Rayakan HUT ke-74 RI, Pemerintah Perkuat SDM dan Keutuhan NKRI Presiden Jokowi. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Pemerintah RI mengangkat tema 'SDM Unggul Indonesia Maju' saat HUT ke-74 RI di Istana Negara, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut tema tersebut diambil karena menjadi konsentrasi pembangunan Tanah Air lima tahun ke depan.

"Sudah kita sampaikan bahwa dalam periode yang kedua ini 5 tahun ke depan kita akan fokus, konsentrasi ke pembangunan manusia, pembangunan SDM, pembangunan sumber daya manusia di mana dimulai dari bayi di dalam kandungan yang harus bagus nutrisinya bagus gizinya, begitu lahir dan juga memperhatikan berkaitan dengan gizi dan nutrisi," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8).

Baca Juga: Kereta Kencana Milik Dedi Mulyadi Jadi Pembawa Bendera Pusaka Menuju Istana

Kepala Negara mengatakan pentingnya pembangunan karakter sejak dini. Ditanamkannya budi pekerti juga dianggap penting karena berkaitan dengan tanggung jawab dalam budaya kerja keras yang mandiri.

"Tapi yang paling penting sejak awal harus dibangun dibentuk namanya karakter, sebab itu budi pekerti menjadi sesuatu yang sangat penting sekali yang berkaitan dengan etika, disiplin, tanggung jawab, yang berkaitan dengan budaya kerja keras, kemandirian harus dibangun sejak awal dan pada tahapan menengah kita harus menyiapkan skill masa kini dan skill masa depan ini penting sekali," ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Sri Narendra dan Gibran Rakabuming Raka menjelang Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2019) (ANTARA/Desca Lidya Natalia)
Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Sri Narendra dan Gibran Rakabuming Raka menjelang Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2019) (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

"Harus jelas sekarang anak masuk pendidikan menengah, apakah masuk ke kejuruan atau keilmuan, itu yang harus kita tata agar bisa dicapai, dan kalau sudah di Perguruan Tinggi target kita adalah mereka bisa berkompetisi di regional dan global, itu di universitas, step-stepnya harus jelas," paparnya.

Baca Juga: Adu Keras Pemuda Radikal Versus Sukarno-Hatta

Selain itu, Jokowi juga menyinggung soal keutuhan NKRI. Dia mengatakan keutuhan bangsa tak boleh dikorbankan karena perbedaan pilihan politik.

"Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah segala-galanya. Jangan sampai dikorbankan yang namanya keutuhan NKRI karena pilihan bupati, pilihan gubernur, pilihan presiden, keutuhan NKRI harus ditempatkan di tempat yang paling penting," kata Jokowi

Jokowi menekankan pentingnya gizi dan nutrisi diberikan sejak anak baru lahir. Selain asupan gizi, pendidikan karakter harus dibentuk sejak usia dini.

Baca Juga: Jatuh-Bangun Kenakalan Pemuda Menculik Sukarno-Hatta

"Sebab itu, budi pekerti menjadi sesuatu yang sangat penting sekali yang berkaitan dengan etika, disiplin, tanggung jawab, yang berkaitan dengan budaya kerja keras," ujar Jokowi. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH