Rawat Sneakers Kesayangan dengan Cara Sederhana Tips merawat sneakers dari ahlinya (Foto: Unsplash/Banter Snaps)

ENGGAK cuma berfungsi sebagai alas kaki agar nyaman saat berolah raga, sneakers telah menjadi bagian dari gaya hidup simbol bahkan jati diri seseorang. Dengan banyaknya merek dengan label harga sneakers yang fantastis, sudah menjadi kewajiban kamu untuk selalu merawat dan membersihkan sneaker kesayangan. Tujuannya agar kamu selalu terlihat keren dan apik bersama sneakers favorit.

Berikut tips sederhana dan jitu untuk merawat sneakers dari Wilfred Mong, seorang penggila sneakers yang mengoleksi lebih dari ratusan pasang. Patut diikuti nih guys caranya, biar sneakers 'hypebeast' tetep awet.

Baca juga:

4 Tips Ampuh Menjaga Sepatu Agar Tidak Bau

Semprotkan cairan pelindung

Rawat Sneakers Kesayangan dengan Cara Sederhana
Sneakers putih membutuhkan perawatan ekstra. (Foto: unsplash/whereslugo)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dengan sneaker barumu adalah menyemprotkan cairan anti air dan noda. Proses ini akan membuat sneaker barumu tahan air, membersihkan segala macam kotoran hujan, lumpur dan debu. Terlebih sneaker berwarna putih.

Kamu bisa menyemprotkan lagi bila diperlukan. Efek cairan anti air dan noda biasanya bertahan sekitar 1-2 bulan, tergantung berapa lama cairan tersebut tahan menempel.

Lap dengan lembut dengan kain lembab

Pakailah kain lembab untuk membersihkan sneakers kesayangan dari kotoran atau lumpur yang menempel. Gosok noda yang tersisa dengan hati-hati. Lakukan gerakan membersihkan yang menurut kamu paling cocok dan berhasil menghilangkan kotoran. Jika itu sneakers berbahan kanvas, cobalah gerakan tekan dan putar untuk mengangkat kotoran.

Bersihkan noda membandel

Untuk noda yang sulit dihilangkan, oleskan sampo khusus sneakers dan sikat perlahan dengan sikat gigi lembut. Bersihkan dengan handuk lembab. Bilas dan ulangi sampai noda hilang. Sikat gigi bisa dipakai juga untuk mengikis puing-puing kotoran pada bagian outsole sneakers.

Keringkan sepenuhnya

Rawat Sneakers Kesayangan dengan Cara Sederhana
Sneakers sudah menjadi ikon jadi diri. (Foto: unsplash/Stanislav Kondratiev)

Setelah sneakers selesai dibersihkan, letakan di tempat yang hangat dengan udara yang kering. Proses ini berlangsung beberapa hari tergantung tingkat kebasahan sneakers. Untuk proses lebih cepat kamu bisa memasukkan beberapa tisu kertas. Ini akan menyerap bagian dalam yang masih lembab.

Baca juga:

Sepatu Kamu Putih? Begini Cara Membersihkannya

Isi kembali sneaker setelah dipakai

Rawat Sneakers Kesayangan dengan Cara Sederhana
Berikan perhatian khusus untuk koleksi kesayangnmu. (Foto: unsplash/Jakob Owens)

Setelah seharian dipakai, isi bagain dalam sneakers dengan kertas koran sampai penuh. Proses ini berguna untuk mengembalikan bentuk semula sneakers dari kerut lipatan pasca pemakaian.

Pakai bergantian

Memang itu sneakers favoritmu, tapi danjurkan tidak memakai sneaker yang sama dua hari berturut-turut. Proses ini untuk mengistirahatkan sampai benar-benar kering supaya sneakers berumur lebih panjang.

Hindari mesin cuci

Sangat tidak dianjurkan mengeringkan sneakers dengan mesin cuci, karena dapat merusak kulit atau kanvas dan menyebabkan jahitan pada sneakers jadi longgar. (lgi)

Baca juga:

Tips Sederhana Merawat Sepatu Kesayangan Berbahan 'Suede'


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH