Liburan

4 Kegiatan Keluarga untuk Liburan di Rumah Aja

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 02 Juli 2021
4 Kegiatan Keluarga untuk Liburan di Rumah Aja
Menjadi momen yang tepat bersama keluarga. (Foto: Unsplash/Jimmy Dean)

DI masa-masa liburan sekolah dan pandemi ini, menghabiskan waktu bersama keluarga menjadi momen yang tepat untuk membuat hubungan makin erat. Dengan meluangkan waktu bersama, orang tua dan anak bisa lancar berkomunikasi, juga membantu anak meningkatkan rasa percaya diri .

Kegiatan yang dilakukan pun sangat sederhana tapi berharga. Mengutip ANTARA, berikut empat kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah.

Baca juga:

Terapkan 5 Tips Ini untuk Liburan Keluarga yang Bebas Stres

1. Cerita masa lalu

Rayakan Liburan Sekolah dengan Keluarga di Rumah
Bercerita dengan anak. (Foto: Unsplash/Jonathan Borba)

Menceritakan tentang masa lalu, baik orang tua atau anak, adalah momen yang seru. Dengan iringan musik, suasana nostalgia akan lebih menyenangkan dan kembali teringat masa lalu. Ceritakan kalau dulu, ada beberapa permainan yang mungkin jarang ditemukan sekarang, seperti bermain kelereng, gangsing, taplak gunung, tak jongkok, hingga lompat karet. Beri tahu juga kalau sekarang si kecil berkirim pesan secara daring, dahulu orang tua lewat SMS atau surat. Ajak kakek dan nenek untuk berbagi pengalaman agar lebih seru lagi.

2. Makan istimewa

Rayakan Liburan Sekolah dengan Keluarga di Rumah
Makan bersama keluarga. (Foto: Unsplash/Jimmy Dean)


Work From Home bikin bunda punya waktu luang untuk memasak beragam hidangan. Berikan pengalaman yang tak terlupakan untuk si kecil dengan mengajaknnya menikmati hidangan istimewa dengan suasana restoran. Siapkan meja dengan semua perlengkapan seperti di restoran, lengka dengan bunga di vas dan peratalan makanan yang rapi. Persilakan si kecil untuk duduk di kursinya dan berikan kepadanya menu yang ditulis dengan berisikan hidangan-hidangan.


Orang tua kemudian secara bergantian berlakon sebagai pramusaji dan menyajikan makanan.

3. Wisata virtual

Rayakan Liburan Sekolah dengan Keluarga di Rumah
Buat wisata virtual makin asyik. (Foto: Unsplash/Giu Vicente)


Karena angka COVID-19 yang tinggi, kegiatan wisata saat ini ditiadakan. Oleh karena itu, kamu bisa mengajak si kecil menjelajahi dunia secara virtual. Sebelum memutuskan akan bepergian ke mana, orang tua bisa menanyakan si kecil kira-krai tempat, kota, atau negara mana yang ingin ia kunjungi. Biar makin seru, janga lupa terapkan dress code agar suasana liburan virtual makin nyata.

Baca juga:

Tips Ciptakan Momen Liburan Keluarga yang Menyenangkan dan Bebas Khawatir

4. Nonton film

keluarga
Ada banyak film edukasi anak yang bisa disaksikan. (Foto: Unsplash/Tech Daily)


Menonton film menjadi salah satu aktivitas yanng paling sering dilakukan ketika berada di rumah. Di zaman sekarang ini, platform streaming menyediakan tayangan-tayangan anak dan keluarga yang bisa disaksikan. Setelah selesai menonton, ajak ia menceritakan ulang bagian film yang paling disukai dan tanyakan alasannya. Orang tua juga bisa mengajaknya berdiskusi dan mengajarkan mengenai hal baik dan buruk yang bisa dipetik dari film tersebut. (and)

Baca juga:

Wisata Edukasi, Pilihan Tepat Liburan Keluarga

#Parenting #Gaya Hidup #Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan