Rayakan Idul Adha, Perhimpunan INTI Sumbang Seekor Sapi Melalui Keluarga Gus Dur

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 21 Agustus 2018
Rayakan Idul Adha, Perhimpunan INTI Sumbang Seekor Sapi Melalui Keluarga Gus Dur
Penyerahan hewan kurban dari Pengurus INTI kepada Pengurus Yayasan Wahid Hasyim, Ciganjur, Jakarta Selatan, Senin (21/8). Foto: MP/Fadhli

MerahPutih.com - Perhimpunan Indonesia-Tionghoa (INTI) menyumbang satu ekor sapi seberat 550 Kg kepada Pengurus Yayasan Wahid Hasyim, Ciganjur, Jakarta Selatan, Senin (21/8).

Secara simbolis sumbangan itu diserahkan pengurus Perhimpunan INTI kepada perwakilan Yayasan Wahid Hasyim yang diwakili putri bungsu Presiden RI ke-4 Abdurahman Wahid, Inayah Wahid.

Juru bicara INTI Lexyndo Hakim mengatakan, pemberian sumbangan ini merupakan salah satu bentuk wujud solidaritas INTI bagi rekan-rekan muslim yang akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1439 H.

"Ini merupakan salah satu wujud semangat berbagi dan solidaritas INTI menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah," kata Lexy kepada merahputih.com

Pria yang akrab disapa Lexy itu berpendapat, seiring perkembangan jaman makna dari filosofi berkurban semakin kabur karena tergerus arus modernisasi.

Juru bicara INTI Lexyndo Hakim bersama keluarga Gus Dur. Foto: MP/Fadhli

Sehingga, hari raya kurban yang seharusnya memiliki makna yang luas menyempit dan sekedar seremonial belaka.

"Wajar saja, masih sering ditemukan orang yang rajin beribadah secara lahiriah akan tetapi belum berhasil mewujudkan nilai keislaman dalam pergaulan sosial," terang dia

Karenanya, dia berharap penyerahan hewan kurban ini tidak diartikan sempit, hanya sekadar simbolisasi perayaan hari raya kurban, melainkan harus diresapi nilai-nilai luhur dan pesan moral agamanya.

Di kesempatan yang sama, Inayah Wahid, selaku pihak penerima berterima kasih kepada INTI. Diakuinya, meski banyak dari rekan-rekan INTI yang beragama non muslim tetapi tidak menghambat mereka untuk bersuka cita dan berpatisipasi.

Inayah mengatakan, bukan sekali ini saja INTI ikut menyumbangkan hewan kurban atau terlibat dalam kegiatan umat muslim.

"Terimakasih atas sumbangannya," kata Inayah.

"Seperti kita tahu banyak pengurus INTI itu non muslim dan tidak merayakan Idul Adha tapi tidak menghambat teman INTI ikut serta perayaan idul adha bukan sekali ini, tapi dengan suka cita ikut berpartisipasi," pungkasnya.

Penyerahan hewan kurban sendiri secara langsung diwakili oleh beberapa pengurus INTI di antaranya Ibu Serihana, Wakil Ketua Bidang Sosial dan CSR, Beby Chandra, Dharma Surya dan Dede dari sekretariat INTI. (Fdi)

#INTI #Inayah Wahid #Abdurrahman Wahid #Idul Adha #Lexyndo Hakim
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan