barat, Polisi Tetap Periksa STRP Pengendara
Indonesia
Penyekatan Kawasan Jakarta Barat, Polisi Tetap Periksa STRP Pengendara

Polisi memastikan pemeriksaan di pos penyekatan tetap diberlakukan bagi pekerja non-esensial dan non-kritikal saat penerapan PPKM Darurat.

Sambut MotoGP, Pengembangan Bandara Lombok Telah Rampung
Indonesia
Sambut MotoGP, Pengembangan Bandara Lombok Telah Rampung

Apron Bandara Lombok kini dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body.

KPK Periksa Seorang PNS Terkait Suap Pengurusan Perkara Lippo Group
Indonesia
KPK Periksa Seorang PNS Terkait Suap Pengurusan Perkara Lippo Group

dapun, satu saksi yang diperiksa pada hari ini yaitu seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di MA, Kardi.

PPKM Level 3 Saat Nataru, Wagub: Kami Bersyukur
Indonesia
PPKM Level 3 Saat Nataru, Wagub: Kami Bersyukur

"Tentu apa yang menjadi ketentuan Pempus agar PPKM menjadi level 3 itu harus kami hormati dengan baik," ucap Ahmad Riza.

Kemenag Terbitkan Panduan Perayaan Tri Suci Waisak
Indonesia
Kemenag Terbitkan Panduan Perayaan Tri Suci Waisak

Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan panduan Perayaan Tri Suci Waisak 2565 pada Rabu (26/5) di tengah pandemi COVID-19.

Aturan Baru Pelaku Perjalanan Dalam Negeri
Indonesia
Aturan Baru Pelaku Perjalanan Dalam Negeri

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menerbitkan aturan baru tentang protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang menggunakan seluruh moda transportasi di seluruh wilayah Indonesia.