Rayakan Kemenangan Jokowi, Ribuan Warga Solo Adakan Umbul Donga dan Potong 1001 Tumpeng Ribuan warga Solo mengadakan tasyakuran atas terpilihnya Jokowi-Ma'ruf Amin (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Ribuan warga Solo, Jawa Tengah menggelar tasyakuran atas ditetapkannya Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Kamis (23/5).

Tasyakuran tersebut digelar secara sederhana dengan cara mengadakan umbul donga atau memanjatkan doa dan memotong 1001 tumpeng di pendapa Balai Kota Solo, Jawa Tengah.

Ketua Panitia Harry Prasetyo, mengungkapkan Solo sebagai kota kelahiran Jokowi patut bersyukur dengan hasil Pemilu 2019 ini. Sebagai wujud rasa syukur atas suksesnya pelaksanaan pemilu dan terpilihnya Jokowi-Ma'ruf Amin menjadi presiden dan wakil presiden, warga Solo mengadakan kegiatan umbul donga dan memotong 1001 tumpeng. Tema kegiatan adalah "Indonesia Bersyukur Jokowi-Ma'ruf Amin 2019-2024".

"Kita gelar tasyukuran secara sederhana sesuai dengan adat Jawa. Tumpeng adalah simbol wujud rasa syukur pada tuhan," ujar Harry pada Merahputih.com seusai acara.

Umbul Donga dan Potong 1001 Tumpeng di Solo
Ribuan warga Solo mengadakan tasyakuran atas terpilihnya Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden dengan kegiatan umbul dongo dan potong 1001 tumpeng di Pendapa Balai Kota, Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/5). (MP/Ismail)

Ia menegaskan pesta demokrasi pada tanggal 17 April lalu telah berjalan lancar sesuai harapan warga masyarakat. Melihat kesuksesan pesta demokrasi itu, lanjut dia, perlu dirayakan dengan cara sederhana tanpa menghilangkan adat orang Jawa.

"Tumpeng adalah simbol kesederhanaan seperti sikap Jokowi yang selalu merakyat meskipun telah menjadi orang nomor satu di Indonesia," kata dia.

Kegiatan umbul donga dan memotong 1001 tumpeng murni acaranya warga Solo bukan dari parpol atau ormas tertentu. Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo didaulat menjadi orang yang pertama memotong tumpeng.

Perayaan umbul donga dan potong tumpeng di Pendapa Balai Kota Solo
Syukuran kemenangan Jokowi-Ma'ruf dengan umbul donga dan potong tumpeng di Pendapa Wali Kota Solo (MP/Ismail)

"Sebelum puncak acara dimulai kami terlebih dulu melakukan kiran 1001 tumpeng keliling kompleks Balai Kota. Ada juga tarian Jawa sesuai memeriahkan acara ini" ujar Rudy.

Ia menambahkan banyak prestasi yang dicapai selama Jokowi memimpin Indonesia selama hampir lima tahun ini. Prestasi itu harus ditingkatkan untuk menjadikan Indonesia maju.

"Kami berdoa semoga Indonesia aman dan damai. Kericuhan yang terjadi di Jakarta tidak terjadi lagi," kata dia.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo, mengapresiasi acara umbul donga dan memotong 1001 tumpeng. Acara ini sebagai wujud kebersamaan warga Solo dalam menerima hasil Pemilu 2019.

"Tak usah jumawa atau konvoi di jalan merayakan kemenangan. Cukup dirayakan sederhana sesuai adat tradisi orang Jawa," kata Rudy sapaan akrab Walikota Solo.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH