Rawon Djenggot Sup Hitam Penggoda dari Malang Rawon djenggot khas Malang. (Foto: Instagram/zendyhardianto)

MerahPutih Kuliner - Pernah ngiler hanya dengan melihat foto makanan? Biasanya, gambaran makanan yang manislah yang selalu membuat orang kepengen meski cuma lihat fotonya. Tapi gak selalu yang serba manis. Contohnya makanan satu ini namanya rawon djenggot, kalau lihat fotonya saja kamu jadi meleleh, teman.

Rawon djenggot terkenal di Malang. Kota berjuluk Zwitserland van Java ini memang terkenal dengan kulinernya, sebut saja bakso malang. Siapa yang tak kenal bakso malang? Makanan ini sudah mengindonesia.

Rawon djenggot sudah menjadi ikon Kota Malang. Kalau ke Malang, mampirlah untuk membuktikan kenapa rawon satu ini sampai mengindonesia juga seperti bakso malang.

Warung rawon djenggot terkenal di Malang yaitu Warung Rawon Pak Djenggot di Jalan Simpang Kawi Atas. Kalau kamu tanya di mana bisa dapat rawon djenggot, ya orang-orang menunjuk di jalan tak jauh dari alun-alun kota ini.

Rawon djenggot (Foto: Insagram/rizalbrown)
Rawon djenggot. (Foto: Instagram/rizalbrown)

Rawon djenggot konon telah berdiri sejak tahun '70-an. Kini dijalankan oleh generasi kedua. Rawon djenggot tak ubahnya rawon pada umumnya. Hanya yang membedakan adalah kuahnya yang berwarna hitam pekat. Banyak yang menyebut kuliner ini dengan "sup hitam."

Campuran lauk di kuah rawon djenggot yaitu potongan daging sapi. Ada juga beberapa lauk campuran jika kamu ingin. Campuran aslinya selain daging yaitu kecambah dan sambal. Penyajian rawon djenggot biasanya langsung dicampur dengan nasi. Campuran nasi kehitam-hitaman ini yang selalu bikin orang ngiler. Namun, bagi yang suka nasi dipisah, bisa kok memesannya agar tidak langsung dicampur dalam satu piring.

Rawon djenggot. (Foto: Instagram/yushiechiang)
Rawon djenggot. (Foto: Instagram/yushiechiang)

Kuah hitam rawon djenggot sekilas seperti cumi kuah hitam. Warna hitam rawon djenggot berasal dari keluak atau kepayang, di Sunda keluak ini biasa disebut picung atau pucung. Warung Rawong Pak Djenggot tak semberangan memilih keluak. Keluak yang dipakai terbaik dan didatangkan dari luar daerah.

Rahasia keterkenalan rawon djenggot yaitu rasanya. Tentu saja rasanya yang bikin orang datang lagi dan datang lagi. Bikin orang penasaran kenapa warung ini terkenal hingga ke luar daerah. Jika kamu ke Malang, cobalah rasakan sensasi si sup hitam yang menggoda selera ini.

Selanjutnya soal rawon dapat dilahap di sini Rawon Khas Jawa Timur, Si Hitam yang Menggugah Selera



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH