Ray Rangkuti: Ketua Umum Partai Kena Kasus, Begitu Trennya

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Sabtu, 11 November 2017
Ray Rangkuti: Ketua Umum Partai Kena Kasus, Begitu Trennya
: Ray Rangkuti (tengah), Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia. (Foto: Facebook/Ray Rangkuti)

MerahPutih.com - Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menilai jebloknya elektabilitas Partai Golkar sangat dipengaruhi oleh Penetapan Setya Novanto sebagai tersangka kasus e-KTP oleh KPK.

"Hampir semua survey, Golkar turun drastis. Banyak faktor, tapi tidak bisa diabaikan bahwa salah satu ketua umumnya tersangkut kasus korupsi," ujar Ray dalam sebuah diskusi di Menteng, Sabtu (11/11).

Menurut Ray, ketua umum Partai yang terjerat kasus korupsi sangat efektif dalam penurununan elekatbilitas di tengah masyarakat. Ia mencontohkan, saat Anas Urbaningrum, ketua Partai Demokrat terjerat kasus hambalang, elektabilitas PD menurun drastis. Begitu juga dengan PKS yang ketua umumnya tersandung kasus daging sapi.

"Ada tradisi, ketua umum kena kasus korupsi mundur. Begitu trennya," jelasnya.

Wasekjen DPP Partai Golkar, Maman Abdurahman menegaskan bahwa Setnov tak akan mundur dari kursi ketua umum sampai dengan adanya putusan pengadilam yang inkrah.

"Silahkan demokratisasi jalan dan hukum harus sebagai panglima," ucap Maman.

Partai Golkar, kata dia, adalah partai yang menghormati hukum sebagai panglima. Begitu juga dengan tindakan tegas terhadap kadernya yang tersandung kasus korupsi.

"Tidak ada kompromi dengan korupsi. Dari bawah sampai atas, sabang sampai merauke korupsi adalah ektraordinari crime," jelas Maman. (Ayp)

#Setnov Tersangka #Ray Rangkuti #Golkar
Bagikan
Bagikan