Ray Rangkuti Ingatkan Aparat Berhati-hati Tangani Hoax Ray Rangkuti (tengah), Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia. (Foto: Facebook/Ray Rangkuti)

MerahPutih.com - Pengamat Politik Ray Rangkuti mengingatkan aparat kepolisian untuk berhati-hati menindak hoax. Pasalnya, bisa jadi asal tindak hoax akan mematikan daya kritis dan kebebasan publik.

"Harus ekstra hati-hati karena bisa berbahaya kepada tradisi kritisisme dan kebebasan. Bisa jadi itu kritik kemudian orang katakan itu hoax, dia bisa jadi korban," kata Ray saat mengisi diskusi publik di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (9/3).

Menurutnya, publik seperti dihadapkan pada situasi dilematis terkait maraknya hoax belakangan ini. Pada satu sisi, hoax muncul karena nalar kritis publik tetapi di sisi lain nalar kritis kerap dihoaxkan.

"Artinya satu segi maraknya hoax karena nalar kritis muncul tapi ketika nalar kritis muncul dihoaxkan," kata dia.

Karenanya, aparat harus benar-benar dapat membuktikan apakah hoak yang diproduksi itu bermotif mencari keuntungan atau hanya nalar kritis pribadi atau kelompok masyarakat.

"Kecuali bisa dibuktikan polisi, mereka dapat keuntungan dari hoax secara politik atau finansial, mereka yang seperti ini harus diambil langkah hukum," imbaunya.

Namun, jika yang terjadi adalah inisiatif pribadi dalam rangka kritik dan tidak mengambil keuntungan dari hal tersebut, maka mereka cukup dididik.

"Tapi karena inisiatif pribadi, tidak mengerti, cukup didik saja. Tapi tidak dalam kerangka mengambil keuntungan dari itu," imbuhnya. (Fdi)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH