Rayakan 20 Tahun Karier BoA, SM Entertainment Siapkan Acara Khusus BoA rayakan hari jadi ke-20 perjalanan kariernya. (foto: medium)

JAUH sebelum muncul nama BLACKPINK, TWICE, Red Velvet, atau bahkan Girls' Generation, Kwon Bo-ah atau yang dikenal sebagai BoA telah melebarkan sayapnya di industri hiburan Kpop. Ia bahkan menjadi pembuka jalan bagi para artis K-Pop generasi berikutnya.

Di usia 13 tahun, BoA merilis album debut Peace B di Korea Selatan pada 25 Agustus 2000. Album itu cukup sukses. Album itu memasuki Top 10 tangga lagu Korea Selatan dan terjual sekitar 156.000 unit. Dengan modal kesuksesan tersebut, SM Entertainment mulai mempersiapkan debut internasional BoA. Ia diproyeksikan untuk berkarier internasional dimulai di Jepang.

BACA JUGA:

Akhirnya, Selena Gomez Konfirmasi Kolaborasi dengan BLACKPINK

Bekerja sama dengan label rekaman Jepang, Avex Trax, BoA merilis mini-album pertamanya, Don't Start Now. Album itu terjual sekitar 90.000 unit. Ia lalu hiatus dari industri hiburan Korea demi fokus membangun kariernya di Jepang.

BoA
Transformasi BoA sejak debut. (foto: Koreaboo)

Album debut di Jepang, Listen to My Heart, dirilis pada 13 Maret 2002. Album itu merupakan terobosan dalam karier BoA. Ia mampu menembus penjualan hingga jutaan dan bersertifikat RIAJ. Ia juga memulai debut di Oricon. BoA menjadi artis pertama Korea yang melakukan hal itu. Setelah merilis Listen to My Heart, BoA merilis album studio Korea keduanya, No. 1, sebulan kemudian. Album tersebut terjual sekitar 544.000 unit dan menjadi mencatat rekor terlaris keempat tahun itu di Korea Selatan. Sejak saat itu, karier BoA terus melejit. Popularitasnya semakin meluas di Asia maupun Amerika.

Tahun ini, perjalanan karier BoA di belantika industri hiburan Korea sudah memasuki 20 tahun. Ia mempersiapkan hari jadi ke-20 kariernya pada 25 Agustus. Sebagai artis pertama dan pelopor, BoA mendapat perhatian pada BoA. Baru-baru ini, agensi tersebut membuka akun Instagram dan Twitter resmi SMTOWN untuk merayakan dan mengenang perjalanan BoA sebagai bintang Asia.

BoA
BoA menjadi pembuka jalan untuk artis Kpop lainnya (Sumber: Instagram @SMTOWN)

Pada 12 Agustus, mereka merilis emoji Twitter khusus BoA sehingga penggemar dapat menggunakannya merayakan hari istimewa itu bersama.

Selang dua hari sejak membuka akun SMTOWN, sebanyak 17,9 ribu orang menjadi pengikutnya. Publik tertarik untuk mengikuti karena mereka terus mengunggah foto BoA sejak awal debut dan sepanjang kariernya.

BoA
SM Entertainment siapkan album khusus untuk BoA. (Sumber: Koreaboo)

Acara khusus lain yang dibuat untuk hari jadi BoA ialah menyusun kompilasi lagu-lagu hitnya. Lagu tersebut akan dicover lima artis berbeda termasuk penyanyi Amerika, Gallant. Sesama artis SM Entertainment, seperti Baekhyun EXO dan Red Velvet, ikut berpartisipasi. Hal itu dilihat dari daftar penyanyi yang melakukan cover BoA bersama dengan BOL4 dan SM Classics.

Buat kamu fan BoA, pastikan menggunakan emoji dan hashtag #Happy_BoA_20th_Anniversary untuk merayakan hari jadinya yang ke-20.(avia)

BACA JUGA:

BoA Buka-Bukaan soal Kedekatannya dengan Key SHINee

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini