Ray Rangkuti Nilai Debat Capres dan Kampanye Terbuka Tak Berpengaruh Direktur LIMa Ray Rangkuti dalam sebuah diskusi publik di Jakarta (MP/Gomes R)

MerahPutih.com - Penyelenggaraan Debat Capres dan Kampanye Terbuka dinilai tidak banyak berpengaruh pada penambahan pendukung capres. Hal ini diungkapkan oleh Pengamat Politik, Ray Rangkuti.

Ia mengatakan, karena sudah teradi polarisasi di antara pendukung Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi maka elektabilitas tak akan berubah banyak. Selain itu, Ray juga menilai sudah banyak pendukung dari kedua belah pihak yang fanatisme.

"Fanatisme politik itu artinya orang mau diapain pun sudah tidak akan mengubah pilihan politiknya," katanya dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat (5/4).

Ray Rangkuti (tengah), Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia. (Foto: Facebook/Ray Rangkuti)
Ray Rangkuti (tengah), Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia. (Foto: Facebook/Ray Rangkuti)

Hal serupa, juga terjadi dengan para pemilih yang masih belum menentukan pilihan. Ray menilai, angka di bagian ini diprediksi juga bakal stagnan.

"Makanya, pertanyaannya bukan meningkatkan elektabilitas. Kalau dalam bacaan saya ini mempertahankan elektabilitas," jelasnya.

Ray juga menilai, kelompok yang belum memutuskan atau undecided voters akan masih kukuh dengan pendirian mereka, tidak akan memilih salah satu dari kedua Paslon tersebut.

"Karena sudah hampir 5 bulan mereka kampanye tidak mengubah pilihan, apalagi tinggal dua minggu ini kira-kira ya," kata Ray.

Direktur Lingkar Madani Indonesia ini menilai elektabilitas masih berpeluang menurun pada sisa waktu tersisa sebelum hari pencoblosan, 17 April 2019. Itu, kata dia, tergantung blunder-blunder yang mungkin dilakukan masing-masing kubu. (Knu)

Baca Juga:Ray Rangkuti Nilai Gaya Kampanye Menyerang, Katrol Elektabilitas Prabowo



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH