Rawan Pencurian, Gibran Ronda Malam Keliling Kampung Pukul Kentungan Gibran Rakabuming Raka ronda malam bersama warga untuk mengamankan kampung dari tindak kejahatan, Sabtu (16/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjalankan aktivitas kemasyarakatan dengan mengikuti ronda malam di sejumlah kampung di Solo, Jawa Tengah, meskipun masih terjadi wabah COVID-19, Sabtu (16/5) dini hari.

Kegiatan ronda malam mulai gencar dilakukan warga Solo hampir di semua kampung setelah marak aksi pencurian selama Ramadan. Dalam kegiatan ronda malam tersebut, Gibran juga melakukan kegiatan sosial dengan membagikan bingkisan di posko ronda malam di sejumlah kampung.

Baca Juga:

Dapat Perintah Salurkan APD Bantuan dari Puan, Gibran: Semoga Ini Sinyal Baik Pilkada

"Ada dua lokasi yang saya kunjungi dalam melakukan ronda malam bersama warga. Kedua lokasi tersebut adalah di kampung RW 15, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari dan kampung RW XI, Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan," ujar Gibran kepada merahputih.com.

Ia mengungkapkan, kegiatan ronda malam dengan melakukan jalan kaki keliling kampung dengan memukul kentungan. Kegiatan ronda malam ini bagian melestrikan budaya lokal sekaligus menjaga keamanan kampung.

"Ya kegiatan ini salah satu cara gotong royong masyarakat yang harus dipertahankan untuk saling jaga tetangga dan jaga warga," kata Gibran.

 Gibran Rakabuming Raka ronda malam bersama warga untuk mengamankan kampung dari tindak kejahatan, Sabtu (16/5). (MP/Ismail)
Gibran Rakabuming Raka ronda malam bersama warga untuk mengamankan kampung dari tindak kejahatan, Sabtu (16/5). (MP/Ismail)

Bakal cawali dari PDIP ini meminta pada warga khususnya ketua RT dan RW untuk mendata warga yang terdampak COVID-19 agar nanti dapat disalurkan bantuan sembako sebagai bentuk solidaritas sesama. Sementara itu, paket bingkisan yang diberikan di pos ronda berupa tikar, permen, makanan, masker, sepaket makanan hingga puluhan minuman saset.

"Kami juga membantu pembuatan portal di beberapa akses keluar masuk perkampungan dan memberikan radio HT (handy talky)," tutup dia.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Terbitkan Perppu Pilkada Ditunda, Gibran: Saya Tidak Masalah

Ketua RW 15 Sumber, Joko Waseso, mengapresiasi Gibran dalam ikut serta di tengah masyarakat dalam mengikuti ronda malam dan memberikan paket bingkisan di pos ronda.

"Kegiatan ronda ini sebagai bentuk melestarikan budaya lokal sekaligus menjaga keamanan kampung. Selama ada ronda malam kampung kami aman," pungkasnya. (Ism)

Baca Juga:

Solo KLB COVID-19, Relawan Gibran Sumbang Ribuan APD ke Rumah Sakit


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH